Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y20G, Smartphone Gaming Rp2 Jutaan dengan Helio G80

0 3.073

Secara total, vivo telah merilis lima smartphone kelas entri dalam nama seri yang sama. Dimulai dari vivo Y20, lalu Y20 (2021), Y20A, Y20i, Y20s, dan sekarang masih ada lagi. Ya, vivo baru saja merilis vivo Y20G di India, unggulkan kemampuan gaming dengan prosesor bertenaga.

Mungkin segmen ini memang begitu penting bagi vivo. Dan bila desain dari sebuah smartphone dirasa sudah cukup bagus, tak perlu mengubah desain eksterior mungkin ya. Pasalnya, keenam smartphone ini mengusung desain yang sangat identik atau bahkan sama persis. Baik desain kamera belakang sampai layar depan yang usung waterdrop notch.

Opsi warnanya saja yang dibuat sedikit berbeda, dengan dua pilihan warna yaitu Obsidian Black dan Purist Blue. Meski permukaannya terlihat mengkilap, material yang digunakan adalah plastik polikarbonat. Bodi belakangnya terlihat bersih, dengan sensor sidik jari menyatu bersama tombol power di sisi sebelah kanan smartphone. Bisa terbuka dalam waktu 0,17 detik saja.
Baca juga: vivo Y31s 5G Jadi yang Pertama Gunakan Chipset Snapdragon 480

Spesifikasi vivo Y20G, Punya Mode Gaming Khusus

vivo Y20G

Tentu saja, spesifikasi layar yang dimiliki oleh vivo Y20G persis dengan generasi-generasi sebelumnya. vivo menyebut layarnya sebagai Halo FullView Display, berdimensi 6,51 inci dengan resolusi HD+. vivo juga menyematkan teknologi Eye Protection Mode agar kesehatan mata pengguna tetap aman meski bermain gim berlama-lama.

Yang ditingkatkan, apabila dibandingkan dengan seri Y20 adalah performa serta memori yang diusung. vivo Y20G jadi yang paling bertenaga, gunakan chipset Helio G80 12nm dari MediaTek. Chipset dengan CPU octa-core 2GHz tersebut diklaim punya peningkatan performa 20%, dan kemampuan grafis 98% lebih baik dari Y20.

Imbangi prosesornya yang kencang, hadir RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. vivo Y20G juga dilengkapi dengan Ultra Game Mode, tingkatkan pengalaman gaming secara software. Ditambah dengan Multi Turbo 3.0 yang dibawa dari FunTouchOS 11.

Setup kameranya cukup sederhana. Tiga sensor kamera belakang miliki resolusi utama 13MP f/2.2, dengan dua sensor 2MP sebagai depth sensor dan kamera makro. Dan kamera depan 8MP untuk keperluan swafoto. vivo juga menambahkan fitur khusus untuk edit video secara mudah, langsung hasilkan format vlog menarik.

Kapasitas baterai 5,000 mAh pada vivo Y20G diklaim bisa digunakan hingga 10 jam untuk streaming konten video HD, atau 8 jam bermain gim secara intensif. Dengan dukungan fast charging 18 watt, mengisi daya hingga 70% memerlukan waktu 69 menit. Juga bisa digunakan sebagai powerbank lewat metode reverse charging.

Harga vivo Y20G

vivo Y20G

Keberadaan vivo Y20G sendiri cukup spesial di India, karena smartphone ini dirakit langsung dari pabrik lokal yang berlokasi di Greater Noida, menjadi bagian dari “Make In India” milik vivo. Harganya sendiri tergolong sedikit mahal, yaitu INR14,990 atau sekitar Rp2,8 jutaan.

Di Indonesia sendiri, ada dua smartphone cukup populer yang gunakan chipset Helio G80. Yaitu Inifinix Note 8 yang dipasarkan dengan harga Rp2,5 jutaan, serta Xiaomi Redmi 9 yang malah dijual tak sampai Rp2 juta.