Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Android 11 Tersedia untuk Nokia 2.2 & 4.2, Menyusul Seri Lainnya

Ketika smartphone Android rilisan 2021 sudah hadir dengan perangkat lunak Android 11, pengguna seri lawas masih harus menunggu giliran untuk mendapatkannya lewat software update. Kalau pakainya seri entry-level, sih, jangan berharap banyak ya. Kecuali Nokia 2.2 & 4.2, yang baru-baru ini sudah mendapatkan update tersebut.

Ya, faktor pembaruan perangkat lunak rutin adalah diferensiasi menarik yang coba dihadirkan oleh HMD Global selaku pemegang lisensi merek smartphone Nokia. Meski, memang, spesifikasinya bukan yang paling unggul, mereka bisa berikan jaminan perangkat lunak dan pembaruan keamanan yang berkelanjutan. Mulai seri flagship hingga yang sejutaan sekalipun.

Nokia 2.2 sendiri awalnya juga dirilis sebagai smartphone kelas entri resmi di Indonesia. Hadir tak lama setelah Nokia 4.2 diresmikan, cocok bagi konsumen yang inginkan smartphone berdimensi kecil, namun tetap punya sensor lengkap seperti NFC. Pengguna kedua perangkat tersebut kini bisa sedikit jumawa, karena bisa menikmati pengalaman gunakan antarmuka Google terbaru.

Baca juga: Review Nokia 5.4: Unggulkan Fitur Keamanan dan Kamera Video Sinematik

Hadir Terlambat, Android 11 Menyusul di Banyak Seri Lainnya

Nokia Android 11 Update Timeline

Sejatinya, jadwal Nokia 2.2 & Nokia 4.2 mendapat pembaruan Android 11 sudah melewati yang seharusnya dijadwalkan dari HMD Global sendiri. Seperti yang terlihat pada skema di atas, di mana Nokia 2.2 dijadwalkan pada kuartal terakhir tahun lalu. Disusul dengan Nokia 4.2 di kuartal pertama 2021, yang seharusnya memiliki batas pada akhir Maret.

Selain kedua smartphone tersebut, Nokia 5.3 juga bakal kebagian Android 11. Sementara produk lainnya yang ada di dalam daftar adalah seri yang tidak tersedia secara resmi di Tanah Air. Yang sedikit unik, flagship terakhir Nokia, yaitu seri 9 PureView justru mendapatkannya terakhir di kuartal kedua. Mungkin karena teknis kameranya yang kompleks, ya.

Nokia 2.2

Sementara di unit Nokia 2.2 yang kami pegang, pembaruannya muncul secara langsung ketika mengakses menu System Update yang ada di dalam pengaturan. Ukurannya sendiri 1,28GB, sehingga pastikan untuk memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup ya. Proses pemasangannya sendiri tak terlalu lama, namun juga bergantung dari daftar aplikasi terpasang.

Dengan Harga Murah, Nokia 2.2 & 4.2 Jadi Opsi Menarik di 2021

Nokia 2.2

Selain membawa penutup celah keamanan terbaru, Android 11 juga berikan fitur baru seperti chat bubbles, serta fitur baru terkait perizinan. Pengguna bisa berikan izin sebuah aplikasi untuk akses lokasi smartphone dalam sekali waktu saja, tidak secara terus menerus. Performanya di Nokia 2.2 juga terasa sedikit lebih gegas, dengan efek animasi lebih singkat.

Hadirnya Android 11 di Nokia 2.2 & Nokia 4.2 tentu beri daya tarik tersendiri untuk kedua smartphone lawas ini. Dengan harga baru yang sudah berkisar Rp1,7 jutaan, Gizmo friends bisa mendapatkan sebuah smartphone dengan sistem operasi stock Android, dimensi kompak, serta baterai yang bisa dilepas lewat Nokia 2.2

Sementara Nokia 4.2 mengusung desain kaca depan belakang yang lebih premium, dan sudah dilengkapi dengan NFC, cocok untuk mereka yang tinggal di kota besar. Smartphone ini kini bisa ditemukan di situs e-dagang dengan harga baru mulai dari Rp2,1 jutaan.

Tinggalkan komen