Surface Duo 2 Mendukung 5G, Kini dengan Tiga Kamera Utama

Jakarta, Gizmologi – Pada akhir tahun 2019 lalu, Microsoft sempat memperkenalkan dua produk terbarunya yang hadir cukup ambisius, memiliki mekanisme dua layar lipat. Surface Duo hadir bawa banyak kekurangan, sementara Surface Neo batal rilis. Dua tahun kemudian, kini hadir Microsoft Surface Duo 2 yang tampil jauh lebih sempurna.

Dalam gelaran acara yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (22/9) malam, Microsoft perkenalkan total 8 produk terbarunya. Menjadi yang paling kompak nan mahal, Surface Duo 2 adalah jawaban dari perusahaan asal Amerika Serikat ini, sebagai smartphone yang mendukung produktivitas cukup tinggi berkat fitur yang dibawanya.

Berbeda dengan saat diluncurkan pertama kali, Microsoft cukup pede untuk perkenalkan seri mini tablet ini bukan sebagai companion atau pelengkap, melainkan benar-benar memiliki fungsi utama nan esensial. Berkat penggunaan chipset kencang, dukungan 5G, setup kamera lengkap serta layar yang mendukung input stylus.

Baca juga: Lima Fitur Baru Windows 11, OS Terbaru Microsoft Untuk PC

Kaca Luar Dalam Terlapisi Gorilla Glass

Microsoft Surface Duo 2

Ya, desain dari Surface Duo 2 ‘terpaksa’ menjadi sedikit berbeda. Dengan modul kamera yang menonjol pada bodi luarnya, saat diputar 360 derajat, dua bagian tak bisa menempel secara sempurna seperti tahun lalu. Meski begitu, ketika dibuka, perangkat ini sangat tipis di 5,5mm saja. Sementara bobotnya mencapai 284 gram.

Bodi luarnya gunakan material kaca dengan Gorilla Glass 5, sementara di dalam, digunakan kaca yang lebih kuat lewat proteksi Gorilla Glass Victus. Hal tersebut krusial, karena layar bagian dalam Surface Duo 2 kini mendukung input stylus, serta punya sudut lengkung di bagian tengahnya. Di mana dalam posisi tertutup, lengkungan tersebut bisa berikan notifikasi penting maupun indikator petunjuk lainnya, bukan sekadar kosmetik saja.

Microsoft Surface Duo 2

Lalu bagaimana dengan spesifikasi layarnya? Masing-masing punya ukuran 5,8 inci AMOLED, yang bila digabungkan mencapai 8,3 inci. Layar tersebut kini sudah mendukung refresh rate 90Hz (adaptif), mendukung konten HDR serta standar warna 100% sRGB maupun DCI-P3. Microsoft juga tingkatkan software-nya agar dapat maksimalkan dua layar sekaligus.

Setup kamera baru di bodi luarnya dilengkapi tiga sensor mumpuni; sensor utama 12MP f/1.7 dengan Dual Pixel PDAF & OIS, telefoto 12MP f/2.4 dengan 2x zoom & OIS, serta ultra wide-angle 16MP f/2.2 yang mampu koreksi distorsi otomatis. Perekaman videonya sendiri mampu hingga resolusi 4K 60fps.

Harga Surface Duo 2 Masih Tergolong Mahal

Microsoft Surface Duo 2

Performa yang diklaim jauh lebih kencang dihadirkan lewat penggunaan chipset Snapdragon 888, dipasangkan dengan RAM 8GB LPDDR5 plus penyimpanan internal 128/256/512GB. Sensornya bertambah dengan adanya NFC, plus dukungan kartu nano SIM & eSIM.

Layar Surface Duo 2 bakal mendukung semua stylus rilisan Microsoft untuk seri Surface lainnya. Sementara untuk baterai, kapasitas 4,449 mAh di dalamnya sudah cukup untuk penggunaan sepanjang hari, atau 15,5 jam memutar video dan 28 jam menelepon.

Walaupun secara fungsi dan performa tak sebanyak Surface Pro 8, jangan kaget bila harganya cukup jauh lebih mahal ya. Mulai tersedia pada 21 Oktober mendatang, konsumen bisa memilih dua warna (Glacier & Obsidian), dengan banderol harga mulai USD1,499 atau sekitar Rp21 jutaan.

Tinggalkan komen