Moto G 5G, Smartphone Rp4 Jutaan dengan Snapdragon 750G

Umumnya, smartphone kelas menengah dengan dukungan konektivitas 5G lebih dulu diluncurkan di region Eropa. Wajar saja, mengingat infrastruktur di sana sudah cukup memadahi. Namun kali ini sedikit unik, di mana Motorola rilis Moto G 5G di India.

Uniknya adalah India menjadi pilihan negara kedua setelah smartphone 5G murah tersebut diluncurkan di Eropa, di mana masyarakat bisa merasakan benefit 5G. Mungkin dengan embel-embel tersebut, Motorola merasa bisa merebut perhatian konsumen yang berencana untuk membeli smartphone dalam penggunaan jangka panjang. Supaya nantinya tak perlu ganti perangkat seumpama jaringan tersebut hadir secara resmi.

Karena dirilis di India, tentunya harganya menjadi lebih aktraktif. Spesifikasinya pun tak kalah menarik bila dibandingkan dengan merk lain seperti realme maupun Xiaomi. Desainnya cukup modern, gunakan bingkai kamera persegi dan miliki logo Motorola yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Keempat sudut bodi belakangnya dibuat sedikit melengkung, berikan tambahan kenyamanan.

Baca juga: Motorola Moto E7, Android Kelas Entri dengan Dua Kamera 48MP

Layar Moto G 5G Punya Sertifikasi HDR10

Moto G 5G

Di bagian depan, keempat bezelnya terlihat hampir sama tebal. Cukup jarang untuk sebuah smartphone kelas menengah memiliki posisi kamera punch-hole di bagian tengah atas layar. Layarnya sendiri sangat luas di 6,7 inci, gunakan panel LTPS dengan resolusi full HD+. Meski masih dengan refresh rate 60Hz, setidaknya memiliki standar konten HDR10.

Kamera punch-hole yang ada di depan beresolusi 16MP f/2.2. Sementara jika dibalik, di dalam bingkai kamera Moto G 5G terdapat tiga sensor kamera yang dibuat selaras dengan LED flash. Sensor utamanya beresolusi 48MP f/1.7, gunakan sensor dari Samsung berjenis ISOCELL GM1. Ditemani dua sensor lainnya, masing-masing 8MP f/2.2 dengan sudut pandang 118 derajat dan sensor makro 2MP f/2.4 dengan autofocus.

Tak seperti varian Eropa yang hadir dengan RAM 4GB, di India, Motorola berikan opsi yang lebih baik dengan RAM 6GB. Kapasitas penyimpanan internalnya juga naik dua kali lipat, menjadi 128GB. Sementara untuk urusan dapur pacu, digunakan salah satu chipset 5G terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 750G, rilis akhir September 2020 lalu.

Untuk melengkapi chipset-nya yang cukup powerful, Moto G 5G juga punya kapasitas baterai 5,000 mAh. Mengisi dayanya bakal tergolong singkat, menggunakan charger dengan dukungan hingga 20 watt. Motorola berani mengklaim bia smartphone ini bisa tahan digunakan hingga lebih dari dua hari pemakaian, berkat penggunaan stock Android 10.

Dilengkapi NFC, Moto G 5G Dijual Rp4 Jutaan

Moto G 5G

Meski tidak termasuk dalam program Android One, Motorola janjikan pembaruan Android 11 yang bakal hadir tidak lama selang peluncurannya di India. Juga Moto G 5G dilengkapi dengan pintasan khusus untuk memanggil asisten suara Google, melalui tombol yang ada di sebelah kiri. Terdapat juga sertifikasi IP52 tahan debu, serta sensor NFC.

Di India, Moto G 5G mulai tersedia pada 7 Desember 2020 mendatang. Harga yang ditawarkan adalah INR20,999, atau sekitar Rp4 jutaan. Penjualan perdananya bakal diadakan di e-commerce lokal, Flipkart, di mana anggotanya bisa membeli dengan potongan harga tambahan.

Tunjukkan Komen (1)