Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Penjualan Apple Watch Mengalahkan Samsung Gear S3

Padahal beberapa produk sejenis menawarkan fitur yang diklaim tidak kalah canggih dari smartwatch ini.

0 1.738

Laporan penjualan perangkat wearable untuk kuartal pertama tahun ini baru saja dirilis. Dari sekian banyak pemain di segmen ini, Apple Watch berhasil menguasai pangsa pasar.

Meski sempat dikritik karena terlalu mahal dan bersifat ekslusif, ternyata tak mampu membendung pasar untuk membeli Apple Watch. Padahal beberapa produk sejenis menawarkan fitur yang diklaim tidak kalah canggih dari smartwatch tersebut.

Hal ini seperti terungkap dalam data yang dilansir Strategy Analytics yang dikutip Korea Herald, Minggu (25/6/2017), di mana menyebutkan bahwa Apple Watch telah mempertahankan posisinya di peringkat pertama untuk penjualan wearable. Adapun data tersebut berdasarkan perhitungan selama kuartal pertama tahun 2017 dengan periode Januari-Maret.

Ketika Apple Watch berhasil memuncaki penjualan wearable dengan penguasaan sebanyak 53%, Samsung Gear S3 berada di posisi kedua dengan persentase sebanyak 12,8%. Dengan fakta ini berarti pertarungan Apple-Samsung tidak hanya terjadi di segmen smartphone saja, tetapi juga smartwatch.

Selain itu, FitBit yang disebut-sebut sebagai produsen wearable paling menjanjikan justru harus mengakui popularitas Gear S3, di mana brand ini berada di peringkat ket-3 dengan persentase banyak 12,2%. Faktor lambatnya memasuki pasar juga disebut-sebut kenapa brand tersebut harus kalah dari Samsung.

Diluncurkan November tahun lalu, kehadiran Samsung Gear S3 memang cukup memanaskan persaingan di pasar wearable. Dengan pembaharuan fitur yang lebih baik dari generasi sebelumnya, yakni fungi pembayaran elektronik, built-in GPS, dan baterai yang lebih tahan lama, tampaknya jagoan terbaru Samsung ini memang memiliki potensi besar di pasar.

Samsung Gear S3
Samsung Gear S3, pesaing berat Apple Watch?

 

Namun dari data pengapalan justru menunjukan angka yang berbeda. Berdasarkan data industri, Apple Watch masih menguasai pasar dengan persentase sebesar 16%, disusul dengan Xiaomi yang merilis Mi Band 2 dengan angka 15,5%, dan FitBit di posisi ke-3 dengan penguasan pasar 12,3%.

Meskipun segmen wearable terbilang masih baru dan belum banyak pemain utama, tapi bukan berarti belum terlalu dini buat mengklaim siapa saja penguasanya. Seperti halnya di segmen smartphone, Apple tampaknya telah berhasil menguasai segmen ini.

Tinggalkan komen