alexa

Luna G9, Smartphone Sejutaan dengan Layar Infinity-O & Tiga Kamera AI

Jakarta, Gizmologi – Selain vendor global yang memang lebih dikenal masyarakat, vendor smartphone lokal juga tak mau kalah dalam menawarkan produk terbarunya sepanjang 2021. Di awal bulan Agustus ini, merek Luna kembali tawarkan opsi smartphone Android terjangkau. Lewat seri Luna G9 yang punya spesifikasi cukup menarik.

Sedikit flashback untuk mengingat asal-usulnya, merek Luna sendiri sudah ada di Korea Selatan sejak 2015. Di Indonesia sendiri, Luna berada di bawah naungan perusahaan induk yang sama dengan Evercoss. Sempat merilis beberapa seri produk baik kelas entri maupun menengah. Termasuk Luna Simo G50 yang meluncur dengan teknologi virtual SIM card.

Kemudian di Juli 2020, Luna X Pro diluncurkan dengan kisaran harga yang tak jauh berbeda, alias masih kurang dari Rp1,5 juta. Perangkat tersebut unggulkan tiga kamera utama yang dilengkapi dengan kemampuan AI, serta prosesor Helio P22 yang dianggap unggul di kelasnya.

Baca juga: LUNA X PRO Andalkan 3 Kamera dan Chipset Helio P22, Harga Rp1,4 Jutaan

Kini di pertengahan tahun 2021, Luna mencoba untuk terus kompetitif lewat Luna G9. Telah dipasarkan sejak awal Agustus, Suryadi Willim selaku Marcomm Manager Luna Indonesia mengklaim bila seri terbaru ini telah berhasil mendapat sambutan luar biasa dari konsumen Tanah Air.

Spesifikasi Luna G9

Luna G9

Secara tampilan, Luna G9 memang sudah terlihat cukup modern. Bodi belakangnya gunakan permukaan matte bebas sidik jari dengan pola bergaris dan aksen dua warna. Aksen serta modul kameranya mengingatkan kami pada smartphone kelas menengah yang cukup berkualitas tahun lalu, yaitu realme 7 Pro.

Belum ditemukan adanya sensor sidik jari pada smartphone Luna sejutaan ini. Namun setidaknya, pada bagian depan layar Luna G9 sudah mengusung desain kamera swafoto modern berjenis punch-hole. Bezelnya juga dibuat cukup tipis. Layar Infinity-O tersebut punya lebar 6,39 inci, beresolusi HD+ dan sudah gunakan panel IPS.

Luna G9

Layar besar pada smartphone ini juga sudah diimbangi dengan kapasitas baterai relatif besar di 4,500 mAh. Yang tak kalah menyenangkan, port yang digunakan bukanlah micro-USB, namun sudah USB-C. Tentunya juga sudah didukung fitur USB OTG untuk kemudahan transfer data.

Selain kamera 5MP di depan, di belakang disematkan sensor utama 13MP yang ditemani dua kamera AI lainnya—Advan sendiri tak menyebutkan secara gamblang fungsi dari masing-masing sensor tersebut. Untuk menyimpan hasil fotonya, disiapkan penyimpanan internal berkapasitas 32GB.

Luna G9 Sudah Jalankan Android 11

Luna G9

Urusan dapur pacu, Luna percayakan chip SC9863A dari Unisoc yang sudah pakai konfigurasi CPU octa-core. Cip tersebut dipasangkan dengan RAM 4GB yang cukup lega di kelasnya. Setidaknya memudahkan kinerja prosesor yang memang tidak ngebut, untuk jalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Sudah jalankan Android 11, Luna G9 juga punya dua slot kartu SIM yang mendukung dual 4G serta voice over LTE atau VoLTE. Fitur Radio FM juga tak lupa absen pada smartphone Android terjangkau satu ini, untuk menikmati musik secara luring.

Hadir dalam dua opsi warna (grey & blue), Luna G9 sudah tersedia di sejumlah situs e-dagang ternama Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Perangkat ini dijual dengan harga resmi Rp1,299 juta saja.

Tinggalkan komen