Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Resmi Diluncurkan, Inilah Harga Samsung Galaxy Note9 di Indonesia

0 39

Smartphone generasi terbaru Galaxy Note yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi diluncurkan. Bertempat di Barclays Center, New York, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Note9 di hadapan ribuan orang dengan suasana panggung yang diset megah.

Smartphone ini meneruskan warisan dari seri sebelumnya dengan memasukkan sejumlah inovasi disertai peningkatan kinerja, termasuk S Pen yang memiliki konektivitas Bluetooth dan kamera cerdas.

DJ Koh, Presiden dan CEO Divisi Komunikasi TI & Mobile, Samsung Electronics, dalam sambutannya mengatakan bahwa Galaxy Note9 didesain pada level kinerja, kekuatan, dan kecerdasan yang diinginkan dan dibutuhkan oleh power user saat ini.

Fitur Samsung Galaxy Note9

Baterai menjadi salah satu fokus utama di seri baru Galaxy Note9. Dalam hal ini, Samsung menghadirkan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang mereka sebut sebagai All Day Baterry. Ini adalah baterai terbesar yang pernah dimasukkan ke dalam ponsel flagship Samsung Galaxy. Walaupun untuk ponsel kelas menengah, banyak yang baterainya hingga 5000 mAh, menawarkan daya tahan lebih lama.

Ponsel ini juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak dengan dua opsi penyimpanan internal, yaitu 128GB atau 512GB. Itupun masih bisa dimasukkan kartu microSD 512GB.

Selanjutnya pada bagian dapur pacu, Galaxy Note9 diklaim sebagai smartphone super kuat dengan prosesor 10nm. Untuk pasar global, chipset yang dipakai adalah Exynos 9810 Octa. Sedangkan khusus untuk pasar Amerika dan China memakai Qualcomm Snapdragon 845.

Yang menarik, Galaxy Note9 juga memiliki sistem pendingin air Water Carbon Cooling untuk menjaga mesin tetap adem serta algoritma penyesuaian kinerja berbasis perangkat AI untuk menghadirkan kinerja yang kuat namun stabil.

Selanjutnya, ciri khas Galaxy Note yaitu S Pen ditingkatkan lagi kemampuannya agar bisa menulis dan menggambar dengan lebih akurat. Biar terkesan inovatif, Samsung juga menyematkan dukungan Bluetooth Low-Energy (BLE) yang memungkinkan pena ini berfungsi sebagai mini remote control seperti dipakai untuk mengambil foto, menyajikan slide, memutar video dan lainnya. Sebenarnya, fitur ini bisa juga digunakan pada tongkat selfie (tongsis) yang memiliki Blueetoth, bahkan termasuk headset Bluetooth.

S Pen baru memberikan cara yang benar-benar baru untuk menggunakan Catatan. Cukup dengan satu klik, sekarang mungkin untuk mengambil foto selfie dan grup, menyajikan slide, menjeda, dan memutar video, dan banyak lagi. Pengembang bahkan dapat mengintegrasikan fungsionalitas BLE baru yang canggih dari S Pen ke dalam aplikasi mereka di akhir tahun ini.

Pada sektor kamera, secara umum teknologinya sama dengan yang ada di Samsung Galaxy S9. Namun di sini ditambahkan dengan beberapa fitur dan peningkatan kinerja. Kamera di Galaxy Note9 tampil dengan teknologi advanced noise reduction dan lensa Dual Aperture, yang menyesuaikan dengan cahaya seperti mata manusia.

Secara teknis, konfigurasi kamera gandanya adalah untuk lensa pertama 12 MP dengan aperture f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS. Dan lensa kedua 12 MP, f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1µm, AF, OIS, 2x optical zoom.

Kamera di Galaxy Note9 memiliki fitur Scene Optimizer yang secara cerdas mengidentifikasi elemen foto dan seara otomatis mengklasifikasikannya ke salah satu dari 20 kategori. Pada dasarnya, fitur seperti ini sudah ada di smartphone kompetitor.

Fitur lain di kamera adalah Flaw Detection yang memungkinkan pengguna mengetahui jika ada sesuatu yang salah, sehingga mereka dapat mengambil gambar lain tanpa kehilangan momen.

Harga Samsung Galaxy Note9

Smartphone Galaxy Note9 akan tersedia mulai 24 Agustus 2018 di pasar terpilih dan akan ditawarkan dalam Midnight Black, Lavender Purple, Metallic Copper dengan pencocokan S Pen, dan Ocean Blue dengan Yellow S Pen.

Di Indonesia, Samsung telah membuka pre-order di situs galaxylaunchpack.com yang bekerjasama dengan sejumlah e-commerce. Harga Galaxy Note9 untuk kapasitas 128GB adalah Rp13.499.000. Sedangkan untuk kapasitas 512GB Rp17.999.000. Saat mengunjungi situs tersebut, kapasitas 512GB sudah sold-out. Kemungkinan besar ponsel ini laku karena selain kapasitas besar, bonus TV yang senilai 5 juta membuat harganya menjadi lebih terjangkau.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note9