Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Paparkan Benefit Teknologi 5G pada Galaxy S21 Series

0 3.854

Meski jaringan 5G belum tersedia secara resmi di Indonesia, sejatinya perangkat yang sudah mendukung konektivitas masa depan tersebut sudah tersedia di pasaran. Samsung termasuk ke dalam salah satunya, lewat lini flagship Galaxy S21 series 5G yang sudah diluncurkan pada awal tahun ini.

Mulai dari Galaxy S21, Galaxy S21 Plus hingga Galaxy S21 Ultra, ketiganya masuk ke Tanah Air membawa dukungan 5G yang digadang bakal menjadi “the next frontier” dalam industri telekomunikasi global. Walaupun, memang, benefit tersebut belum bisa dinikmati di Indonesia. Namun tak lantas membuat konsumen tidak atau belum disarankan untuk membeli perangkat yang sudah mendukung 5G.

“Seperti halnya 5G bagi industri telekomunikasi, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy S21 series 5G, terutama varian S21 Ultra 5G untuk memungkinkan para pengguna mengintip ke masa depan,” kata Taifiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia dalam sebuah workshop daring, Selasa (9/3).

Baca juga: Pertama di Indonesia, Samsung Multi Experience Store Dibuka di Senayan Park Mall

Benefit Jaringan 5G Tergolong Menyeluruh

Taufiqul Furqan, Samsung Indonesia

Samsung Galaxy S21 series 5G diluncurkan dengan dukungan konektivitas 5G agar tetap relevan bagi penggunanya, hingga di masa mendatang ketika 5G sudah benar-benar diimplementasi di Indonesia. Dan di dalam workshop tersebut, dijelaskan beberapa keunggulan jaringan 5G yang bisa dinikmati konsumen. Yang pasti, tak sekadar kecepatan unduh (download) lebih cepat saja.

Dalam era di mana resolusi konten video sudah mencapai 8K, adanya konektivitas 5G tentunya bakal membantu para pengakses platform streaming video untuk menonton konten favorit mereka, tanpa takut terjadi buffering. Nggak cuma itu, hal terpenting lainnya adalah hadirnya konektivitas low-latency.

Dengan latensi rendah, jangka waktu yang diperlukan untuk koneksi antar perangkat bisa diredam. Ini dapat meningkatkan responsivitas bermain gim online, hingga ke kegiatan yang jauh lebih serius seperti kendali alat operasi dari jarak jauh, minimalisir salah pergerakan. Layanan cloud gaming juga tentu bakal mendapat benefit dari adanya jaringan 5G.

Permudah Konektivitas Antar Perangkat Hingga IoT

Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra

Selain untuk smartphone, perangkat jenis lainnya juga bisa mendapatkan benefit dari ketersediaan jaringan 5G. salah satunya yaitu Internet of Things atau IoT. Di mana Samsung sendiri telah merilis sejumlah perangkat penunjang smartphone-nya berupa IoT wearable.

Salah satu teknologi yang bakal memiliki banyak potensi di masa mendatang adalah fitur Smart Things milik Samsung. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk terhubung dengan perangkat IoT rumah, atau pun mencari perangkat Galaxy lain yang dimiliki.

Samsung juga berikan solusi untuk mencari benda-benda yang rentan hilang, lewat sebuah benda kecil bernama SmartTag. Benda ini bisa dikaitkan ke kunci penting hingga dimasukkan ke dalam tas. Dengan kehadiran 5G nanti, hubungan antar perangkat bisa terjadi lebih instan.

Telkomsel Siap Adaptasi Jaringan 5G Masa Mendatang

Harry Utama, Telkomsel

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir pula Harry Utama, Manager Network Master Plan dari Telkomsel. Ia kembali memaparkan beberapa inovasi yang dibawa oleh jaringan 5G. Seperti mobile broadband yang ditingkatkan, komunikasi dengan latensi rendah, serta massive machine type communication.

“Dengan kecanggihan ini, 5G tidak hanya dapat meningkatkan pengalaman komunikasi dan digital bagi segmen consumer, namun juga membuka lebih banyak use case untuk operasi antar perangkat bagi segmen industri,” jelas Harry. Menurutnya, 5G merupakan teknologi inklusif yang akan buka peluang dan kesempatan untuk semua pihak.

Ke depannya, pihak Telkomsel akan siap untuk adopsi dan adaptasi seluruh entitas ekosistem digital, implementasi teknologi jaringan 5G di Indonesia. Sementara untuk konsumen Samsung, disediakan pilihan flagship Galaxy S21 series 5G yang bisa didapatkan mulai dari Rp12,999 juta.

Tinggalkan komen