Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bocoran Terbaru Samsung Galaxy S21 Series, Bakal Mendukung Stylus S Pen

0 401

Dari kabar rumor yang beredar sebelumnya, flagship terbaru Samsung di tahun 2021 diinfokan bakal hadir lebih awal. Tepatnya pada akhir bulan Januari, sedikit lebih cepat dari yang umumnya bersamaan di gelaran acara Mobile World Congress, sekitar bulan Februari.

Rumor spesifikasi Samsung Galaxy S21 series pun lebih banyak bermunculan. Setelah sebelumnya desain render Galaxy S21 Ultra sudah muncul, kini portal berita Android Police telah secara eksklusif mendapatkan bocoran spesifikasinya. Tak hanya varian Ultra, melainkan juga dua varian lainnya. Ya, Samsung bakal kembali perkenalkan Galaxy S21 dalam tiga varian; standar, seri Plus dan seri Ultra.

Info spesifikasi ini didapatkan dari berbagai sumber, yang dipercaya cukup akurat. Android Police juga mengaku telah melihat foto resmi ketiga perangkat tersebut, namun tak bisa membagikannya demi alasan keamanan. Mereka mengonfirmasi bahwa foto render CAD kemarin sudah miliki desain yang akurat, termasuk desain kameranya yang sedikit berubah.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy W21 5G, Smartphone Lipat Dual SIM Harga Rp40 Jutaan

Galaxy S21 Ultra Bakal Bawa Fitur Kunci Galaxy Note

Samsung Galaxy S21 Ultra

Ada empat varian warna yang bisa dipilih untuk Samsung Galaxy S21; Phantom Pink, Phantom Gray, Phantom White dan Phantom Violet. Sementara S21 Plus lebih sedikit (Phantom Silver, Phantom Black & Phantom Violet) dan versi Ultra sama namun tanpa opsi violet. Dan seperti seri Galaxy Note20, varian biasa bakal gunakan material bodi plastik, alias hanya Ultra saja yang hadir dengan kaca.

Yang menarik adalah spesifikasi layar ketiganya. Masing-masing punya dimensi 6,2 inci, 6,7 inci dan 6,8 inci untuk Galaxy S21 Ultra. Ketiganya mendukung refresh rate hingga 120Hz, dan yang menarik, layar versi Ultra bakal mendukung input stylus S Pen, meski tak disertakan dalam paket penjualan.

Setidaknya, Galaxy S21 Ultra bakal punya nilai tambah lebih banyak dari sekadar dimensinya yang lebih besar. Dan dengan panel jenis LTPO, konsumsi daya bisa dihemat, plus kecerahan maksimal yang naik hingga 1600 nits. Sementara kapasitas baterainya masih sama dengan generasi kemarin, kecuali S21 Plus yang naik ke 4,800 mAh.

Peningkatan Chipset & Kamera di Galaxy S21 Series

Kamera Samsung Galaxy S21

Ketiganya bakal gunakan chipset Qualcomm Snapdragon 875 yang belum dirilis, atau Exynos 2100 yang dibuat setara (atau sedikit lebih kencang dari Snapdragon, dari klaim sumber Android Police). Sementara di sektor kamera, setup varian biasa dan Plus identik; sensor utama 12MP, sensor ultra-wide 12MP dan telefoto 64MP.

Kamera Galaxy S21 Ultra mendapat peningkatan spesifikasi kamera lebih signifikan. Sensor utama 108MP-nya gunakan generasi kedua, ditemani sensor ultra-wide 12MP. Lalu ada dua sensor telefoto 10MP yang masing-masing berikan pembesaran optik 3x dan 10x. Keduanya mendukung dual-pixel autofocus dan punya dimensi piksel 130% lebih besar. Ditemani laser autofocus, Samsung berharap dapat hilangkan iso fokus pada Galaxy S20 Ultra.

Bagi konten kreator yang gemar rekam video dari smartphone, ketiga sensornya bakal bisa rekam hingga resolusi 4K 60fps, plus opsi rekam hingga 8K 30fps pada sensor utamanya. Samsung juga bakal tambahkan mode di mana pengguna bisa rekam dengan dua PoV bersamaan, baik dari kamera depan maupun belakang, layaknya fitur yang pernah ada di seri Galaxy S5.

Sementara itu saja bocoran spesifikasi yang ditambahkan dari Android Police. Mana nih yang paling menarik menurut Gizmo friends, kamera yang lebih baik atau dukungan input S Pen di Galaxy S21 Ultra?