Tidak Semua Aplikasi Android Bisa Berjalan di Windows 11

Washington, Gizmologi – Salah satu hal yang paling menyenangkan dari Windows 11 adalah dukungan terhadap Android. Tapi apakah semua aplikasi dari si “robot hijau” ini semuanya bisa berjalan di sistem operasi tersebut?

Tidak semudah itu, Ferguso! Google tidak akan membiarkan pengguna Windows 11 mendapatkan pengalaman penuh dari Google Play Store. Sebagai gantinya, kita bisa mendapatkan aplikasi berbasis Android dari Amazon Appstore.

Setidaknya, pada katalog aplikasi alternatif ini kita bisa mendapatkan aplikasi Android yang paling sering digunakan. Hanya saja, Microsoft belum siap untuk membiarkan siapapun menjalankan aplikasi Android dari Amazon di perangkat Windows 11.

Aplikasi Android Terbatas

Microsoft telah menjelaskan dalam blog-nya bahwa mereka telah berkolaborasi dengan Amazon dan Intel untuk meluncurkan versi awal dari pengalaman Android di Windows 11. Bagi PC yang telah lulus persyaratan perangkat keras untuk menjalankan sistem operasi ini harus mendaftar ke Windows Insider Program untuk menginstal aplikasi Android.

Setelah itu, harus masuk ke Beta Channel dan memilih Amerika Serikat sebagai negara tujuan. Itu artinya, kita memerlukan akses ke akun Amazon Amerika Serikat.

Windows 11 Amazon Appstore

“Hari ini kami mengumumkan preview pertama dari pengalaman aplikasi Android kami ke Windows Insider Program. Kami bangga memberikan pengalaman ini dengan mitra kami (Amazon dan Intel) kepada pengguna Beta Channel di Amerika Serikat pada pernagkat yang memenuhi syarat yang berjalan di platform Intel, AMD, dan Qualcomm,” demikian pernyataan Microsoft melalui blog-nya, Rabu (20/10/2021).

Dengan adanya kerja sama tersebut, Microsoft mampu menyediakan aplikasi berbasis Android terpilih di Microsoft Store. Mulai dari game berat hingga kasual, aplikasi pendukung produktivitas, media sosial, dan lainnya tersedia secara virtualisasi.

“Kami bisa dengan mudah menjalankan aplikasi ini secara berdampingan dengan bantuan fitur Snap Layouts terbaru yang disematkan ke menu Start dan Taskbar, dan berinteraksi dengannya melalui mouse, sentuhan, atau input pena. Aplikasi Android juga terintegrasi ke dalam tampilan Alt + Tab dan Task untuk membantumu berpindah secara cepat di antara aplikasi yang paling penting,” jelas Microsoft.

Yang patut dicatat, dengan menjalankan aplikasi Android di Windows 11 saat ini berarti kita hanya bisa menginstal 50 aplikasi dari Amazon Appstore. Meskipun pada toko aplikasi tersebut ada ratusan ribu aplikasi, namun program beta Windows 11 hanya menampilkan 50 aplikasi saja.

Tinggalkan komen