alexa

Harga Rp1,9 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A11

Samsung memiliki portofolio produk yang sangat luas dari flagship yang harganya Rp30 jutaan sampai kelas entry level yang paling murah di harga sejutaan. Bagi yang ingin punya ponsel baru dengan bujet pas-pasang, Samsung Galaxy A11 ini bisa jadi salah satu pertimbangan.

Samsung merancang smartphone ini bagi kalangan Gen Z untuk menjalani aktivitas digitalnya, karena dilengkapi dengan beragam fitur esensial untuk tetap selalu terhubung. Ponsel ini hadir dengan tampilan punch-hole dan memiliki kamera tiga lensa.

Samsung Galaxy A11 terlihat lebih mengesankan karena adanya tampilan Infinity-O dan dilengkapi dengan wallpaper yang indah. Kelebihan ponsel ini menjadi daya tarik tersendiri. Dengan harganya terjangkau, Samsung A11 dibekali dengan spesifikasi dan baterai yang berkapasitas besar. Kendati demikian, ada sejumlah kekurangan yang bisa menjadi catatan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A11

Samsung Harga 1 jutaan1. Layar Lebar 6,4″

Samsung Galaxy A11 mempunyai ukuran layar sebesar 6.4 inci dengan resolusi HD+ atau 720 x 1560 piksel dengan aspek rasio 19.5:9. Samsung Galaxy A11 hadir dengan mengusung desain Infinity-O Display, yang membuat ponsel ini terlihat lega denga layarnya yang memenuhi hampir keseluruhan ruang pada bodi depan.

Smartphone ini dilengkapi denga panel PLS TFT (Plane to Line Switching Thin Film Transistor). Panel ini merupakan panel besutan Samsung yang digadang-gadang mampu menyaingi IPS LCD. Panel PLS TFT pada Samsung Galaxy A11 memiliki tingkat kecaeraha 10% lebih besar serta sudut penglihatannya lebih luas dibandingkan IPS LCD.

2. Baterai Berkapasitar Besar

Samsung Galaxy A11 mempunyai baterai berkapasitas 4000 mAh, yang cukup awet di kelasnya. Baterai ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 15W. Baterai ini diperkirakan dapat bertahan selama 19 jam 4 menit, dengan menyisakan baterai sebanyak 20%.

3. Ditenagai Chipset Snapdragon

Samsung Galaxy A11 ditenagai dengan chipset Snapdraagon 450 besutan Qualcomm. Walaupun ponsel ini memakai Snapdragon 450, bukan merupakanchipset yang paling mutkhir namun chipset ini cukup handal digunakan untuk bermain game ringan dan menjalankan aplikasi.

Samsung Galaxy A11 mempunyai RAM sebsar 3GB  dengan memori penyimpanan 32 GB. Kamu juga bisa menambahlan microSD hingga kapasitas 512 GB.

Ponsel ini menjalankan antarmuka One UI 2.0 dengan OS berbasis Android 10, untuk bagian softwarenya.

4. Triple Camera AI

Ponsel ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang, ketiga kemeranya tersusum secara vertikal disebelah kiri atas. Kamera utama beresolusi 13 MP dengan bukaan f/1.8 (wide).

Kamera kedua emiliki resolusi 5 MP aperture f/2.2 (ultrawide) yang bisa mengambil sudut pandang sampai 115 derajat. Dan yang terakhir adalah kamr dengan resolusi 2MP bukaan f/2.4 sebagai sensor kedalaman (depth).

pada bodi bagin belakang Samsung Galaxy A11 dipasang LED Flash, dan ditengah terdapat sensor sidik jari.

Samsung Galaxy A11 dilengkapi kamera depan beresolusi 8 MP, yang bisa menghasilkan foto selfi dengan kualitas baik.

5. Port USB Tipe-C

Samsung Galaxy A11 mengusung port USB Tipe-C. Memiliki bentuk yang reversible, port ini juga mampu mentransfer data lebih cepat dari pada microUSB biasa.

Kehadiran USB Tipe-C pada ponsel ini menambah value pada HP ini, karena padsa beberapa HP entry level hanya menghadirkan microUSB.

7. Bodi Stylish

Samsung Galaxy A11 memiliki bodi belakang yang cukup trendy. Bagian belakang bodi pada Samsung Galaxy A11 memliki empat varian warna, yakni hitam, putih, biru dan merah.

Desainnya juga ramping, dengan sisi yang melengkung membuat Samsung Galaxy A11 nyaman ketika digenggam dengan satu tangan.

Kekurangan Samsung Galaxy A11

Spesifikasi Samsung Galaxy A111. RAM dan Memori Internal Terbatas

Samsung Galaxy A11 hadir dengan dua varian RAM yang sungguh kecil, yakni 2 GB dan 3GB, dengan memori internal 32 GB. Ini akan sangat menylikan untuk menginstal banyak aplikasi.

2. Kualitas Kamera Kurang Bagus

Samsung Galaxy A11 tidak mempunyai lensa makro. Saturasi warna hasil foto pada Samsung Galaxy A11 kuran akurat dan foto di luar ruangan lebih gelap. Banyak detail yang hilang dari objek. Bayagan pada hasil foto di beberapa titik tidak terlihat. Warnanya terkesan kurang bagus, dan objek juga terlihat agak melebur dari sekitarnya.

3. Kinerja pas-pasan

Samsung Galaxy A11 dengan ponsel seharga 2 jutaan, memiliki chipset yang terasa inferior dari beberapa smartphone kompetitornya yang sudah terlebih dulu memasuki pasar.

4. Tidak Ada Gorilla Glass

Samsung Galaxy A11 tidak menyediakan pelindung layar Gorilla Glass, padahal smartphone lain dengan kisaran harga yang sama sudah banyak memakai Gorilla Glass.

5. Tidak Ada Fitur NFC

Samsung Galaxy A11 tidak menyediakan fitur NFC, padahal fitur ini cukup berguna untuk orang-orang yang hidup di kota metropolitan. NFC bisanya digunakan untuk mentransfer data antar perangkat tanpa perlu menyalakan Bluetooth, dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi pada mesin pembayaran digital.

Harga Samsung Galaxy A11

Tentu Gizmofriends sudah membaca berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A11. Sehingga diharapkan bisa mendapatkan gambaran yang lebih utuh mengenai perangkat ini sebelum memutuskan untuk membeli.

Nah, apakah kamu merasa cocok dengan Samsung Galaxy A11? Smartphone Samsung ini dipasarkan untuk segmen pasar entri level, harga yang ditawakan tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A10s.

Harga Samsung A11 dibanderol Rp 1.999.000, dengan berbagai kelebihan yang dirasa sangat memuaskan.

Tinggalkan komen