Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Bocoran Desain dan Fitur Smartwatch Pertama realme Watch

0 2.248

Tak hanya ingin merilis smartphone, realme juga tampaknya cukup semangat untuk membuat ekosistem secara lengkap dengan menghadirkan beragam aksesoris yang mereka sebut sebagai perangkat Artificial Intelligence of Things (AIoT). Setelah realme Buds Air dan yang baru saja diresmikan di Indonesia, realme Band, kini giliran sebuah jam tangan pintar.

Ya, setelah merilis gelang pintar atau smartband, realme bakal merambah pasar smartwatch lewat perangkat yang dikabarkan bernama realme Watch – realme nampaknya tidak ambil pusing dengan penamaan perangkat wearable mereka. Sempat ditampilkan bulan lalu, kini spesifikasinya mulai terkuak.

Baca juga: realme Band Resmi Hadir di Indonesia, Smartband Rp300 Ribuan

CEO dari realme, Madhav Sheth, dikenal selalu aktif menginformasikan update terbaru dari produk-produknya melalui sebuah video seri ‘#AskMadhav’ yang dirilis di halaman YouTube realme India. Pada episode ke-16, Maret lalu, ia sempat menampilkan sebuah smartwatch yang bakal dirilis, namun tanpa informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi serta ketersediaannya.

Desain dan Fitur realme Watch

desain realme watch

Kali ini, sebuah kontributor dari XDA Developers telah berhasil mendapatkan informasi mengenai perangkat wearable tersebut. Dari sebuah foto yang diunggah, terlihat realme Watch punya desain yang sederhana, mengingatkan kita dengan desain awal smartwatch Pebble pada masanya, atau Fitbit Versa. Bezel layarnya terlihat agak tebal, menandakan smartwatch ini mungkin dirilis dengan harga terjangkau.

Selain logo realme di bawah layar, terlihat sebuah tombol di sisi kanan bodi untuk mengakses menu atau bernavigasi. Dengan empat varian warna, tali atau strap terlihat seolah terintegrasi dengan bodi dan tidak dapat diganti. Di baliknya, terlihat sebuah sensor detak jantung serta sebuah lubang kecil – bisa sebagai speaker, mikrofon atau hanya port untuk pengecasan.

watchface realme watch

Dalam tahap awal, realme akan memberikan lima pilihan watchface menarik. Layar depannya sendiri dikabarkan berdimensi 1,4 inci, menggunakan panel LCD dengan resolusi cukup tinggi di 320 x 320 piksel. realme Band tak akan menggunakan sistem operasi Wear OS besutan Google, melainkan custom OS layaknya smartwatch murah pada umumnya. Hal tersebut biasanya diputuskan untuk alasan daya tahan baterai. Klaim dari XDA mengatakan bahwa smartwatch ini bisa menyala sampai 7 hari, dengan baterai 160 mAh.

Selain sensor akselerometer, realme Watch bakal dapat mengukur kadar oksigen dalam darah (Sp02) lewat sensor detak jantung. Untuk melacak lokasi saat sedang lari, perangkat akan mengambil data dari GPS smartphone yang terkoneksi lewat Bluetooth 5.0. Ada 15 jenis olahraga yang bisa dideteksi, mulai lari, yoga dan cricket (olahraga populer di India).

menu aplikasi realme watch

Diinformasikan juga bahwa smartwatch ini memiliki panel aktivitas yang menampilkan data heart rate, kualitas tidur serta laporan cuaca dalam sehari. Fungsi lain seperti music player control serta remote shutter untuk smartphone juga bakal tersedia, termasuk menampilkan notifikasi pesan tentunya.

Tentunya belum ada informasi mengenai kapan dirilis dan harga dari smartwatch pertama realme ini. Dari fitur serta desain yang terlihat pada bocoran di atas, menurut Gizmo lovers, berapa sih harga yang pas untuk sebuah realme Watch?