Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Tab S7 Series Usung Layar 120Hz & Chipset Snapdragon 865 Plus

0 11.314

Setelah menghadirkan duo Galaxy Tab S6 & Tab S6 Lite resmi di Indonesia, sudah waktunya bagi pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang satu ini untuk merilis sebuah suksesor. Pasar Android tablet mungkin tidak selaris tablet Apple, namun Samsung menjadi salah satu yang mendominasi, dengan cukup banyaknya seri yang dirilis.

Kali ini, Samsung mencoba untuk bersaing dengan tablet terbaik yang ada seperti iPad Pro maupun Microsoft Surface, dengan menghadirkan duo Samsung Galaxy Tab S7 & S7 Plus. Keduanya punya spesifikasi yang sangat garang, sebut saja penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus, dukungan stylus S-Pen, layar dengan refresh rate 120Hz serta kemampuan multimedia yang mutakhir.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite: Hampir Sempurna di Kelasnya

Keunggulan Samsung Galaxy Tab S7 & S7 Plus

Galaxy Tab S7 Plus

Selayaknya iPad Pro, Galaxy Tab S7 series hadir dalam dua ukuran. Galaxy Tab S7 Plus menjadi yang terbaik tentunya, dengan dimensi 12,4 inci dan gunakan panel AMOLED. Resolusinya cukup tinggi di 2,800 x 1,752 piksel, miliki sensor sidik jari yang dibenamkan di dalam layar.

Stylus S-Pen yang dibawa juga sama persis dengan Galaxy Note20 Ultra, miliki benefit latensi sangat rendah di 9ms saja. Untuk produktivitas tinggi, tampilan antarmuka OneUI diintegrasikan dengan beragam layanan dari Microsoft Office. Dengan tambahan keyboard cover serta fitur Samsung DeX yang kini dapat dijalankan secara nirkabel, menggunakan perangkat ini untuk bekerja akan terasa sangat cocok selayaknya laptop.

Selain miliki chipset kencang, kapasitas baterainya sangat besar di 10,090 mAh. Dengan dukungan pengisian 45 watt, Galaxy Tab S7 Plus diklaim dapat digunakan untuk menonton video sampai 16 jam. Semua ini dibawa dengan ketebalan hanya 5,7mm saja, dan bobot 575 gram. Tersedia opsi RAM 6/8GB dan penyimpanan internal 128GB sampai 512GB, juga opsi Wi-Fi only, LTE dan 5G.

Di bagian belakangnya, terdapat dua sensor kamera masing-masing 13MP dan 5MP ultra-wide. Di sekitar modulnya, terdapat strip magnetik untuk menempelkan S-Pen, karena tidak ada slot khusus untuk menyimpan di dalamnya. Untuk video call, ada kamera depan 8MP, ditemani empat speaker yang sudah disempurnakan oleh AKG.

Galaxy Tab S7

Sementara Galaxy Tab S7 hadir dengan sedikit lebih sederhana. Panel 11 inci yang dimilikinya gunakan jenis LTPS TFT, sehingga sensor sidik jarinya dipindahkan ke sisi samping bodi perangkat. Layarnya sedikit lebih cerah, namun S-Pennya punya latensi sedikit lebih tinggi alias 26ms seperti Galaxy Note20 reguler.

Kapasitas baterainya juga mengecil ke 7,040 mAh, meski daya tahan baterainya hanya berkurang satu jam untuk durasi pemutaran video. Sementara spesifikasi lainnya masih sama, baik chipset, setup kamera serta speaker yang digunakan. Kedua perangkat sudah gunakan port USB C 3.2 Gen 1, mendukung DisplayPort untuk sambungan ke monitor eksternal tanpa tambahan sumber daya terpisah.

Harga & Ketersediaan Samsung Galaxy Tab S7 Series

Galaxy Tab S7 series

Samsung akan memulai memasarkan Galaxy Tab S7 pada 21 Agustus mendatang. Di Indonesia sendiri, pre-order yang dimulai baru Galaxy Note20 series saja. Meski begitu, terdapat rumor jika Samsung bakal menjual kedua perangkat seharga Rp12,999 juta & Rp15,999 juta, masing-masing untuk varian biasa dan Plus.

Belum ada informasi varian memori beserta dukungan jaringan yang dijual di Indonesia. Namun menilik dari seri-seri sebelumnya, besar kemungkinan jika yang bakalan dijual adalah versi LTE. Apakah tetap menggunakan Snapdragon 865 Plus, atau digantikan ke Exynos 990 seperti Galaxy Note20 series? Kita nantikan saja kehadiran resminya ya.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID Tokopedia.com