vivo V21e 5G Hadir di India, Usung Dua Kamera Belakang & Cip Dimensity 700

Pada pertengahan tahun 2021 ini, vivo nampaknya telah menyiapkan seri smartphone mid-range mereka lebih banyak dari biasanya. V21 series kini diperkuat dengan jaringan 5G, meski varian 4G-nya juga masih ada. Namun tak hanya dua itu saja, vivo V21e 5G kini juga baru saja diresmikan di India.

Perlu diketahui, pada beberapa wilayah luar negeri, vivo V21 4G yang hadir di Tanah Air diberi nama vivo V21e. Sementara yang baru diresmikan kali ini punya desain dan spesifikasi yang juga berbeda, tak sekadar ditambah jaringan 5G saja. Huruf “e” melambangkan edisi sederhana, dan memang benar adanya.

vivo V21e 5G mengusung setup kamera lebih sederhana. Namun pada satu bagian, justru lebih superior bahkan bila dibandingkan dengan vivo X60 Pro sekalipun. Desain secara keseluruhan masih serupa dua saudara lainnya. Memiliki ketebalan hanya 7,67mm dengan bobot 165 gram. Hanya modul kameranya yang disesuaikan, mengingat hanya ada dua senor kamera belakang.

Baca juga: vivo Indonesia Beri Jaminan Smartphone Berkualitas Produksi Lokal

Spesifikasi vivo V21e 5G

vivo V21e 5G

Bagian depannya sendiri terlihat sama persis dengan vivo V21 varian standar. Layarnya memiliki luas 6,44 inci dengan panel AMOLED beresolusi full HD+. Tak dihemat, sensor sidik jari tetap dibenamkan di balik kaca depannya. Sementara refresh rate masih sebatas 60Hz saja. Tanpa ada informasi proteksi tambahan.

Menjalankan chipset MediaTek Dimensity 700, vivo V21e 5G juga mendukung teknologi Extended RAM terbaru. Proses multitasking bakal berjalan lebih lancar, berkat kapasitas RAM 8GB plus virtual RAM 3GB yang diambil dari penyimpanan internal, berukuran 128GB. Sehingga secara performa, seharusnya masih tetap kencang layaknya varian yang lebih mahal.

Sektor kamera termasuk yang mendapatkan penyederhanaan, di mana pada bodi belakangnya hanya didapati dua sensor saja. Baik sensor utama dan ultra wide-angle masih sama, masing-masing beresolusi 64MP & 8MP. Tanpa adanya sensor makro, hasil olah efek potret sepenuhnya dilakukan menggunakan kemampuan software.

Sementara pada bagian depan, besaran megapikselnya juga tak sebesar dua saudara yang telah rilis sebelumnya, namun masih cukup besar di 32MP, tanpa autofokus maupun OIS. Fitur kameranya sendiri masih lengkap, mulai dari Dual-View Video yang bisa tangkap momen dari kamera depan dan belakang, double exposure hingga AI Extreme Night untuk selfie di ruang gelap tanpa bantuan pencahayaan.

Punya Kelebihan Tersendiri dari Sang Flagship

vivo V21e 5G

Uniknya, teknologi fast charging pada vivo V21e 5G justru lebih superior dari sang flagship. Kapasitas baterai memang ‘hanya’ 4,000 mAh. Namun dengan FlashCharge 44 watt, proses pengisian daya 72% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Dibuat cocok untuk para pemain gim, Funtouch OS 11.1 berbasis Android 11 pada vivo V21e 5G mendukung teknologi Multi-Turbo plus Ultra Game Mode, mampu optimalkan performa hardware, mencegah munculnya notifikasi mengganggu selama bermain dan berikan pintasan khusus.

Sensor NFC belum tersedia pada smartphone vivo kelas menengah ini. Namun bagi mereka yang inginkan smartphone untuk nonton Netflix atau mendengarkan musik, bakal terasa cocok karena dukungan sertifikasi Widevine L1 serta Hi-Res Audio.

Harga vivo V21e 5G di India

vivo V21e 5G

Hadir dalam warna Sunset Jazz serta Dark Pearl, vivo V21e 5G dijual secara daring di India, melalui situs resminya, situs e-dagang Flipkart hingga Amazon. Hanya ada satu versi saja, dengan penyimpanan internal 128GB.

Harga resminya dibanderol INR24,990, atau sekitar Rp4,8 jutaan. Bila perangkat ini hadir di Tanah Air, tentunya bakal mengisi gap di antara vivo V21 4G dan V21 5G.

Tinggalkan komen