Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Acer TravelMate P2 & P4 Series, Laptop Bisnis dengan Prosesor Intel 11th Gen

0 3.611

Setelah perbarui lini laptop komersil yang ditujukan untuk pengguna masyarakat umum, Acer juga turut menghadirkan pembaruan pada seri lainnya. Kali ini ditujukan untuk seri TravelMate, hadir sebagai solusi para pebisnis yang selalu berpindah atau mobile. Membutuhkan sebuah laptop yang kuat, serta mudah untuk dibawa dari satu tempat ke lainnya.

Total ada tiga seri Acer TravelMate yang diperbarui, kini mengusung prosesor terbaru dari Intel Core, yaitu generasi ke-11 dengan opsi grafis Intel Iris Xe dan NVIDIA GeForce MX350. Sektor konektivitas juga diunggulkan, plus sertifikasi khusus yang menjamin laptop ini aman walaupun sering digunakan maupun terjatuh.

Ketiganya adalah Acer TravelMate Spin P4, TravelMate P4 serta TravelMate P2. Seluruhnya dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE dan telah mendukung eSIM, sehingga cocok bagi para pebisnis yang harus bepergian, agar dapat bekerja dengan terhubung langsung ke jaringan lokal. Perbedaan utama ketiganya hanyalah fleksibilitas penggunaannya saja.

Baca juga: Inilah Jajaran Laptop Terbaru Acer 2020 dengan CPU Intel Tiger Lake

Acer TravelMate Spin P4 Punya Layar Putar 360 Derajat

Acer TravelMate Spin P4

Lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (31/10), James Lin selaku Manajer Umum, Notebook, Bisnis Produk TI, Acer Inc menyebutkan bila kini semakin banyak orang yang bekerja di mana saja, di tempat-tempat selain kantor. Seri TravelMate terbaru ini dirancang untuk mengikuti tren bekerja di masa sekarang.

Sesuai namanya, Acer TravelMate Spin P4 punya desain layar yang bisa dibuka atau diputar hingga 360 derajat, sehingga bisa digunakan layaknya tablet. Mendukung input sentuh termasuk dari stylus Acer Active, layarnya sudah terlapis oleh Corning Gorilla Glass demi pencatatan bebas baret.

Tanpa embel-embel “Spin”, Acer TravelMate P4 hadir sebagai opsi lebih konvensional, dengan mekanisme clamshell biasa namun punya desain identik. Ketebalannya sama-sama kurang dari 18mm, sementara bobotnya hanya 1,45 kilogram (sedikit lebih ringan dari seri Spin P4 di 1,53 kilogram). Meski tipis, sudah mengantongi standar MIL-STD-810G.

Artinya, laptop terbaru Acer dapat mudah bertahan dalam situasi sehari-hari seperti terjatuh dan terbentur, termasuk keyboard-nya yang sudah spill resistant. Dengan prosesor terbaru dari Intel, terdapat opsi RAM hingga 32GB DDR4, 4-lance PCIe SSD dan penyimpanan 1TB M.2 SSD. Hanya dalam 60 menit, baterai terisi 80%.

Acer TravelMate P2 Lebih Sederhana, Port Lebih Lengkap

Acer TravelMate P2

Sementara Acer TravelMate P2 hadir sebagai opsi yang paling terjangkau, punya desain yang lebih sederhana lagi dengan ketebalan 20mm dan bobot 1,625 kilogram. Masih terhitung cukup ringan dan tipis, terutama untuk ukuran sebuah laptop kelas bisnis yang juga punya standar MIL-STD-810G.

Selain memiliki port Thunderbolt 4 dengan kecepatan transfer hingga 40Gbps, laptop yang satu ini punya port lain yang lebih lengkap. Di antaranya USB-C 3.1 Gen 1, USB-A 3.1 Gen 1 tiga buah, termasuk HDMI, VGA port hingga ethernet. Daya tahan baterainya diklaim hingga 13 jam masa pakai, sedikit lebih singkat dari seri P4 yaitu 15 jam.

Semua model hadir dengan Acer Office Manager untuk manajemen pengendalian jarak jauh. Dan untuk proses login yang lebih aman, tersedia opsi penggunaan Windows Hello dengan sensor kamera IR dan sensor sidik jari. Webcam pada Acer TravelMate seris juga sudah dilengkapi penutup internal, untuk privasi tingkat tinggi.

Harga Acer TravelMate Series Terbaru

Acer TravelMate Spin P4

Belum ada informasi mengenai harga resminya di Indonesia. Namun jika mengacu ke luar negeri, ketiganya sudah diperkenalkan di Amerika Utara dengan harga masing-masing USD 799 (Rp11,7 jutaan), USD 899 (Rp13 jutaan) & USD 999 (Rp14,6 jutaan).

Harga mahal tersebut dikarenakan daya tahan yang dibuat ekstra, sesuai kebutuhan data bisnis yang memang harus dijaga. Kalau dirasa terlalu mahal, Acer juga menyiapkan beragam seri lainnya seperti Swift series, atau Spin series yang juga punya mekanisme layar putar 360 derajat.