Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Skyworth S81 Pro, Smart TV dengan Spesifikasi Berstandar Gaming

0 1.986

Semua akan esport pada waktunya. Begitu ungkapan seorang rekan jurnalis terkait industri yang makin banyak membidik segmen gaming. Salah satu yang terbaru adalah di sektor televisi. Adalah produsen televisi asal China, Skyworth yang melihat potensi di segmen gaming tersebut. Mereka meluncurkan Skyworth S81 Pro sebagai televisi premium dengan spesifikasi berstandar gaming.

Bagi yang masih asing dengan merek ini, Skyworth adalah perusahaan elektronik asal China yang didirikan pada 1988 dengan kantor pusat di Shenzhen. Perusahaan ini diklaim menjadi top 5 untuk merek TV warna di dunia dan nomor satu untuk TV enterprise di China. Pada 2016, mereka membuat pabrik internasionalnya pertama di Indonesia, yang merupakan hasil akuisisi dari pabrik Toshiba di Cikarang.

Tony Wang, Chief Executive & President, SKYWORTH TV, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi (mengatakan prinsip utamanya ialah memberikan nilai tambah kepada para pelanggan. Dengan pengalaman dan keahlian selama lebih dari 30 tahun, Skyworth menjadi pihak terdepan yang mengembangkan berbagai teknologi dan layanan generasi baru.

“Skyworth S81 Pro adalah produk andalan dengan konfigurasi unggulan yang menyajikan pengalaman gaming dan tayangan terbaik. Ini sesuai dengan tekat untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan kehidupan para pelanggan melalui produk terkini yang bernilai tambah,” ujar Tony Wang.

Baca juga: TCL A3 Series, Android TV Murah dengan Fitur Melimpah

Fitur Canggih di Skyworth S81 Pro

Skyworth S81 ProSkyworth S81 Pro adalah TV premium dengan spesifikasi berstandar gaming yang menyajikan resolusi 8K. Didukung teknologi Crystal Motion OLED (CMO), Skyworth S81 Pro menjalankan interpolasi rangkaian video pada layar OLED 120 Hz 4K, serta menghasilkan pengalaman visual yang sangat jernih dan tanpa terpotong-potong. Meski refresh rate-nya 120Hz, tapi TV pintar ini bisa meniru refresh rate seperti layar 240 Hz. Produsen China memang jago untuk urusan tiru-meniru.

Dengan perangkat keras bawaan Wi-Fi 6, kinerja S81 Pro diklaim sangat cepat, yakni mencapai 9,6 Gbps. Hasilnya, pengguna mudah mengakses video internet 4K 120 FPS dan 8K 60 FPS. S81 Pro juga mendukung VRR (Variable Refresh Rate), dari porta hingga SoC dan layar TV. VRR secara otomatis menyesuaikan refresh rate pada layar TV dengan frame rate terinput secara seketika agar frame rate tetap optimal dalam berbagai jenis skenario gaming. Dengan demikian, gambar ditayangkan tanpa terpotong-potong dan tanpa jeda sehingga pengalaman gaming menjadi lebih lancar.

Lewat sejumlah teknologi AI mutakhir seperti pemindaian wajah dan deteksi adegan (scene detection), “4K AI Image Processing Engine” mempertajam, mencerahkan, serta meningkatkan mutu gambar secara seketika. S81 Pro memiliki fitur “3D LUT Original Film Colors” yang mempertajam dan menyempurnakan warna, saturasi, serta tingkat kecerahan gambar dengan teknik kalibrasi warna berstandar profesional. Dilengkapi pengaturan “20-Point White Balance”, S81 Pro mencapai Delta E 0.98, akurasi warna bertaraf profesional, serta menghadirkan seluruh visual pada layar TV Anda dalam warna yang seperti aslinya (trut-to-life color).

S81 Pro juga menjadi TV pertama buatan SKYWORTH yang menggunakan modul dasar OLED yang dikembangkan sendiri, lengkap dengan teknologi Crystal Sound OLED (CSO). Mampu memproduksi audio lewat getaran layar, teknologi CSO memperindah dan menyinkronkan audio dengan tayangan. Hasilnya, audio realistis muncul secara akurat. Di sisi lain, “Dolby Atmos Speaker System (DASS) 2.0.2” dan dua kanal CSO menghasilkan audio yang seakan-akan berasal dari atas. Dengan demikian, pengguna memperoleh pengalaman audio latar (surround-sound) terbaik yang sangat menghibur.

Ekosistem AIoT Berbasis Swaiot OS

SKYWORTH S81 Pro dilengkapi dengan rangkaian fitur yang meningkatkan konektivitas. Pabrikan ini juga terus memperluas aplikasi AIoT layar besar dan far-field cross-screen interaction. Turut dilengkapi Swaiot PANEL, S81 Pro bisa mengakses Swaiot OS buatan SKYWORTH.

ya, Skyworth S81 Pro ini tidak memakai sistem operasi Android TV seperti yang banyak dipakai oleh televisi modern saat ini. Mereka mengembangkan Swaiot OS sebagai ekosistem terbuka yang menjadikan TV sebagai pusat perangkat smart home. Pengguna juga dapat memakai fitur cross-screen connection dari SKYWORTH melalui Swaiot APP.

Lewat fitur ini, screen mirroring bisa dilakukan dalam seluruh skenario, dan pengalaman gaming tampil lebih baik bagi mobile gamer. Dengan TrensAI, smart home assistant dari SKYWORTH, S81 Pro secara canggih menyediakan respons 24/7 lewat far-field voice control demi memenuhi kebutuhan pengguna. Fitur tersebut turut didukung TrensAI Voice Assistant, TrensAI AOD (Always On Display), serta TrensAI EYE, kamera jenis pop-up AI.

SKYWORTH terus berinovasi dan memperluas lini produknya. Untuk melengkapi ekosistem Swaiot, SKYWORTH bermitra dengan Midea, JD.com, dan Huawei Cloud guna menawarkan lebih banyak solusi smart home. Produk TV SKYWORTH kini bisa tersambung dengan lebih dari 20 miliar perangkat smart home yang terdiri atas lebih dari 60 kategori produk.

Harga Skyworth S81 Pro

Berminat memilikinya? Skyworth S81 Pro hadir dalam dua ukuran yakni 55″ dan 65″. Tapi harap sabar dulu, karena televisi pintar ini baru akan tersedia di Tiongkok mulai 10 Agustus nanti. Masih belum ada informasi kapan perangkat ini akan bereadr di Indonesia.

Skyworth S81 Pro ukuran 55″ dibanderol dengan harga RMB 12.999 atau sekitar Rp27 juta. Sedangkan varian Skyworth S81 Pro ukuran 65″ tentu dipasarkan dengan harga yang lebih mahal lagi, yakni RMB 19.999 atau sekitar Rp41 juta. Jika melihat harga tersebut, masihkah tertarik untuk membelinya?