Pakai HP ini, Ojol Tak Perlu Takut Hujan Saat Ambil Orderan

Bogor, Gizmologi – Beberapa tahun terakhir ini, cuaca tak menentu. Di musim yang seharusnya kemarau pun bisa hujan deras. Bahkan akhir-akhir ini, hujan tiba-tiba deras disertai angin kencang di sejumlah daerah. Di sinilah perangkat dengan rating IPX4 diperlukan.

Bagi masyarakat yang kerjanya di lapangan seperti driver platform ride hailing atau lebih dikenal ojek online (ojol), tentu bakal merepotkan saat sedang mengambil orderan tiba-tiba hujan deras. Pakaian basah karena lupa tidak membawa jas hujan, masih bisa dikeringkan lagi.

Nah, bagaimana jika handphone yang basah kena hujan? Untuk kondisi tertentu bisa mati, bahkan jika tidak segera dikeringkan karena kemasukan air, bisa merusak komponen di dalamnya yang membuat mati total. Tapi kekhawatiran tersebut tidak bakal terjadi jika smartphone memiliki pelindung yang memadai.

Pada gawai, dikenal istilah sertifikasi IP rating yang memberikan informasi tingkat ketahanan suatu perangkat.
Baca juga: Hasilnya Dijamin Ciamik, Ini Tips Memotret Tanaman Hias dengan OPPO A16

Apa itu Sertifikasi Rating IPX4?

OPPO A16 IPX4 air depanIngress Protection yang biasa disingkat IP Code atau IP Rating merupakan standar penilaian yang menentukan ketahanan, atau proteksi pada suatu perangkat, terhadap berbagai substansi dari luar. Proteksi yang dinilai dalam sistem ini mencakup proteksi terhadap objek padat dan air. Standar ini ditetapkan oleh IEC (International Electrotechnical Commission), organisasi yang menetapkan standar internasional untuk berbagai teknologi elektrik dan elektronik, yang secara kolektif disebut elektroteknologi.

Standar penulisannya berupa huruf IP yang diikuti dengan dua digit angka dan tambahan huruf opsional. Agar tahan air, sebuah perangkat setidaknya harus memiliki IPX yang merupakan ketahanan air. Jika sebelumnya smartphone tahan air hanya ditemui pada perangkat high-end, kini hp harga terjangkau pun telah dibekali sertifikat IP Rating.

Salah satu yang terbaru adalah OPPO A16. Ini adalah smartphone harga Rp2 jutaan yang telah memiliki sertifikasi rating IPX4. Dibandingkan sertifikasi IPX2 yang hanya melindungi dari tetesan air secara vertikal dan kerangka penutup miring sampai dengan 15 derajat, sertifikasi IP rating IPX4 lebih bagus. Secara teknis, sertifikasi IPX4 IPX4  dapat melindungi perangkat dari cipratan air normal.

Untuk mewujudkan itu, OPPO menambahkan sebuah lapisan penahan air, yang memberikan ketahanan cukup untuk penggunaan sehari-hari. OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

Mencoba OPPO A16 dengan Sertifikasi Rating IPX4

OPPO A16 bogorUntuk membuktikan klaim sertifikasi rating IPX4 pada OPPO A16, Gizmologi melakukan uji coba saat acara e-Energize with Oppo A16 di Begreno Home, Bogor (8/10). Pertama, dicoba dengan hand sprayer berisi air, disemprotkan ke bodi ponsel. Smartphone tetap berfungsi dengan normal.

Kemudian, mencoba dengan air yang lebih besar lagi, yakni dengan mencurkan di mengalir dari berbagai sudut. Ternyata smartphone tidak mengalami masalah apa-apa. Bahkan dicelupkan sebentar di kolam renang pun tidak mengalami masalah. Asalkan tidak dibawa berenang dalam waktu lama.

Secara umum, dari pengujian yang kami lakukan, fungsi pelindung dengan sertifikai rating IPX4 di OPPO A16 berfungsi dengan sangat baik. Bahkan dari informasi yang kami peroleh, tak hanya sekadar tahan air, OPPO A16 juga telah melalui serangkaian uji lainnya seperti uji jatuh, radiasi serta iklim.

Dengan demikian, para ojol pun tidak perlu khawatir ketika memakai perangkat ini dan tiba-tiba saja hujan deras, tidak memungkinkan untuk berteduh.

Baca juga: Review OPPO A16: Desain Tetap Stylish, Baterai Makin Awet

Untuk mendukung kebutuhan para ojol yang bekerja di lapangan tiap hari, OPPO A16 dibekali baterai berkapasitas besar 5,000 mAh. Belum ada fitur fast charging, namun diberikan perlindungan tambahan agar baterai tidak overcharge maupun over-discharge. Plus fitur Super Nighttime Standby yang hanya habiskan daya 1,21% sepanjang jam tidur.

Smartphone ini dibekali chipet Helio G35 octa-core, layar lebar 6,52 inci HD+, sampai setup tiga kamera belakang. Juga dilengkapi triple-slot yang mendukung kartu microSD. Ada dua varian yang tersedia, pertama kapasitas 2GB dan penyimpanan internal 32GB dengan harga Rp1,999 juta. Kedua, varian 4/64GB dengan harga Rp2,499 juta.

OPPO A54

OPPO A54Selain OPPO A16, smartphone seri A lainnya yang juga memiliki sertifikasi rating IPX4 adalah OPPO A54. Ini adalah perangkat pertama OPPO A54 yang memiliki kemampuan tersebut.

Bahkan lebih dari itu, OPPO A54 juga dilengkapi dengan 5 (lima) lapisan perlindungan. Perangkat ini lulus menjalani 6 (enam) tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal. OPPO A54 juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental. OPPO memberikan produk yang dapat diandalkan oleh pengguna, dengan kualitas luar biasa secara konsisten.

Baca: Review OPPO A54: Unggulkan Desain Stylish & Baterai Prima

Karena dipakai di jalanan, saat siang hari terkadang susah melihat layar dengan jelas. OPPO A54 hadir dengan solusi Sunlight Screen yang menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Kecerahan layar 6,51″ OPPO A54 akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits.

Di sisi sumber daya, OPPO A54 menggunakan baterai berkapasitas besar 5000 mAh dengan konektor pengisian daya Type C. Baterai sebesar ini akan memberikan daya tahan perangkat selama 2,2 hari, melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam dan menonton YouTube tanpa henti selama 19,9 jam. OPPO A54 juga dipasangi dengan perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek dan proteksi arus berlebih serta tinta
tahan api untuk memproteksi kebakaran level V-0. Sangat cocok dipakai oleh ojol.

Untuk menunjang kinerjanya, OPPO A54 diperkuat prosesor Mediatek Helio P35 dengan RAM 4GB LPDDR4X dan memori internal 128GB. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2,699 juta.

Tinggalkan komen