Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Masuk Indonesia, Nokia 4.2 Andalkan Google Assistant

Di awal bulan Ramadan kali ini, HMD Global langsung tancap gas meluncurkan produk terbarunya Nokia 4.2 di Indonesia. Mudah ditebak, dirilisnya produk di momen seperti ini adalah membidik pengguna yang akan membelanjakan uang THR-nya untuk membeli ponsel baru buat lebaran.

Pulang ke kampung halaman bertemu keluarga, biasanya dibarengi hal-hal baru. Mulai dari baju baru hingga ponsel baru. Menghadirkan fitur kekinian dengan harga terjangkau menjadi mantra jualan semua produsen smartphone. Tak terkecuali Nokia yang kini tak bisa lagi merasa di atas angin seperti belasan tahun silam saat masih menjadi pemain nomor satu.

Ponsel  ini dibekali dengan fitur unggulan berupa tombol khusus Google Assistant. Miranda Warokka, Marketing Head HMD Global Indonesia, mengklain bahwa Nokia 4.2 merupakan ponsel pertama di Indonesia dengan tombol Google Asisstant. Belum ada ponsel lain dengan tombol ini,.

“Kami percaya tombol khusus Google Assistant di Nokia 4.2 ini akan membantu penggunanya tetap produktif ketika tengah melakukan hal lain,” ujar Miranda Warokka saat jumpa pers peluncuran Nokia 4.2 di Jakarta (7/5).
Baca juga:  Nokia X71 Ikut Tren Layar Berlubang & Kamera 48 MP

Fitur Nokia 4.2

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan bantuan asisten digital Google ini misalnya melihat kondisi lalu lintas, mencari restoran terdekat, hingga hal-hal receh seperti lelucon hari ini. Semua itu bisa dilakukan tanpa harus membuka kunci ponsel, karena sudah ada tombol khusus di body bagian samping.

Tombol ini adalah pengganti dari bar Google Assistant yang biasanya bertengger di bagian atas layar perangkat Android. Saat ini, Google Assistant sudah terinstal di 100 miliar perangkat, terutama di ponsel Android.

Seperti halnya ponsel Android Nokia lainnya, perangkat inidibekali Android One murni dengan sistem operasi terbaru Android 9 Pie. Android 9 Pie didukung Al yang membuat ponsel mampu beradaptasi dengan kebiasaan pengguna dalam menggunakan ponsel.

Related Posts
1 daripada 177

Menurut Irvan Ridha, Training Lead Indonesia HMD Global, Android One murni bebas bloatware sehingga performa lebih mulus dibandingkan Android lainnya yang memakai custom UI. HMD Global juga menjamin pembaruan dua OS utama selama tiga tahun dalam ponsel ini.

Nokia 4.2 Plus hadir dengan desain body yang langsing dan kokoh. Bodi juga dilapis bahan seperti kaca pada bagian depan dan belakang. Kesan kokoh timbul berkat struktur metal ringan di bagian dalam dan frame berbahan polikarbonat berlapis satin. Dengan ketebalan 8,4 mm, ponsel  ini cukup nyaman untuk penggunaan satu tangan.

Layar HD+, 5,71 inci dengan poni atau notch di bagian atas memiliki rasio 19: 9. Ponsel ini memiliki desain layar kaca yang lebih menonjol di bagian depan (2,5D)

Bagi yang gemar memotret, aplikasi kamera Nokia 4.2 memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto bokeh. Fitur low-light HDR pun diklaim bisa mengambil berbagai foto secara simultan dan menggabungkannya menggunakan algoritma canggih.  Hal ini bisa menciptakan sebuah foto dengan lebih banyak cahaya, warna lebih kuat dan jangkauan dinamis yang lebih luas.

Nokia 4.2 juga dibekali fitur Adaptive Battery untuk membatasi penggunaan baterai dari aplikasi yang jarang digunakan gunakan.  Fitur lainnya dalam ponsel ini diantaranya adalah pemindai wajah biometrik, pemindai sidik jari di belakang ponsel, dan NFC.

HMD Global mulai menjual ponsel ini dalam masa pre-order pada tanggal 9 Mei hingga 19 Mei 2019 di situs belanja Blibli.com dan Shopee. Sedangkan untuk jaringan ritel bekerjasama dengan Erafone dan Sentra Ponsel. Ponsel ini dijual dengan harga Rp 2.499.000.

Spesifikasi dan Harga Nokia 4.2 di Indonesia

Chipset
Qualcomm Snapdragon 439 octa-core
Layar HD+, 5,71 inci
Kamera Belakang
Dual camera 13 MP dan 2 MP depth sensor
Kamera Depan 8 MP
Baterai 3000 mAh
Memori
RAM 3 GB, ROM 32 GB, MicroSD hingga 400 GB
Fitur
Pemindai wajah biometrik, pemindai sidik jari di belakang ponsel, NFC
Sistem operasi Android Pie 9.0
Harga Rp 2,5 juta

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More