Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Blibli Dukung Kelancaran Adopsi Teknologi Digital Mitra UMKM

0 75

Guna mendukung pemulihan perekonomian nasional selama pandemi, beragam pihak saling bahu membantu para pengusaha kecil seperti pengusaha mikro hingga toko kelontong. Mereka ‘dipaksa’ untuk mengadopsi teknologi digital agar dapat menjangkau lebih banyak kanal penjualan. Salah satunya lewat pemanfaatan teknologi dari Blibli Mitra, solusi omnichannel dari Blibli.

Sejak diluncurkan pertama kali sejak 2019, Blibli Mitra telah mendukung kelancaran aktivitas ritel di tingkat mikro, membantu pengusaha mikro untuk tingkatkan bisnis lewat teknologi digital. Pengusaha bisa menghubungkan toko luring mereka ke ekosistem daring Blibli, untuk sediakan 12 produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, BPJS dan PDAM.

Tak hanya itu, Blibli Mitra juga menjadi aplikasi pertama di pasar yang sediakan tiket kereta api loop line rute KA Joglosemarkerto. Juga membuka akses ke produk grosir yang mudahkan toko untuk mengisi kembali stok dagangan. Harga bersaing membuat toko bisa mendapat keuntungan lebih, untuk tingkatkan pendapatan.

Baca juga: BlibliMart Resmi Hadir, Strategi Omnichannel dengan Sinergi Online-offline

BliBli Mitra Terus Mendorong Digitalisasi Pengusaha Mikro

Blibli Mitra
David Michum, Vice President Offline-to-Online Blibli menjelaskan tentang Blibli Mitra perkuat usaha mikro melalui adopsi teknologi digital.

Dalam sebuah konferensi pers digital Kamis (19/11), David Michum, VP offline-to-online Blibli menyebutkan bila Blibli Mitra sediakan solusi teknologi O2O bagi usaha mikro agar dapat atur usaha secara efisien, serta tingkatkan daya saing. “Sebagai platform e-commerce Indonesia, Blibli mendukung percepatan adopsi teknologi oleh usaha mikro agar memperkuat resiliensi mereka terhadap pandemi.”

Peran platform digital seperti e-commerce dinilai penting untuk dorong digitalisasi warung dan toko kelontong. Data Kemenkop dan UMKM menyatakan bahwa UMKM telah menyumbang lebih dari 60% PDB Nasional. Dan pemerintah menargetkan modernisasi pada 15 ribu warung tradisional untuk masuk ke ranah ekonomi digital.

Genap satu tahun diluncurkan, Blibli Mitra mencatat pertumbuhan mitra hingga 16 ribu toko di 333 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Melalui para mitra toko, Blibli Mitra sukses layani kebutuhan 1 juta pelanggan untuk produk digital dan consumer goods. Ditargetkan pertumbuhan dua kali lipat pada penutupan tahun Desember 2020.

Produk digital yang paling banyak dibeli lewat mitra toko adalah pulsa dna token listrik. Sementara produk grosir yang banyak dipesan oleh mitra toko adalah kopi bubuk, mie instan dan susu siap minum. Dengan pelanggan yang membatasi kunjungan ke pusat perbelanjaan, perubahan perilaku tersebut memicu pertumbuhan order oleh mitra toko di Blibli Mitra hingga 4 kali lipat, dibandingkan sebelum pandemi.

Berikan Pendampingan Intensif Kepada Mitra Toko

Untuk menjaga ketersediaan barang toko, Blibli Mitra juga tawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi layanan logistik end-to-end, yaitu Fulfillment by BliBli (FBB). Didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia, layanan pengiriman disedakan gratis untuk menghemat biaya operasional mitra.

Blibli Mitra juga sediakan fitur pengaturan bisnis seperti cash flow management, pemantau keuangan sampai loyalty gamification. Mitra toko juga didampingi secara intensif demi tingkatkan digital upskilling. “Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama Lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD),” terang David.