Smartwatch TicWatch Pro 3 Ultra GPS Hadir Bawa Dua Layar Berwarna

Jakarta, Gizmologi – Meski Samsung sudah merilis smartwatch terbaik versinya di 2021 sembari menggandeng Google untuk integrasi yang lebih jauh, tak menurunkan semangat vendor lain untuk rilis jam tangan pintar berbasis Wear OS versinya. Termasuk TicWatch Pro 3 Ultra GPS yang baru saja diresmikan beberapa hari lalu.

Sesuai namanya, perangkat ini hadir sebagai penerus dari seri yang diluncurkan di akhir tahun 2020. Meski sejatinya tak banyak peningkatan yang dibawa, sehingga lebih pas kalau dianggap sebagai penyegaran saja. Situasi yang sulit pula bagi vendor selain Samsung, karena masih masuk ke masa transisi ketersediaan Wear OS 3.0.

Berkat kerja sama eksklusif bersama Samsung, hanya jam tangan rilisan mereka saja yang baru bisa gunakan sistem operasi terbaru tersebut. Sementara TicWatch Pro 3 Ultra GPS ‘tertahan’ dengan Wear OS 2.0. Setidaknya dijanjikan pembaruan tahun depan, sementara fitur lainnya bisa jadi daya tarik tersendiri bagi yang meliriknya.

Baca juga: TicWatch E3, Smartwatch Termurah dengan Snapdragon Wear 4100

Layar FSTN TicWatch Pro 3 Ultra GPS Kini Dilengkapi 18 Warna

TicWatch 3 Pro Ultra GPS

Dengan internal yang tergolong mirip, bagian desain luarnya diberi sedikit peningkatan. Desain bezelnya sedikit diubah, memiliki aksen garis yang senada dengan tombol dan strap. Dengan bodi jam berbahan metal, strap dari TicWatch Pro 3 Ultra GPS punya diameter 22mm, gunakan material karet yang diklaim cukup kuat. Bahkan hadir mengantongi sertifikasi MIL-STD-810G.

Nah, peningkatan pertama bakal langsung terlihat pada bagian layarnya. Panel utamanya sama-sama berdiameter 1,4 inci, dengan bahan AMOLED. Layar sekunder yang berada di atasnya pun juga gunakan panel FSTN dengan konsumsi daya rendah—kali ini TicWatch Pro 3 Ultra GPS memiliki pengaturan warna tambahan.

TicWatch 3 Pro Ultra GPS

Tak hanya dapat tampilkan informasi data dengan warna hitam putih, latar dari layar sekunder TicWatch Pro 3 Ultra GPS bisa diubah ke 18 warna berbeda. Informasi seperti waktu, tanggal, jumlah langkah sampai status olahraga saat ini bisa ditampilkan tanpa harus menyalakan layar AMOLED utama. Daya tahan baterainya pun masih diklaim sama.

Kapasitas yang masih sama di 577 mAh membuat TicWatch Pro 3 Ultra GPS diklaim bisa bertahan hingga 72 jam penggunaan dalam Smart Mode. Sementara dengan mode Essential, bisa bertahan sampai 45 hari—cocok ketika harus menggunakan smartwatch dan jauh dari colokan listrik.

Fitur Kesehatan Lengkap, Harga Rp3 Jutaan

TicWatch 3 Pro Ultra GPS

Fitur kesehatannya juga ditambahkan, di mana TicWatch Pro 3 Ultra GPS kini mampu mendeteksi denyut jantung yang tidak beraturan (IHB) dan AFib, berikan notifikasi bila terlalu tinggi, terlalu rendah dan kurang teratur. Termasuk metode untuk mengecek kesehatan, tingkat energi tubuh, monitor stres dan lainnya. Juga punya sensor kompas, melengkapi 5 satelit GNSS dan lainnya.

Chipset-nya pun masih sama dengan generasi yang lalu, yaitu Snapdragon Wear 4100 dan belum seri 4100+, dipasangkan bersama RAM 1GB dan penyimpanan internal 8GB. Jenis olahraga yang bisa dideteksi TicWatch Pro 3 Ultra GPS bertambah, termasuk olahraga intensitas tinggi (HIIT), speak bola, tenis meja, basket dan lainnya.

Hadir sebagai versi baru, TicWatch Pro 3 Ultra GPS dijual dengan harga sama seperti generasi sebelumnya, yaitu USD299 alias Rp4,2 jutaan. Hanya tampil dalam satu varian warna (Shadow Black), generasi sebelumnya mengalami turun harga, kini hanya USD255 (Rp3,5 jutaan).

Tinggalkan komen