Samsung Galaxy A03 Core Tampil dengan Layar Penuh, Baterai 5,000 mAh

Jakarta, Gizmologi – Sebagai produsen elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung telah merilis lini smartphone lengkap mulai dari yang termurah sampai punya layar lipat. Kini Samsung Galaxy A03 Core hadir untuk perbarui penawaran termurahnya, hadir dengan tampilan yang jauh lebih modern daripada sebelumnya.

Ya, seperti yang kita tahu, seri Galaxy Core yang sudah rilis dalam beberapa tahun belakangan masih mengusung desain layar jadul—serupa juga dengan Nokia C3 terdahulu. Bezel atas dan bawah bagian depannya masih tebal, meski memang harganya sangat miring. Samsung Indonesia sendiri memasarkan Galaxy A01 Core sebagai perangkat yang cocok untuk sekolah daring.

Pasalnya selain performa yang sudah cukup mumpuni, harga jual termurahnya saat itu dimulai dari Rp999 ribu saja, sehingga lebih mudah dijangkau bagi orang tua pelajar. Untuk Galaxy A03 Core sendiri, peningkatan yang dibawa tergolong menyeluruh. Dimensinya kini membesar, namun untuk sebuah alasan yang baik, yakni dimensi layarnya yang juga jauh lebih besar.

Baca juga: One UI 4 Berbasis Android 12 Digulirkan Untuk Samsung Galaxy S21 Series

Kamera Galaxy A03 Core Sedikit Lebih Baik

Samsung Galaxy A03 Core

Muncul pertama kali lewat situs Samsung Mobile Press, Galaxy A03 Core tampil dalam dua opsi warna yakni hitam dan biru. Samsung berikan dua aksen berbeda pada bodi belakangnya, dengan bagian sekitar kamera dibuat bergaris selayaknya membentuk modul kamera Galaxy S21 series. Sensor kamera belakangnya pun dibuat besar.

Besaran resolusi masing-masing kamera pada Galaxy A03 Core sendiri masih dibuat sama, namun dengan diafragma lebih besar yang seharusnya bisa tingkatkan kualitas foto. Disematkan sebuah sensor 8MP f/2.0 di belakang, dan 5MP f/2.2 di depan dalam bentuk waterdrop notch. Ya, akhirnya layar depan kini dibuat tampil penuh.

Dari 5,3 inci di Galaxy A01 Core, meningkat jauh menjadi 6,5 inci HD+ pada Galaxy A03 Core. Tentu saja bakal membuatnya lebih cocok untuk mengikuti kelas daring atau kebutuhan multimedia lainnya. Yang tak kalah penting adalah peningkatan pada chipset, sekaligus kapasitas baterai yang dibuat membesar, di mana kini menjadi 5,000 mAh.

Galaxy A03 Core Gunakan Triple Slot SIM Card

Samsung Galaxy A03 Core

Tentu jangan harap ada dukungan fast charging maupun penggunaan USB-C pada Galaxy A03 Core yang notabene jadi smartphone paling terjangkau, ya. Chipset Unisoc SC9863A yang diusungnya punya CPU octa-core hingga 1,6GHz, naik dari arsitektur quad-core. Dipasangkan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB—tentunya masih bisa ditingkatkan dengan kartu microSD.

Samsung gunakan mekanisme triple slot, sehingga pengguna Galaxy A03 Core bisa gunakan dua kartu SIM plus kartu microSD sekaligus. Mendukung jaringan LTE, kelengkapan sensornya cukup terbatas. Hanya ada akselerometer, light sensor dan proximity sensor saja, tanpa ada giroskop yang umumnya digunakan untuk aplikasi AR atau beberapa judul gim tertentu.

Sayangnya, Samsung sendiri belum mengumumkan status ketersediaan hingga banderol harga yang diusungnya. Meski penamaannya mirip, tentu Galaxy A03 Core bakal jauh lebih murah dari Galaxy A03s, mengingat spesifikasinya jauh lebih sederhana. Kita nantikan bersama kehadirannya ya.

Tinggalkan komen