Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia Merilis Smart TV 43″ 4K UHD, Didukung JBL & Dolby Audio

0 8.890

Ketika produsen yang lebih dikenal dengan produk smartphone mereka beramai-ramai rilis smart TV, Nokia turut berpartisipasi dengan merilis smart TV resminya. Nokia Smart TV 43 inci baru saja diperkenalkan di India.

Sebetulnya produk ini sudah mulai diperlihatkan sejak Maret lalu dari situs resmi Nokia di India, hanya saja peluncuran resminya sedikit mundur berkat adanya situasi lockdown di sana.

Perangkat ini sebenarnya dibuat oleh Flipkart, yang menggunakan brand Nokia sebagai persetujuan penggunaan lisensi. Jadi yah tidak seutuhnya dibuat dari Nokia atau HMD Global yang menjadi pemegang lisensi brand smartphone Nokia.

Namun fitur yang dibawa juga tak kalah menarik jika dibandingkan dengan smart TV dari Xiaomi maupun realme. Nokia Smart TV ini juga cocok untuk meramaikan pasar elektronik rumah yang peminatannya naik berkat adanya pandemi yang berlangsung saat ini.

Keunggulan Nokia Smart TV 43″

Nokia Smart TV

Sesuai dengan namanya, Nokia Smart TV dirilis hanya dalam satu varian, dengan dimensi layar 43 inci. Panel LED yang digunakan sudah beresolusi 4K UHD, sehingga konten yang ditampilkan terlihat tajam, dengan kecerahan sampai 300 nits dan refresh rate 60Hz. Bezel di keempat sisinya cukup tipis, dengan sebuah stand ”V-shaped fluid chrome” untuk menopang layar ketika diletakkan di meja.

Nokia Smart TV juga dilengkapi fitur Dolby Vision untuk tingkatkan kualitas gambar, serta mendukung Wide Colour Gamut demi akurasi warna yang lebih baik. Aspek rasionya 16:9, dengan viewing angle yang cukup lebar di 178 derajat. Nokia Smart TV 43 inci menjalankan sistem operasi Android TV berbasis Android 9 Pie, dan sudah dilengkapi ragam aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney+ dan tentunya YouTube.

Chromecast sudah tersedia secara built-in, sehingga kamu dapat mengirim konten atau cast layar dari smartphone secara mudah. Pengguna dapat menambahkan aplikasi lain melalui Google Play Store, disimpan ke penyimpanan internalnya yang berkapasitas 16GB. Remote perangkat ini juga sudah mendukung input suara untuk Google Assistant, memerlukan dua baterai AAA.

Smart TV Nokia ini ditenagai prosesor quad-core CA53 2GHz, digabungkan dengan chip grafis Mali-450 serta RAM yang cukup unik kapasitasnya, yaitu 2,25GB. Nokia dan Flipkart juga tak mengesampingkan fitur audio pada perangkat ini. Terdapat dua speaker yang masing-masing memiliki output 24 watt, dengan dukungan efek suara Dolby Audio, DTS TruSurround plus JBL Audio.

Untuk kelengkapan port, di bagian belakang Nokia Smart TV dapat ditemukan tiga port HDMI, dua port USB, output audio digital, input RF serta audio analog. Sementara di sektor konektivitas, dapat disambungkan ke Wi-Fi dengan frekuensi 2.4GHz plus Bluetooth 5.0.

Baca juga: realme Smart TV Hadir dengan Android TV & Empat Speaker Dolby Audio

Harga Nokia Smart TV 43″

Nokia Smart TV 43 inci

Nokia Smart TV 43 inci dijual seharga INR31,999, atau sekitar Rp6 jutaan. Penjualan dimulai pada 8 Juni mendatang, lewat platform e-commerce Flipkart. Harga ini tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan 4K TV milik Xiaomi dan realme. Namun juga fitur yang dibawa lebih banyak, seperti audio dan tampilan visual yang didukung oleh Dolby.

Flipkart saat ini memiliki hak eksklusif untuk menjual smart TV dari Nokia. Setiap pembelian produk ini, Flipkart berikan penawaran enam bulan gratis YouTube Premium. Masih belum ada informasi apakah Nokia Smart TV ini akan dijual di negara selain India, agar konsumen global dapat merasakan pengalaman menonton TV dari sebuah produk ber-merk Nokia.


Beli smartphone Nokia secara online di:

Shopee Eraspace Lazada Tokopedia.com