Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y30G, Smartphone Harga Rp3 Jutaan yang Masih Pakai Waterdrop Notch

0 4.145

Baru-baru ini, vivo telah meresmikan smartphone kamera terbaiknya yaitu vivo X60 series secara global, resmi berikan kesempatan masyarakat untuk menjajal kamera ZEISS tersebut. vivo Y72 5G juga hadir sebagai seri Y pertama yang mendukung teknologi 5G, dan kini ada vivo Y30G sebagai opsi paling murah terbaru dari vivo.

Dikutip dari Gizmochina, sejatinya ketiga perangkat ini hadir untuk pasar global secara bersamaan. Namun hanya dua seri pertama saja yang diberikan highlight, sementara vivo Y30G hadir lebih diam-diam, layaknya vivo Y20G yang hadir di India pada bulan Januari kemarin. Tidak mengejutkan, desain keduanya pun tampil mirip.

Seolah asal ada produk baru saja, demi memenuhi kebutuhan akan smartphone terjangkau yang tentunya bakal terus ramai peminat konsumen. Meski desainnya masih begitu-begitu saja, sejatinya tak ada yang salah dari bodi vivo Y30G yang tergolong ramping di 8,41mm ini. Sensor sidik jarinya pun sudah diletakkan di samping, sehingga bodi belakang terlihat lebih bersih.

Baca juga: vivo X60 Series Dikabarkan Siap Hadir di Indonesia 8 April Mendatang

Spesifikasi vivo Y30G

vivo Y30G

Meski, memang, ketika dilihat tampak depannya, tentu bakal sangat tertinggal bila dibandingkan kompetitor dengan segmen harga sama. Ketika smartphone terjangkau seperti Samsung Galaxy A11 sudah pakai punch hole, vivo Y30G masih mengusung desain layar waterdrop notch a-la smartphone Rp1,5 jutaan. Resolusi panel IPS-nya pun masih HD+, meski dimensinya luas di 6,51 inci.

Cip yang digunakan untuk berikan performa vivo Y30G adalah MediaTek Helio P65 octa-core. Seri cip tersebut didesain hemat daya, namun tidak spesial untuk generasi sekarang karena sudah dirilis sejak dua tahun lalu. Dipadukan dengan RAM 8GB LPDDR4x dan penyimpanan internal 128GB berjenis eMMC 5.1.

Setup kameranya pun tergolong biasa saja. Di depan disematkan sensor 8MP di dalam notch, sementara di belakang hanya ada dua sensor (meski terlihat seperti ada tiga di dalam modulnya). Selain sensor utama 13MP, ada sensor sekunder 2MP untuk bantu hasilkan efek potret. Ditemani lampu kilat pada bagian paling bawah.

Setidaknya, yang cukup menyenangkan, vivo Y30G sudah menjalankan tampilan antarmuka OriginOS terbaru layaknya flagship, dan sudah berbasis Android 11, di mana cukup jarang untuk smartphone kelas entri. Mendukung 4G VoLTE, Bluetooth 5.0, jack audio 3,5mm serta metode face unlock untuk dipasangkan dengan sensor sidik jarinya.

Baterai berkapasitas 5,000 mAh sudah cukup besar dan memenuhi standar smartphone terjangkau 2021, terutama sudah ditambah dukungan pengisian daya cepat 18W. Namun lagi-lagi, interface-nya masih menggunakan micro USB, di saat yang lain perlahan sudah beralih ke USB C.

Harga vivo Y30G

vivo Y30G

Dirilis lebih dulu di negara asalnya, vivo Y30G hadir di China dalam tiga varian opsi warna; Obsidian Black, Dawn White dan Aqua Blue. Hadir satu varian saja, harganya mencapai CNY1,499, atau sekitar Rp3 jutaan.

Di harga yang sama, Xiaomi berhasil membawa Redmi Note 10 yang bahkan sudah menggunakan layar AMOLED. Sementara OPPO lewat seri OPPO A54 bisa membawa layar punch-hole dan kamera lebih superior dengan harga lebih murah.

Tinggalkan komen