Nokia C20 Dirilis, Bawa Layar Lega Harga Rp1,5 Juta

Jakarta, Gizmologi – Setelah resmi memboyong kedua seri Nokia G10 & G20 ke Tanah Air, HMD Global kembali memperkenalkan smartphone barunya dan membuatnya tersedia bagi konsumen di Tanah Air. Bukan, bukan seri 5G sayangnya, alias Nokia C20 yang khusus dibuat untuk penuhi pasar kelas entri.

Ya, sesuai dengan huruf penamaannya, Nokia C series merupakan kasta yang paling rendah dari dua huruf lain yaitu G dan X. Khusus pada kelas terendahnya tersebut, disiapkan sebuah perangkat yang tetap membawa desain dan ketahanan ala Skandinavia. Agar tak membebani kinerja chipset yang sederhana, maka penggunaan sistem operasi versi ringan tentu diperlukan.

Baca juga: Nokia G50 5G Diresmikan, Bawa Fitur Selfie Video Stabilization

Meski begitu, HMD berikan jaminan pembaruan keamanan berkala, serta penggunaan dengan masa pakai baterai seharian. Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (23/9), Stephen Taylor, Chief Marketing Official, HMD Global mengatakan bila Nokia C20 menjadi pendatang paling menarik pada Nokia seri C.

Sudah Bisa Dibeli Secara Daring & Luring

Nokia C20

Ia menambahkan, sebuah smartphone yang berkualitas dengan tampilan indah dan bisa diandalkan telah menjadi yang utama bagi pihak HMD. “Kami melengkapi Nokia C20 dengan sejumlah fitur-fitur fantastik, dan dengan menjalani program pengujian kami yang ketat, artinya ponsel ini mampu bertahan dari sisi waktu dan penggunaan sehari-hari.”

Tanpa promo khusus maupun metode pembelian pre-order seperti Nokia G20 saat diluncurkan di Indonesia, Nokia C20 sudah langsung bisa dibeli di beberapa situs e-dagang dengan toko resmi Nokia Mobile official store, situs resmi Nokia, maupun toko ritel luring terdekat. Konsumen diberikan pilihan dua warna yaitu Sand serta Dark Blue.

Nokia C20

Variannya sendiri hanya satu, yaitu memiliki RAM 2GB dengan penyimpanan internal 16GB. Harganya? Rp1,499 juta, alias persis seperti harga jual Nokia C3 saat ini. Bisa dibilang menjadi suksesor yang cukup banyak peningkatannya.

Meski begitu, di rentang harga yang sama, Nokia C20 juga harus bersaing sengit dengan beberapa penawaran dari vendor lainnya. Sebut saja Xiaomi Redmi 9C yang sudah membawa setup tiga kamera, realme C21Y, atau bahkan Tecno Spark 7 NFC yang menjadi smartphone dengan sensor terlengkap saat ini pada rentang harga kurang dari Rp1,5 juta.

Spesifikasi Nokia C20 vs Nokia C3

Nokia C20

Unggulkan daya tahan yang prima khas smartphone Nokia, seri Nokia C20 gunakan bodi dengan material plastik polikarbonat. Bodi belakangnya diberikan tekstur bergaris untuk berikan kenyamanan ekstra. Dimensinya sendiri sedikit lebih besari dari C3, dengan ketebalan 8,8mm dan bobot 191 gram.

Layarnya masih gunakan panel IPS HD+, hanya saja dimensinya jauh lebih besar, kini mencapai 6,52 inci. Tentu karena bezelnya yang sudah lebih tipis, gunakan rasio 20:9. Sementara chipsetnya masih tetap gunakan rilisan Unisoc, seri SC9863A (28nm) dengan arsitektur CPU octa-core.

Selain kapasitas baterai yang juga sama-sama 3,000 mAh, pada spesifikasi kamera, justru terdapat sedikit pengurangan dibandingkan seri yang punya harga sama tersebut. Tercatat bila Nokia C20 sama-sama punya kamera beresolusi 5MP baik sisi depan maupun belakang, plus lampu kilat di masing-masing sisi.

HMD juga menghilangkan sensor sidik jari pada Nokia C20, sehingga opsinya hanya password dan face unlock. Tanpa jaminan pembaruan seri OS, diberikan pembaruan keamanan tiap 3 bulan selama 2 tahun. Dengan kombinasi spesifikasi di atas, apakah sudah cukup oke bagi Gizzmo friends untuk bersaing dengan kompetitornya?

Tinggalkan komen