Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Black Shark 3S Dirilis dengan Chipset Snapdragon 865 & Layar 120Hz

0 4.602

Kuartal ketiga tahun 2020 ini dipenuhi dengan brand smartphone yang berlomba merilis smartphone gaming terbaik mereka. Setelah ASUS dengan ROG Phone 3 dan Nubia dengan Red Magic 5S, kini giliran brand yang didukung oleh Xiaomi, yaitu Black Shark. Smartphone gaming mereka sebelumnya telah tersedia resmi di Tanah Air, tepatnya pada bulan Mei lalu.

Selang hampir tiga bulan kemudian, Black Shark 3S dirilis dengan beberapa peningkatan pada spesifikasinya. Masih gunakan chipset Snapdragon 865, tingkat refresh rate layarnya sudah ditingkatkan. Smartphone ini merupakan hasil kerja sama dengan Tencent Games, menjadi produk bersama ketiga yang dirilis selama tahun 2020.

Secara desain, tidak ada yang baru dari Black Shark 3S, jika dibandingkan dengan varian 3 Pro sebelumnya. Dibuat futuristik dengan lekuk bodi belakang yang membentuk huruf X. Posisi kamera belakangnya juga dibuat unik, dengan modul berbentuk segitiga.

Baca juga: Resmi Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Ponsel Gaming Black Shark 3

Spesifikasi Black Shark 3S

Black Shark 3S

Secara performa, Black Shark tidak memberikan peningkatan secara hardware. Masih gunakan chipset Snapdragon 865 yang cukup kencang, kapasitas RAM yang disediakan hingga 12GB LPDDR5. Pilihan memori penyimpanannya juga cukup lega, mencapai 512GB dengan jenis UFS 3.1.

Panel layar AMOLED 6,67 inci yang dimiliki Black Shark 3S kini hadir dengan refresh rate yang lebih tinggi, yaitu 120Hz, meningkat dari versi sebelumnya di 90Hz. Sementara touch sampling rate-nya masih sama di 270Hz, membuatnya sangat responsif ketika pengguna sedang bermain gim strategi yang membutuhkan akurasi tinggi.

Dengan peningkatan software, Black Shark 3S memiliki fitur seperti screen pressure 4.0 dengan 3D touch controls, untuk navigasi yang lebih baik dengan penekanan pada kedua bagian layar. Sementara teknologi voice control 2.0 mampu meningkatkan kejernihan suara pemain ketika memberikan perintah suara di dalam gim. Plus, somatosensory control untuk pengendalian gim memanfaatkan sensor giroskop.

Kapasitas baterainya juga masih sama di 4,720 mAh, dengan dukungan pengecasan cepat sampai 65 watt lewat port USB-C. Black Shark menyediakan port magnetik tambahan, yang mendukung input daya sampai 18 watt. Selain itu, masih ada jack audio 3,5mm di smartphone ini. Sehingga pemain gim masih dapat gunakan perangkat earphone kabel favoritnya.

Layar Black Shark 3S mendukung latensi rendah yaitu 17ms. Tampilan antarmuka Joy UI berbasis Android 10 yang diusungnya juga memiliki fitur tambahan menarik, yaitu screencasting. Agar tetap nyaman digunakan untuk bermain gim, latensinya hanya 40ms saja.

Hadir dengan Aksesoris Baru

Aksesoris Black Shark 3S

Selain perkenalkan smartphone baru, Black Shark juga perkenalkan tiga jenis aksesori baru untuk meningkatkan pengalaman bermain gim. Yaitu sebuah gamepad, sarung tangan serta sebuah tombol tambahan yang bisa dipasangkan ke sisi bodi smartphone untuk pengendalian yang lebih mudah di dalam gim.

Dijual mulai 4 Agustus mendatang di China, Black Shark 3S hadir dalam tiga pilihan memori internal, dengan satu varian RAM 12GB. Untuk kapasitas 128GB dibanderol seharga CNY3,999 (Rp8,4 jutaan), dan varian tertinggi dengan kapasitas 512GB CNY4,799 (Rp10 jutaan).

Kalau Black Shark 3 Pro bisa hadir resmi di Indonesia, termasuk seri lain seperti Poco F2 Pro, besar kemungkinan jika smartphone gaming terbaru Black Shark ini bakal juga dibawa ke Tanah Air.


Beli smartphone Black Shark di:

JD.ID Blibli.com Shopee.co.id Lazada.co.id