OPPO A56 5G Dirilis di China, Jalankan Chipset MediaTek Dimensity 700

China, Gizmologi – Ketika Indonesia justru kedatangan seri lama yang diperbarui dengan kapasitas penyimpanan internal lebih besar, situasinya berbeda dengan di negeri asalnya, yaitu China. OPPO baru saja perkenalkan smartphone terjangkau OPPO A56 5G, suksesor untuk seri A55 5G yang absen di Tanah Air.

Kehadiran OPPO A56 5G adalah angin segar bagi konsumen yang kini semakin mencari perangkat yang mendukung konektivitas kencang tersebut, meski di Indonesia persebarannya masih jauh dari kata merata. Setidaknya dengan begitu, mereka yang bakal terus menggunakan perangkat yang sama hingga 2 – 3 tahun ke depan tak perlu ganti untuk mendapatkan akses 5G.

Baca juga: OPPO A53 Kembali Hadir dengan Opsi Memori 128GB, Usung Layar 90Hz

Dengan nama yang mirip, OPPO A56 5G sendiri bisa dibilang memiliki gabungan tampilan antara seri A55 & A55 5G. Sama-sama tampil tipis nan ringan, desain modul kamera belakangnya lebih mirip dengan A55, memiliki dua sensor kamera belakang yang punya aksen cerah, melingkari masing-masing sensornya.

Spesifikasi OPPO A56 5G Utamakan Performa & Kapasitas RAM

OPPO A56 5G

Opsi warna OPPO A56 5G sendiri ada tiga, dalam warna hitam, ungu dan biru cerah. Sensor sidik jarinya sendiri disematkan pada bodi samping, sementara pada bagian depan, terlihat desain waterdrop notch yang sejatinya sudah mulai tertinggal. Setidaknya dibandingkan dengan OPPO A53 yang justru sudah pakai punch-hole, meski rilis tahun lalu.

Mungkin keputusan tersebut diambil demi memangkas harga jual. Begitu pula dengan spesifikasi layar OPPO A56 5G, yang memiliki dimensi 6,5 inci. Resolusinya HD+, gunakan panel IPS, tanpa dukungan refresh rate tinggi. Setidaknya OPPO cukup mengedepankan sisi performa, dengan chipset yang mendukung 5G serta kapasitas RAM lebih lega.

Varian paling rendah pada seri Dimensity saat ini, yaitu Dimensity 700 dari MediaTek dipilih OPPO untuk mentenagai OPPO A56 5G. Dengan kapasitas RAM 6GB, diberikan opsi untuk menambah ukuran dengan mengambil kapasitas penyimpanan internal sampai 5GB. Otomatis mampu membuat kapasitas total menjadi 11GB, supaya lebih nyaman untuk multitasking.

Beri Jaminan Performa Mulus Hingga 3 Tahun

OPPO A56 5G

Penyimpanan internalnya sendiri berukuran 128GB. Dan dengan menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, OPPO memberikan jaminan kepada konsumen bila performa OPPO A56 5G bakal tetap terjaga setidaknya hingga 36 bulan mendatang, alias tiga tahun penggunaan. Klaim yang cukup tinggi untuk sebuah smartphone Rp3 jutaan, semoga benar begitu adanya.

Karena fokus pada performa, sektor kamera terpaksa dipangkas. Selain kamera 8MP yang disematkan untuk keperluan swafoto maupun panggilan video, sensor utama pada kamera belakang OPPO A56 5G hanya berukuran 13MP, ditemani sensor 2MP untuk berikan efek potret. Dukungan fast charging pun absen, meski kapasitas baterainya sendiri sudah sangat lega di 5,000 mAh. Dan tentu sudah gunakan port USB-C pada bagian bawah.

Baru dirilis di China, pemesanan OPPO A56 5G sendiri sudah dibuka. Harganya? CNY1,599 atau sekitar Rp3,5 jutaan. Harga yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan spesifikasinya, yang bila hadir resmi ke Tanah Air, bakal dibandingkan dengan kompetitor seperti realme 8 5G atau Redmi Note 10 5G. Atau malah sang kakak, OPPO A74 5G.

Tinggalkan komen