iPhone 14 Bakal Mengusung Port USB-C?

California, Gizmologi – iPhone 14 dikabarkan bakal meninggalkan port Lightning dan beralih ke USB-C. Namun sayangnya tidak berlaku untuk semua smartphone ini.

Rumor mengenai kehadiran USB-C di iPhone memang sudah berhembus lama. Bahkan tidak sedikit yang mengidam-idamkan iPhone dengan port ini.

Tak heran jika pada bulan lalu, ada yang membuat iPhone X dengan USB-C. Begitu viral, perangkat ini laku terjual lebih dari US$80 ribu di eBay atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Harusnya dengan aspirasi sebesar ini, Apple harus segera melengserkan port Lightning dari iPhone terbaru. Nyatanya, pada iPhone 13, port yang didambakan hanya tinggal impian.

Namun, tersiar kabar bahwa iPhone 14 akan menjadi iPhone pertama (secara resmi) yang bakal memiliki port USB-C. Adapun kabar ini diungkap LeaksApplePro, Jumat (19/11/2021) yang terkenal sebagai leaker dengan reputasi tepercaya.

Menurutnya, USB-C bakal hadir pada iPhone 14 yang akan dirilis tahun depan. Namun, port ini hanya untuk model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Seperti diketahui, Apple lebih dulu menyingkirkan port Lightning pada iPad Pro dan iPhone Air 4, menggantinya dengan USB-C. Bahkan iPhone mini 6 yang dirilis tahun ini juga telah memiliki port USB-C.

Baca juga: iPhone 14 Dikabarkan Bakal Tampil Tanpa Notch, Tapi …

Keunggulan Port USB-C dari Lightning

Jika Apple ingin beralih dari port Lightning ke USB-C untuk perangkat iPhone terbaru, tentu ada hal yang harus dipertimbangkan, yakni kecepatan transfer data, masalah hukum, dan lingkungan.

iPhone 13

Apple telah memperkenalkan fitur ProRes video pada iPhone 13 yang tentunya memakan banyak memori. Selain itu, iPhone makin ke sini makin menawarkan storage yang besar.

Hal ini dikarenakan untuk 1 menit video 4K PRores bisa menghabiskan memori sebesar 6GB. Jadi, jika merekam video dalam format ini selama dua jam, akan memakan 720 GB storage.

Untuk melakukan hal itu pada iPhone 13, tentu dibutuhkan kapasitas storage 1TB. Namun hal ini sangatlah tidak mungkin, mengingat kapasitas maksimal storage perangkat ini hanya 512GB.

Mau tidak mau, pengguna harus memindahkan secara berkala untuk setiap video yang diambil ke laptop untuk diproses lebih lanjut. Nah, dengan port Lightning yang notabene kecepatannya setara dengan USB 2.0, pengguna membutuhkan waktu 3 jam 45 menit untuk memindahkan file sebesar 720GB ke laptop.

Bagaimana dengan USB-C? Sebagai teknologi USB 4.0 kapasitas video sebesar itu bisa dipindahkan hanya dalam waktu 2 menit 38 detik saja. Jadi, sudah kebayang bukan betapa cepat USB-C untuk transfer data dibandingkan Lightning?

Nah, kira-kira dengan keuntungan seperti ini, apakah Apple segera menerapkan port USB-C pada iPhone terbarunya nanti? Kita lihat saja, Gizmofriends!

Tinggalkan komen