Tetris Effect: Connected Rilis untuk Playstation 4, Hadirkan Mode Cross-Platform!

Adakah di antara sobat Gizmo yang ketika melihat judul game Tetris Effect: Connected, malah menghadirkan nostalgia? Bila ya, mungkin kamu satu di antara banyak orang angkatan 90-an yang sempat merasakan hype game tetris. Zaman di mana permainan tetris yang hadir lewat perangkat handheld begitu populer di pelosok tanah air Indonesia. Meski kepopulerannya tergerus perkembangan game konsol, namun tetris tetap masih memiliki fans fanatik hingga kini bahkan setelah game tersebut berevolusi ke perangkat konsol modern.

Salah satu konsel modern yang kedatangan jadwal rilis di bulan Juli untuk sekuel Tetris Effect tersebut ialah Playstation 4. Sekuel yang sebenarnya tidak baru-baru sebab sebelumnya game ini telah muncul secara eksklusif pada konsol Xbox X|S di tahun 2020. Dan jauh ke belakang di tahun 2018, edisi perdana game ini sempat menjadi game eksklusif untuk Playstation 4.

Kabar baik yang mengikuti rilis game Tetris Effect: Connected di Playstation 4 ialah terbukanya peluang untuk memainkan game ini secara lintas platform (cross-platform). Mode permainan yang sudah jamak dilakukan pada industri game saat ini. Sehingga nantinya gamer antar platform dapat bermain bersama menggunakan Room ID yang disediakan. Dan cukup memasukan empat digit kode yang telah ditentukan.

Nantinya gamer Playstation 4 bisa mengunduh game ini secara gratis di Playstation Store mulai pekan depan hingga tanggal 5 Juli untuk edisi Beta. Dan edisi full version di akhir Juli nanti. Sementara jika hendak bermain multiplayer online, gamer tetap membutuhkan akses menggunakan Playstation Plus.

Baca juga: Review Modern Warships Sea Battle: Intensitas Pertempuran Bikin Nagih

Variasi Mode Permainan dalam Tetris Effect: Connected 

tetris effect
Variasi permainan dalam game ini dibuat serius untuk membawa kesenangan bagi gamer.

Game ini sendiri dikembangkan oleh perusahaan Jepang Monstar dan Resonair serta dipublikasikan oleh Enhance Game. Mereka begitu serius membuat sebuah game tetris yang berisi banyak mode permainan menarik. Membawa permainan tetris pada platform game ke tingkat yang – mungkin – belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Ada beberapa mode menarik pada Tetris Effect: Connected ini. Pertama tentu saja mode klasik yang menawarkan petarungan adu skor antar dua gamer secara bersamaan. Mode ini serup seperti versi game 8-bit dengan visualisasi sederhana, hanya fokus pada penyusunan kotak tetris agar menghasilkan skor tinggi.

Kemudian ada Zone Effect. Mode permainan yang menekankan pada penguasaan mekanisme waktu. ketika berhadapan dengan lawan, gamer yang memiliki kesempatan time-stopping berpeluang memenangkan permainan lebih cepat. Selain itu, kemampuan gamer untuk membaca strategi juga dapat membawa keuntungan tersendiri.

Terakhir tentu saja mode Connected yang jadi sub-judul dari game. Dibuat untuk bermain bersama hingga tiga hingga empat gamer sekaligus, mode ini bisa dibilang yang paling inovatif dan atraktif. Tiga gamer akan menghadapi satu bos dari A.I. atau yang dapat dikontrol pada event mingguan yang digelar selama 24 jam penuh. Mode ini memang hanya dapat dimainkan online saja.

Masih ditambah mode lain seperti spectator, PAL, dan slow-speed yang makin memperkaya variasi permainan tetris. Bagi gamer lawas yang sempat tumbuh dengan tetris, game ini jelas tidak boleh dilewatkan. Dan bagi gamer masa kini, tidak ada salahnya juga menjajal game legendaris ini. Oh iya, Tetris Effect: Connected ini juga kompatibel dengan konsol baru Playstation 5, lho.

Tinggalkan komen