Pertama di Asia Tenggara, Traveloka dan BNI Luncurkan PayLater “Virtual Card Number”

Jakarta, Gizmologi – Biasanya, transaksi e-commerce membutuhkan kartu kredit dan layanan pembayaran perbankan lainnya. Bagi yang belum memiliki kartu kredit, tentu akan jadi masalah. Inilah yang membuat Traveloka menggandeng BNI. Mereka meluncurkan Traveloka PayLater VCN (Virtual Card Number) yang diklaim pertama di Asia Tenggara.

Tepat setahun yang lalu, Traveloka menggandeng BRI untuk kartu kredit PayLater. Kali ini, dengan BNI mereka secara spesifik menawarkan fitur Traveloka PayLater VCN. Ini adalah metode pembayaran inovatif melalui VCN yang yang membantu pengguna Traveloka PayLater memakai fitur buy now and pay later pada platform-platform e-commerce di luar ekosistem Traveloka.

Caesar Indra, President Traveloka, mengatakan perusahaan selalu bertujuan memperluas inklusi keuangan, dan hal ini berawal dari negara asalnya, yaitu Indonesia. Traveloka PayLater VCN melengkapi produk PayLater kami yang telah membantu jutaan pengguna mengakses kredit dan memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka.

“Kami optimis bahwa terobosan ini tak hanya menjadi metode pembayaran yang aman dan mudah bagi pengguna, namun juga mengatasi kesenjangan dengan menyediakan akses kredit bagi konsumen yang belum terjangkau layanan perbankan di pasar terbesar kami,” ujar Caesar (17/9).

Apa itu Virtual Card Number (VCN)?

ilustrasi smartphone pexels jeshoots
ilustrasi (Foto: pexels/jéshoots)

Virtual Card Number adalah metode pembayaran modern yang mempermudah konsumen bertransaksi daring. Fitur ini membantu pengguna menggunakan cara yang mudah dan aman ketika bertransaksi daring dengan “Virtual Card Number” unik ketimbang nomor kartu kredit biasa,

Menurut Corina Karnalies, Consumer Business Director  BNI, “Virtual Card Number” menawarkan banyak manfaat yang dapat diperoleh kalangan perusahaan atau mitra perusahaan. Salah satu fiturnya adalah penggunaan “Virtual Card Number” yang berbeda untuk setiap transaksi daring. Fitur ini meningkatkan keamanan, mengurangi risiko penipuan, dan penyalahgunaan. Corina juga menjelaskan bahwa “Virtual Card Number” diterbitkan, serta dikirim secara elektronis dan langsung, tanpa biaya tambahan.

“Selain itu, mitra perusahaan dapat memperoleh keamanan yang lebih baik sebab notifikasi langsung terkirim dan terintegrasi dengan surel. Mitra perusahaan juga bisa mengakses laporan penggunaan secara lengkap sehingga mempermudah proses rekonsiliasi transaksi. Dalam waktu dekat, konsumen PayLater selain mitra perusahaan juga dapat menikmati manfaat tersebut,” kata Corina.

“Virtual Card Number” juga didukung jenjang keamanan tambahan jika dibandingkan kartu kredit biasa. Pengguna harus mengaktifkan “Virtual Card Number” pada aplikasi Traveloka sebelum dapat memakainya. Setelah diaktifkan, “Virtual Card Number” hanya dapat dipakai selama 15 menit demi mencegah penyalahgunaan.

Baca juga: Samsung dan Mastercard Kolaborasi Bentuk Kartu Pembayaran Sidik Jari

Kelebihan Traveloka PayLater VCN

Traveloka

Layanan keuangan Traveloka telah menjadi produk terbaik yang memenuhi kebutuhan dan keinginan gaya hidup pengguna. Peluncuran Traveloka PayLater VCN dianggap membuktikan fokus perusahaan dalam layanan dan produk keuangan, sekaligus memperkuat komitmen Traveloka terhadap inklusi keuangan.

Sejak meluncurkan PayLater pada 2018, jumlah pengguna Traveloka telah bertambah 7,5 kali lipat. Hal ini mencerminkan pesatnya permintaan atas layanan keuangan tersebut.

Traveloka PayLater VCN ini memiliki 16 digit angka, tanggal kedaluwarsa kartu, dan Card Verification Value (CVV), serupa dengan kartu kredit. Para pengguna dapat menyatukan dan mengelola akun PayLater mereka lewat aplikasi sehingga pengelolaan keuangan lebih terkendali.

Dengan Traveloka PayLater VCN, pengguna kini bisa memakai kredit PayLater yang ditentukan pada aplikasi Traveloka. Juga bertransaksi daring melalui opsi pembayaran cicilan dengan tingkat bunga tergolong rendah, mulai 2,25% per tahun pada beragam platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak, dan Tokopedia.

“Kami menyaksikan tingkat permintaan yang besar dan bertambah pesat dari konsumen di seluruh wilayah atas solusi tekfin yang memperluas akses layanan keuangan yang semakin cepat di tengah pandemi Covid-19. Berkat posisi sebagai lifestyle superapp di Asia Tenggara, kami dapat memanfaatkan pertumbuhan ini dan terus meningkatkan inovasi penting di sektor layanan keuangan,” imbuh Caesar.

Ketika diluncurkan, metode pembayaran “Virtual Card Number” hanya tersedia bagi sejumlah pengguna Travelokal PayLater terpilih di Indondesia, dan limit penggunaan ditentukan menurut limit kredit PayLater mereka. Metode pembayaran ini segera diperluas untuk berbagai pengguna dalam waktu dekat.

Tinggalkan komen