Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Smartwatch Futuristis, Amazfit X Sudah Bisa Dipesan di Indiegogo

0 2.633

Familiar dengan produk Amazfit? Kalau kamu senang mengikuti perkembangan produk jam tangan pintar (smartwatch) atau pun gelang pintar (smartband), pasti sudah tahu dengan lini produk wearable satu ini. Amazfit adalah seri perangkat wearable rilisan Huami Technology, sebuah perusahaan yang didukung oleh Xiaomi. Kali ini, mereka telah mulai menjual sebuah smartwatch layar lengkung, Amazfit X di Indiegogo.

Amazfit X pertama kali diperkenalkan pada gelaran IFA tahun lalu, sebagai perangkat konsep yang akan segera dirilis. Desainnya terlihat sangat futuristik layaknya perangkat yang mungkin hanya bisa kamu lihat pada tontonan film sci-fi beberapa tahun lalu. Layarnya dibuat benar-benar melengkung, dan tanpa tombol fisik sama sekali.

Baca juga: Smartwatch Amazfit Verge Hadirkan Alexa Sebagai Asisten Digital

Spesifikasi Huami Amazfit X

Meski secara desain fisik terlihat seperti smartband, Huami mengkategorikan perangkat terbarunya ini sebagai smartwatch. Mungkin karena dimensi layarnya yang memang jauh lebih besar di 2,07 inci. Hal tersebut dimungkinkan berkat layar lengkung 92 derajat, sudut yang dinilai nyaman dan sesuai dengan pergelangan tangan. Layar besar juga membuat perangkat ini dapat menampilkan lebih banyak informasi, termasuk notifikasi pesan agar lebih mudah terlihat.

Huami menjelaskan bahwa pembuatan layar curved glass pada Amazfit X melalui banyak proses yang detail, mulai dari pemanasan suhu hingga 700 derajat celcius, baru kemudian melewati enam tahap pembengkokan sampai meraih sudut lengkung yang pas. Bodinya terbuat dari material titanium alloy, sementara kacanya terlapis Corning Gorilla Glass 3 serta lapisan anti-fingerprint agar tak mudah kotor.

Ya, Amazfit X tak dilengkapi tombol sama sekali. Sebagai pengganti, di sisi kanan bodi terdapat permukaan yang bisa disentuh (pressure buttons), plus memberikan getaran natural layaknya menekan sebuah tombol. Pengguna dapat mengakses berbagai macam fitur seperti remote control, kadar tingkatan stres sampai data kesehatan.

Perangkat ini mampu deteksi detak jantung otomatis, lewat BioTracker PPG optical sensor yang dikembangkan oleh Huami sendiri untuk tingkat presisi data akurat. Data detak jantung tersebut akan dikategorikan sesuai zona. Selain itu, Amazfit X juga bisa ukur kadar oksigen dalam darah lewat sensor SpO2. Plus sensor GPS serta ketahanan air hingga 5 ATM

Baterainya sendiri berkapasitas 200 mAh. Huami mengklaim Amazfit X sanggup digunakan hingga 7 hari pemakaian dalam sekali charge lewat charger magnetik. Karet atau tali strap-nya juga bisa diganti sesuai selera. Jam ini juga dilengkapi sembilan mode olahraga yang bisa dipilih oleh penggunanya, seperti berjalan, berlari, olahraga dalam ruangan, berenang dan lainnya.

Amazfit X Dijual di Situs Crowdfunding, Indiegogo

Amazfit X

Saat ini, Huami Amazfit X telah dijual melalui situs crowdfunding, Indiegogo, dengan harga perkenalan yaitu USD149 atau setara Rp2,2 jutaan. Hingga saat ini, pembelian telah mencapai nilai hampir USD900 ribu, dari target fleksibel yang awalnya hanya USD20 ribu.

Memasuki tahap produksi, pembeli ditargetkan akan mendapatkan Amazfit X pada Agustus 2020 mendatang. Jika nantinya tersedia secara global termasuk di toko ritel Xiaomi, tidak menutup kemungkinan perangkat ini juga tersedia di Indonesia. Mengingat salah satu smartwatch terpopuler mereka, Amazfit Bip, juga tersedia di seluruh Mi Store di Indonesia, sebagai aksesoris yang cocok untuk smartphone Xiaomi.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID