Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Honor Play 7 Bidik Kelas Entry Level dengan Layar Full View & Android 8.1

0 142

Di tengah hebohnya pemberitaan peluncuran Huawei Honor 10 ada yang hampir saja luput dari radar. Yap. Ternyata Honor juga baru saja memperkenalkan Honor Play 7 dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp1,3 jutaan saja, di Tiongkok.

Meski dibilang murah karena menyasar kelas entry level, Honor Play 7 bukan berarti sembarangan menawarkan spesifikasinya. Layarnya sudah cukup lega dengan ukuran 5,45 inci, 1440 x 720 piksel display, dan aspek rasio ekstra tinggi, yakni 18: 9. Panelnya pun sudah FullView IPS lalu dibalut oleh bahan kaca melengkung 2.5D. Dari segi tampilan, Honor Play 7 sudah cukup modis dengan harga tersebut.

Berbeda dengan beberapa ponsel Honor yang memakai chipset Kirin dari Huawei, “otak” Honor Play 7 justru mengandalkan chipset dari MediaTek. Website Honor mengungkapkan  dapur pacunya memakai chipset MT6739 berkecepatan 1,5 GHz dengan empat Cortex-A53. Mungkin pemilihan Mediatek ini dilakukan untuk menekan harga. Kendati demikian, ponsel ini telah memakai sistem operasi terbaru Android 8.1 Oreo OS dengan antarmuka EMUI 8.1.

Untuk urusan konektivitas pada Honor Play 7, MediaTek bekerjasama dengan WorldMode LTE, DualSIM, DualVoLTE modem, yang berpasangan dengan duo slot SIM. Fitur konektivitas lainnya mencakup Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2 LE and GPS. Ada pula penerima radio FM dan 3,5 mm audio jack demi kenyamanan tambahan.

Honor Play 7. Foto oleh refme.meChipset MT6739 pada Honor Play 7 ini didukung oleh 2GB RAM dan ruang penyimpanan internal mencapai 16GB, yang bisa diperluas melalui kartu microSD dan slot tambahan.

Baca juga: Honor 10 Meluncur dengan Kirin 970 & Kamera Ganda AI

Lagi-lagi dengan merujuk pada harganya yang murah, Honor Play 7 sudah cukup oke di bagian kameranya. Ada kamera utama berkekuatan 13MP pada bagian belakang ponsel, lengkap dengan PDAF dan LED flash.  Lalu pada bagian depannya, ada kamera berkekuatan 5MP yang berpasangan pula dengan LED flash. Baterai pun sudah cukup mumpuni, yakni 3020 mAh.

Sebagai tambahan seperti dikutip dari ndtv.com, Honor Play 7 memberikan iming-iming yang meliputi perlindungan bagi mata dan fitur kemampuan kontrol volume yang cerdas. Untuk melakukan screenshot, pengguna cukup menggunakan tiga jari mereka lalu mengetuk dua kali untuk “membangunkan” layar.

Keseluruhan Play 7 tersebut tertuang dalam dimensi 146,5 x 70,9 x 8, 3mm dengan bobot 142 gram. Melihat spesifikasi tersebut sepertinya Play 7 mirip dengan spesifikasi Honor 7S.

Yang pasti, ponsel ini pilihan yang sudah cukup bagi mereka yang mempunyai anggaran terbatas. Belum ada informasi apakah ponsel ini akan dijual di negara lain, termasuk Indonesia. Untuk saat ini, Play 7 akan mulai dijual di Tiongkok per 22 Mei 2018 dalam tiga varian warna, yakni biru, hitam dan emas.