Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple Maps Tambahkan Fitur Pendeteksi Lokasi Vaksinasi Terdekat

0 845

Seperti halnya Facebook, Apple telah memperbarui fitur yang menyertakan lokasi vaksinasi Covid-19 di aplikasi Apple Maps. Berkolaborasi dengan VaccineFinder, layanan online gratis yang dikembangkan oleh Rumah Sakit Anak Boston untuk menyediakan ketersediaan vaksin terbaru bagi mereka yang memenuhi syarat di penyedia dan apotek di seluruh Amerika Serikat.

Pembaruan ini adalah upaya dari Apple untuk membantu pengguna menemukan vaksin dengan lebih mudah dan memberikan langkah tepat untuk melindungi kesehatan mereka. Pada informasi terbaru akan menyertakan berbagai hal seperti tempat tersedianya vaksin, informasi kontak, jam operasi, alamat, nomor telepon, tautan ke situs web penyedia, dan lembar perjanjian untuk divaksin.

Baca juga: Apple Podcast Tambahkan Koleksi Khusus yang Direkomendasikan Anak-Anak

Pengguna dapat menemukan lokasi vaksinasi  terdekat di Apple Maps dengan memilih Vaksin Covid-19 di menu temukan terdekat. Selain itu pengguna juga dapat menanyakan hal itu kepada Siri, asisten pribadi pintar milik Apple. Peluncuran awal akan mencakup lebih dari 20.000 lokasi, dengan Apple menambahkan lebih banyak situs dalam beberapa minggu mendatang.

Apple Maps Sediakan Info Lengkap Seputar Vaksinasi

Apple Maps
Memberikan informasi terkini terkait lokasi vaksinasi terdekat (Apple)

Bersama dengan data yang diberikan oleh VaccineFinder, penyedia layanan kesehatan, lab, atau bisnis lain dapat mengirimkan informasi tentang lokasi pengujian atau vaksinasi Covid-19 di halaman Apple Business Register. Setelah melakukan validasi, Apple akan menampilkan informasi tentang lokasi pengujian atau vaksinasi kepada orang-orang yang menggunakan layanan Apple seperti Apple Maps. Fitur penyedia layanan kesehatan di Apple Maps, baru akan tersedia di iPhone 12.

Saat ini, Apple Maps akan menampilkan modul Covid-19 pada kartu plakat bisnis untuk lebih dari 4.400 lokasi, memungkinkan pengecer untuk mengkomunikasikan informasi terkait Covid-19 kepada pelanggan mereka, seperti jam belanja khusus. Pada tahun lalu, Apple memperbarui Apple Maps untuk menampilkan situs pengujian Covid-19 di beberapa negara seperti, Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Jepang, Belanda, Selandia Baru, Portugal, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Amerika Serikat.

Memberikan Panduan Pengguna Menuju Tempat Vaksin

Vaksinasi
ilustrasi vaksinasi

Tak hanya membantu pengguna menemukan situs pengujian dan lokasi vaksinasi terdekat, Siri dapat dengan cepat mengidentifikasi pilihan kuliner di luar ruangan atau memberikan daftar restoran terdekat. Siri Audio Briefs membantu pengguna menerima berita dan informasi terbaru tentang pandemi melalui podcast singkat dari penyedia berita terpercaya.

Disamping itu, Siri juga dapat memberikan panduan serta sumber daya dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit dengan bertanya, “Bagaimana saya tahu jika saya terkena virus corona?” Selain itu, perusahaan telah merilis alat tren data mobilitas dari Apple Maps untuk mendukung pekerjaan berdampak yang terjadi di seluruh dunia untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Baca juga: Apple dan Huawei Siap Bersaing Kembangkan Mobil Listrik

Data mobilitas ini dapat memberikan wawasan yang berguna bagi pemerintah daerah dan otoritas kesehatan, sebagai dasar untuk kebijakan publik baru dengan menunjukkan perubahan volume orang yang mengemudi, berjalan kaki, atau naik angkutan umum di komunitas mereka.

Tinggalkan komen