Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Bocoran Spesifikasi & Desain Smartband OnePlus Band

0 445

Tahun 2020 adalah masanya di mana para produsen smartphone berlomba untuk perlebar sayapnya, merilis beragam perangkat aksesori berjenis wearable untuk lengkapi ekosistem produknya. Mulai dari realme, OPPO hingga vivo, semuanya telah merilis wearable-nya masing-masing di Tanah Air. Yang bakal menyusul nanti adalah saudaranya, lewat smartband bernama OnePlus Band.

Ya, masih berada dalam satu induk perusahaan yaitu BBK Corporation, OnePlus jadi yang paling terakhir untuk rilis perangkat wearable yang berbentuk sejenis smartband maupun smartwatch. Rumor akan jenis perangkat ini dari OnePlus sendiri memang sudah beredar lama, namun baru sekarang, OnePlus perlihatkan teaser secara resmi.

Baca juga: OnePlus 8T Concept Miliki Lapisan Bodi Khusus, Bisa Ganti Warna

OnePlus Band Bakal Hadir Saingi Xiaomi Mi Band

Selain rilis smartphone flagship, kini OnePlus memang juga sudah merambah ke beragam segmen kelas smartphone lainnya. Semua dimulai dari kehadiran OnePlus Nord, yang kemudian hadir dua seri Nord lainnya dengan harga yang paling terjangkau gunakan Snapdragon 460. Untuk OnePlus Band sendiri, dikabarkan mereka targetkan untuk menyaingi Mi Band milik Xiaomi.

OnePlus Band sendiri diperlihatkan lewat sebuah gambar berupa siluet, diunggah di akun Facebook dan Twitter resminya pada 4 Januari kemarin. Dalam foto tersebut, OnePlus sebutkan tagar “the new face of fitness”, yang sepertinya bakal difokuskan untuk temani penggunanya beraktivitas hingga olahraga. Hanya itu saja yang diperlihatkan oleh OnePlus sementara ini.

OnePlus Band bakal dirilis pertama kali di India, dengan berikan beberapa kesempatan bagi konsumennya untuk memenangkan perangkat ini lewat serangkaian kuis. Sama seperti perangkat-perangkat aksesori dari OPPO dan realme, jelang peluncuran, spesifikasi hingga foto desainnya pun sudah beredar di internet. Dengan kata lain, tinggal menunggu peluncuran dan harganya saja.

Spesifikasi & Desain OnePlus Band

OnePlus Band

Bersamaan pada hari di mana OnePlus perlihatkan smartband pertamanya, pembocor informasi terkenal di media sosial Twitter, Ishan Agarwal berikan fitur kunci lengkap yang bakal dimiliki oleh OnePlus Band. Dari spesifikasi tersebut, perangkat ini memiliki kelengkapan fitur yang cukup kompetitif, dengan perkiraan harga yang juga atraktif.

Layar OnePlus Band sendiri berukuran 1,1 inci, cukup besar untuk ukuran sebuah smartband, dan sudah gunakan panel AMOLED. Layar ini sudah mendukung input sentuh untuk memudahkan navigasi antar menu, bergulir dari satu mode olahraga ke mode kesehatan lainnya.

OnePlus Band bakal mendukung 13 rangkaian jenis olahraga, meski belum diketahui apa saja yang didukungnya. Sementara untuk fitur pelengkap kesehatan lainnya pun lengkap, termasuk sleep tracking, monitor denyut jantung otomatis sepanjang hari, serta pengecekan kadar saturasi oksigen dalam darah atau SpO2.

Dipastikan bila smartband ini bisa dipakai untuk berenang, karena sudah mengantongi sertifikasi IP68 tahan air. Daya tahan baterainya sendiri juga cukup lama, hingga 14 hari pemakaian. Perkiraan harga? INR2,499, atau sekitar Rp400 ribuan saja.

Selain spesifikasi, tampilan desainnya pun juga sudah sangat lengkap disediakan oleh Mukul Sharma. Terlihat bila smartband pertama OnePlus tersebut bakal gunakan strap berbahan silikon dengan beragam opsi warna. Desainnya sendiri terlihat mirip seperti Samsung Galaxy Fit 2, yang secara harga tidak terlampau jauh.

Sebelumnya, OnePlus sempat beredar resmi di Indonesia. Namun ketika peraturan TKDN diresmikan, mereka memutuskan untuk mundur dan merilis OnePlus X sebagai smartphone resmi terakhir. Berbeda dengan smartphone, OnePlus Band seharusnya bisa masuk ke Indonesia dengan lebih mudah. Apakah Gizmo friends tertarik membelinya?