Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

1 Tahun di Indonesia, 4 Miliar Musik Diputar di Spotify

Tak diragukan lagi, dari sekian banyak aplikasi musik streaming yang beredar saat ini, Spotify adalah yang paling populer.  Berdasarkan data dari MIDiA Resarch, hingga Desember 2016 jumlah pelanggan musik berlangganan di seluruh dunia mencapai 100,4 juta. Dari angka tersebut, Spotify mendominasi sebesar 43%. Di Indonesia sendiri, layanan tersebut juga sangat popuper. Bahkan Spotify Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat di Asia.

Dalam kurun waktu satu tahun sejak beroperasi di Indonesia, Spotify Indonesia saat ini sudah memainkan lebih dari 3.9 miliar lagu dengan waktu pemutaran lebih dari 11 miliar menit sejak peluncurannya tahun lalu. Hal ini diungkapkan oleh Sunita Kaur, Managing Director Spotify untuk Asia, saat jumpa pers 1 Tahun Spotify di Cloud Lounge, Jakarta (10/5).

“Kami sangat bersyukur atas animo positif para pengguna kami di Indonesia. Spotify menyajikan lagu dan musik Indonesia dari berbagai genre, daerah, dan generasi yang setara dengan lagu dan musik dari belantara dunia internasional lainnya; ini yang membuat kami menjadi favorit di sini,” kata Kaur.

Menurut wanita yang pernah menjabat sebagai direktur Facebook Asia ini, masyarakat Indonesia sangat menyukai lagu-lagunya, terutama jika tersedia di sebuah platform yang dapat mempertemukan masyarakat dan komunitas. “Kami ingin terus mengembangkannya, dan memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati lagu favoritnya, dan berkesempatan untuk mendapatkan lagu-lagu terbaru dari artis-artis lokal yang sedang naik daun,” ujarnya.

Sejak peluncurannya, Spotify Indonesia telah memperkenalkan berbagai fitur yang melengkapi kebiasaan para penggunanya di Indonesia. Sehingga mendorong mereka untuk terus mendengarkan lagu di Spotify sepanjang hari. Setiap orang dapat menikmati sesuatu yang berbeda, melalui fitur-fitur seperti Browse, Discover Weekly atau Daily Mix.

Related Posts
1 daripada 2

Dengan fitur-fitur ini, pengguna tidak hanya dapat menikmati lagu dan musik yang terdengar akrab bagi mereka saja, tapi juga dapay mendengar lagu dari artis dan genre yang baru dan berbeda. Tidaklah heran bila banyak yang menggunakan Spotify sebagai ajang untuk personalized discovery.

Sejak Januari 2017, lagu yang paling populer di Spotify Indonesia adalah Shape of You, yang dinyanyikan oleh Ed Sheeran, penyanyi paling populer di Spotify Indonesia. Sementara itu, playlist Top Hits Indonesia adalah salah satu playlist lokal yang paling sering diputar, diikuti dengan Hits Banget dan Kopikustik.

Walaupun Spotify adalah merk global, perusahaan ini juga mendukung industri musik tanah air. Spotify menampilkan musik lokal terbaik dari berbagai genre dan daerah, bersanding bersamaan dengan musik dari berbagai penjuru dunia. Sebagai contoh, Spotify Indonesia menampilkan cita rasa Indonesia yang unik di beberapa playlist seperti Kopikustik, Generasi Galau dan Mager Parah.

Sebagai bagian dari penyediaan konten lokal, Spotify Indonesia merangkul enam musisi baru di playlist Early Noise 2017. Mereka adalah Bakhes, Gloria Jessica, Maruli Tampubolon, Rendy Pandugo, Soundwave, dan Vira Talisa. Pihak Spotify yakin mereka siap mendobrak alur musik Indonesia dan mencatat namanya di industri musik di tanah air.

 

This post is also available in: enEnglish (English)