Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco C3, Smartphone Entry Level dengan Helio G35

1 3.343

Merek smartphone besutan Xiaomi ini tak lagi hanya merilis “flagship” murah saja. Untuk merambah lebih banyak konsumen, Poco juga telah hadirkan beberapa smartphone kelas menengah. Yang terbaru adalah Poco X3, hadir dengan spesifikasi chipset Snapdragon 732G dan dilengkapi sensor NFC untuk wilayah negara tertentu.

Meramaikan pasar smartphone low-end, Poco C3 hadir dengan desain yang sangat familiar. Ya, apalagi kalau bukan terinpirasi dari Redmi 9C, kecuali absennya sensor sidik jari pada bodi belakangnya. Smartphone baru ini bakal menjadi varian termurah dari Poco.

Ketika diluncurkan secara daring sore tadi (6/10), Poco juga menyebutkan asal dari nama produk terbarunya ini. Huruf “C” yang dimaksud adalah kamera, sementara “3” menyatakan jumlah dari sensor kamera belakangnya. Tanpa fingerprint sensor, Poco berikan sentuhan aksen two-tone pada bodi belakangnya, untuk tingkatkan grip serta meminimalisir bekas tangan. Hadir dalam tiga warna; Arctic Blue, Lime Green dan Matte Black.

Baca juga: Review Poco X3 NFC: Mid-range dengan Paket Lengkap, Kencang & Murah

Spesifikasi Poco C3 Identik dengan Redmi 9C

Poco C3

Selain desain yang identik, jangan heran bila spesifikasinya pun mirip dengan Redmi 9C. Di sisi depan, layar besar 6,53 inci pada Poco C3 punya resolusi HD+, dengan waterdrop notch untuk meletakkan kamera depan 5MP f/2.2. Layar tersebut sudah tersertifikasi oleh TUV Rheinland agar aman dari cahaya biru.

Sementara di sisi belakang, terdapat tiga sensor kamera, dimana masing-masing beresolusi 13MP f/2.2, 2MP f/2.4 untuk depth sensor, dan 2MP f/2.4 tambahan untuk foto objek jarak dekat atau macro. Satu lagi yang ada di dalam bingkai kameranya adalah LED flash, untuk cerahkan foto mengingat smartphone ini belum punya mode malam khusus.

Untuk urusan dapur pacu, Poco menunjuk MediaTek seri Helio G35 yang dinilai cukup capable dalam jalankan gim pada smartphone kelas menengah ke bawah. Chipset tersebut dipadukan dengan pilihan RAM 3/4GB LPDDR4x, serta penyimpanan internal 32GB & 64GB. Tentunya masih bisa ditambah kartu microSD dengan slot dedicated.

Sama seperti smartphone Poco lainnya, Poco C3 juga bakal hadir dengan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 10. Poco menambahkan launcher khusus, menjadi salah satu pembeda dengan Xiaomi. Selain itu, lapisan ekstra P2i membuat Poco C3 tahan dari cipratan air, asal tidak dicelupkan ke dalam air ya.

Kapasitas baterai 5,000 mAh pada Poco C3 sayangnya belum diimbangi dengan teknologi fast charging, maksimal hanya mendukung input 10W saja. Untuk konektivitas, port-nya sendiri juga masih microUSB, namun sudah mendukung 4G VoLTE serta masih dilengkapi jack audio 3,5mm.

Harga Poco C3 di India

Poco C3

Debut pertama kali di India, Poco C3 mulai tersedia pada tanggal 16 Oktober mendatang di Flipkart. Varian termurahnya dengan memori 3GB+32GB dibanderol seharga INR7,499 (Rp1,5 jutaan), sementara varian tertinggi 4GB+64GB dijual seharga INR8,999 (Rp1,7 jutaan).

Di Indonesia, dengan harga tersebut, Poco C3 bakal bersaing dengan smartphone entry level dari realme, yaitu realme C11. Poco bakal tawarkan kamera yang lebih lengkap. Namun bila fitur kameranya serupa dengan Redmi 9C, realme bakal lebih unggul karena sudah dilengkapi dengan mode Nightscape, mampu tingkatkan hasil foto secara signifikan dalam kondisi low-light. Gizmo friends sendiri lebih pilih yang mana?