Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Foto dan Spesifikasi Sony Xperia 1 II & Xperia 10 II Terkuak

0 1.486

Melalui sebuah statement resmi, Sony mengumumkan kemundurannya sebagai peserta acara event tahunan Mobile World Congress 2020, yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Sebagai pengganti, mereka akan mengadakan konferensi pers secara langsung melalui kanal YouTube resminya, pada tanggal 24 Februari nanti. Diperkirakan, penerus Sony Xperia 1 akan hadir membawa beberapa peningkatan.

Tepat satu hari sebelumnya, Max Weinbach dari XDA Developers membocorkan beberapa gambar yang menunjukkan fitur kunci dari dua ponsel yang akan diperkenalkan Sony nantinya, yaitu Sony Xperia 1 II dan Xperia 10 II. Penamaan ini dirasa cukup unik, menggunakan angka romawi di belakangnya, tak menggunakan angka tahun sebagai penanda di belakangnya, atau “.1” seperti yang digunakan HMD Global untuk penamaan seri baru ponsel Nokia.

Spesifikasi Sony Xperia 1 II

Masih menggunakan bahasa desain yang sama, Sony Xperia 1 II memindahkan modul kamera dari tengah atas ke kiri atas bagian belakang ponsel, serupa dengan Xperia 5. Di sisi depan, layar OLED yang digunakan masih berdimensi 6,5 inci dengan rasio tinggi 21:9 dan resolusi 4K HDR. Yang baru adalah dukungan Motion Blur Reduction, disebut ekuivalen dengan refresh rate 90Hz, alias tidak murni 90Hz seperti pada realme X2 Pro atau Galaxy S20 yang lebih tinggi di 120Hz. Wajar, mungkin terlalu berat untuk memproses refresh rate tinggi pada panel 4K.

Sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865, tentunya ponsel ini mendukung jaringan 5G (sub6), dipadukan dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal 256GB.  Untuk keperluan gaming, kamu dapat menyambungkan stik DualShock 4 dari PlayStation, ditambah fitur seperti Game Enhancer dan Snapdragon Elite Gaming. Kapasitas baterainya tak lagi ngepas, kini hadir dengan 4000 mAh yang mendukung pengisian daya nirkabel. Tidak lupa, sertifikasi IP65/68 untuk ketahanan air dan debu.

Tiga kamera di belakang punya resolusi 12MP, ditemani sensor 3D ToF dan penggunaan lensa dari ZEISS. Kamera 16mm ultra-wide angle dilengkapi Dual-PD autofocus, 24mm wide-angle dengan OIS, serta 70mm (telefoto 3x) juga dengan OIS. Kamera depannya 8MP, dan fitur dari lini kamera profesional seperti real-time eye AF juga diturunkan ke Sony Xperia 1 II. Sektor audionya juga tak kalah menarik. Ada speaker stereo plus jack audio 3,5mm dengan dukungan Dolby Atmos, Hi-Res Audio dan 360 Reality Audio.

Spesifikasi Sony Xperia 10 II

Beralih ke versi yang lebih murah, Sony Xperia 10 II kini hadir dengan layar OLED 6 inci 21:9, tak lagi IPS seperti pendahulunya. Ditenagai Qualcomm Snapdragon 665, RAM 4GB serta memori 128GB, ponsel ini juga dibuat tahan air dengan sertifikasi IP65/68. Mengingat dimensi layar lebih kecil, kapasitas baterainya hanya 3600 mAh saja.

Di sisi belakang, terdapat kamera ultra-wide angle 8MP, wide-angle 12MP dengan PDAF, dan kamera telefoto 2x beresolusi 8MP. Setup kameranya terlihat lebih sederhana, meski ponsel ini juga mendukung Hi-Res Audio. Oh ya, kedua ponsel memiliki sensor sidik jari yang menyatu pada tombol power di sisi kanan, khas Xperia lainnya.

Max menambahkan, sensor kamera utama yang digunakan oleh Sony Xperia 1 II sama seperti Samsung Galaxy S20, yaitu Sony IMX 555. Akan menarik apabila keduanya dikomparasi, mengingat sebagai produsen sensor kamera, Sony seharusnya dapat mengoptimalkan sensornya sendiri dengan lebih baik. Untuk informasi mengenai harga dan spesifikasi lebih lengkapnya, kita nantikan pengumuman resminya ya, Gizmo lovers!