alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Reno5 A, Smartphone 5G Tahan Air dengan Snapdragon 765G

Meski secara resmi sudah hadirkan tiga varian berbeda di Indonesia, nampaknya OPPO masih ingin menambahkan produk baru pada lini seri Reno5 yang tergolong sangat populer. Kali ini, OPPO Reno5 A debut di Jepang, bawa kombinasi spesifikasi yang tinggi nan hemat, jadi yang paling terjangkau.

Sebelumnya, penamaan smartphone dengan huruf “A” di bagian belakang memang berikan indikasi opsi paling murah. Dengan begitu, tahun ini tak hanya OPPO Reno5 F saja yang miliki tambahan huruf berbeda. Bila dibandingkan, OPPO Reno5 A punya sedikit kekurangan, namun ada cukup banyak kelebihan dalam hal performa. Meski desainnya sendiri lebih sederhana.

Desain modul kameranya menyerupai OPPO A74 5G. Sementara yang jadi penanda kalau ini smartphone murah OPPO, yaitu peletakan sensor sidik jarinya yang masih disematkan pada bodi belakang. Meski memang, beberapa pengguna ada yang justru mengapresiasi letak seperti ini karena secara natural dekat dengan telunjuk saat smartphone digenggam.

Baca juga: Fitur Memory Expansion Bakal Ada di OPPO Reno5 4G & 5G, Bisa Perluas RAM

OPPO Reno5 A Mengusung Layar 90Hz dengan Akurasi Tinggi

OPPO Reno5 A

Lewat Reno5 A, OPPO nampak ingin fokus berikan pengalaman penggunaan terbaik ketimbang pentingkan desain dan beberapa faktor lain. Pada bagian depan, layar 6,5 inci yang punya bezel tipis serta lubang kamera punch-hole sudah mendukung refresh rate 90Hz. Resolusinya sendiri 1080p, dan panel yang digunakan lebih sederhana alias IPS.

Meski begitu, IPS-nya tidaklah standar. Touch response rate 180Hz sudah oke untuk bermain gim, sementara cakupan warna DCI-P3 100% bakal cocok bagi konsumen yang dambakan akurasi warna tinggi. Resolusi kamera depannya 16MP, kurang lebih seperempat dari yang bisa dihasilkan lewat sensor kamera utamanya.

Ya, di bodi belakangnya, OPPO Reno5 A memiliki sensor utama 64MP, ditemani 8MP ultra wide-angle, dan seperti biasa, dua kamera 2MP dengan peran yang Gizmo friends sudah tentu bisa tebak. Tentunya, karena termasuk seri Reno, fitur kamera unggulan dibawa ke seri ini. Sebut saja Dual-View Video, AI Highlight Video serta efek potret yang lebih artistik dalam mode foto.

Mode kamera video canggih tersebut dapat hadir tak lain berkat peran prosesor yang mumpuni. Tak tanggung-tanggung, bukan gunakan opsi MediaTek, OPPO Reno5 A justru pakai cip dari Qualcomm yaitu Snapdragon 765G, alias cip yang sama seperti Reno5 5G. Digabungkan dengan kapasitas RAM sedikit cekak di 6GB, plus penyimpanan internal 128GB.

Mendukung NFC, Dijual Lebih Dulu di Jepang

OPPO Reno5 A

Menjadi sebuah perangkat yang dirilis di Jepang, tentunya smartphone OPPO terbaru satu ini telah dilengkapi dengan sensor NFC, lengkap dengan dukungan Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.1 dan masih dilengkapi jack audio 3,5mm. Sedikit disayangkan, kapasitas baterainya tergolong kecil yaitu 4,000 mAh. Ditambah pengisian daya yang hanya 18 watt, paling lambat untuk seri Reno5.

Padahal, jaringan 5G tentu bakal memerlukan daya yang lebih besar. Setidaknya Snapdragon 765G dikenal hemat daya, sehingga smartphone ini harusnya bisa bertahan setidaknya secara normal satu hari pemakaian. Menjalankan ColorOS 11 berbasis Android 11, OPPO Reno5 A diluncurkan dalam dua warna. Dan yang tak kalah menarik, sudah mengantongi sertifikasi IP68 tahan debu dan air.

Meski sudah terpampang secara resmi di situs OPPO Jepang, belum diberitahukan informasi tambahan terkait penjualan dan harga unitnya sendiri. Selain Reno5 A, OPPO juga siap resmikan lini seri Reno6 yang dikabarkan bakal hadir pekan depan.

Tinggalkan komen