Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Xperia L4, Ponsel Android Kelas Entri dengan Layar 21:9

0 4.008

Mengawali tahun 2020, Sony Electronics Inc. merilis ponsel Android kelas menengah kebawah, Xperia L4. Meski berbeda kelas dari ponsel-ponsel Sony yang sudah dirilis sebelumnya seperti Xperia 1 dan Xperia 5, Sony Xperia L4 punya desain layar sinematik yang sama, dengan setup tiga kamera utama di sisi belakang.

Sebelumnya, Sony dirumorkan akan merilis versi upgrade dari sang flagship Xperia 1, serta Xperia 5 Plus lewat sebuah acara daring, berkat batalnya Mobile World Congress 2020. Lini Xperia L series memang tidak terlalu ramai diperbincangkan, mungkin karena batasan ketersediaan serta spesifikasi yang kurang menarik. Dengan Xperia L4, Sony mencoba menurunkan beberapa fitur yang awalnya hanya ditemukan di seri flagship.

Baca juga: Resmi Hadir di Indonesia, Earbuds Sony WF-1000XM3 dengan “Noise Cancellation”

Fitur Sony Xperia L4

Sony Xperia L4

Desain layar sinematik tersebut memungkinkan ponsel ini untuk tetap nyaman digunakan dengan satu tangan, berkat dimensi yang cukup ramping, serta memudahkan proses multitasking atau menjalankan dua aplikasi sekaligus. Hadir dalam dua varian warna (Black & Blue), bodi terlihat lebih polos dari kedua kakaknya, dengan material plastik finishing doff.

Bagian depan ponsel didominasi oleh layar besar 6,2 inci dengan resolusi HD+, rasio 21:9. Bezel bagian bawah terlihat sedikit lebih tebal, dengan notch di bagian atas untuk meletakkan kamera depan 8MP f/2.0. Sama seperti generasi sebelumnya, L4, Xperia L5 masih menggunakan chipset besutan MediaTek, yaitu Helio P22 octa-core dengan CPU Cortex A-53 hingga 2.0GHz, fabrikasi 12nm. Dipadukan dengan RAM 3GB, penyimpanan internalnya meningkat menjadi 64GB. Dukungan dual-SIM, port audio 3,5mm serta NFC turut hadir pada ponsel ini.

Untuk mengakomodir penggunaan sehari-hari, Xperia L4 punya kapasitas baterai 3580 mAh dengan dukungan fast charging (Power Delivery). Di bagian belakang, ketiga sensor kamera punya peran masing-masing; 13MP f/2.0 wide-angle dengan PDAF, 5MP f/2.2 ultra-wide angle dan 2MP f/2.4 sebagai depth sensor. Fingerprint sensor juga hadir, terletak pada tombol power di sisi kanan bodi ponsel.

Harga Sony Xperia L4

Sony Xperia L4

Sony belum menginformasikan harga jual dari ponsel terjangkau mereka yang terbaru ini, yang diperkirakan tak jauh dari generasi sebelumnya yang dibanderol seharga 225 USD atau sekitar Rp3,1 jutaan. Sony berencana untuk mulai memasarkan Xperia L4 mulai musim panas ini.

Tapi jangan berharap ponsel ini akan tersedia di Indonesia ya. Karena divisi smartphone Sony sudah mengibarkan bendera putih. Mereka menyerah untuk bertarung di kerasnya persaingan ponsel di Tanah Air.