Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Rilis Galaxy W21 5G, Smartphone Lipat Dual SIM Harga Rp40 Jutaan

1 6.581

Mengikuti jejaknya tahun lalu, Samsung baru saja merilis suksesor smartphone layar lipat yang khusus di hadirkan di China. Jika tahun lalu, Samsung Galaxy W20 dihadirkan sebagai penyempurnaan dari seri Galaxy Fold, kali ini Samsung memperkenalkan Galaxy Z Fold 2 dengan steroid.

Mengapa begitu? Karena Samsung Galaxy W21 5G punya spesifikasi yang sedikit lebih baik, dengan dimensi sedikit lebih besar. Samsung menyempurnakannya sesuai dengan kebutuhan pengguna di negara tersebut, yang mungkin merupakan salah satu pasar yang paling penting. Sampai-sampai harus dibuat varian khusus dengan spesifikasi yang disesuaikan. Lantas apa saja perbedaan yang dibawa?

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A7, Tablet Pendukung Kegiatan Orang Tua & Anak

Galaxy W21 5G Punya Dimensi Lebih Besar

Jika ditilik pada gambar di atas, maka memang terlihat sedikit berbeda dari Galaxy Z Fold 2 yang telah kami ulas beberapa waktu lalu. Hadir dalam opsi warna emas, bodi belakangnya miliki pola bergaris vertikal dengan logo China Telecom di bagian bawah kamera. Berbeda dengan warna Mystic Bronze yang menjadi hero color mulai Z Fold 2 hingga Note20 Ultra.

Punya ketebalan dan lebar yang sama, Samsung Galaxy W21 5G hadir lebih tinggi. Meski dimensi layarnya sendiri masih sama; 6,23 inci SuperAMOLED dengan perlindungan Gorilla Glass Victus di depan, dan 7,6 inci Dynamic AMOLED 2X pada bagian lipat di dalamnya. Begitu pula kapasitas baterainya, yaitu 4,500 mAh.

Galaxy W21 5G

Samsung berikan dukungan pengisian daya 25W fast charging gunakan kabel, dan hingga 11W secara nirkabel. Untuk urusan dapur pacu, digunakan kombinasi spesifikasi terbaik, sebut saja chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus, kapasitas RAM 12GB LPDDR5 serta penyimpanan 512GB UFS 3.1. Nah, perbedaan yang paling kentara adalah hadirnya dua slot SIM di Galaxy W21 5G.

Mungkin itulah yang membuat dimensinya sedikit lebih lebar, karena Samsung harus mencari ruang tambahan untuk memuat dua kartu SIM pada smartphone lipat terbarunya ini. Galaxy W21 5G hadir dengan dukungan SA/NSA dual-mode 5G, dual 4G VoLTE dan Wi-Fi 802.11ax. Terdapat speaker stereo yang ditingkatkan oleh AKG plus Dolby Atmos.

Spek Kamera Sama, Harga Galaxy W21 5G Capai Rp40 Juta

Samsung Galaxy W21 5G

Setup kameranya juga masih sama, terdiri dari total lima kamera. Di bagian bodi belakang, ada tiga sensor kamera 12MP, yang masing-masing berfungsi sebagai sensor utama (f/1.8, OIS, PDAF), sensor telefoto 2x zoom (f/2.4, OIS, PDAF) dan ultra wide-angle (f/2.2, sudut pandang 120 derajat). Dan dua sensor kamera depan 10MP f/2.2 pada masing-masing layar.

Bila Samsung Galaxy Z Fold 2 saja sudah mahal, lantas berapa harga yang dipatok oleh Samsung dengan Galaxy W21 5G? Sudah dibuka lewat jalur pre-order, flagship Samsung tersebut hadir dengan harga CNY19,999, alias Rp43 jutaan. Penjualan perdananya dimulai pada 20 November. Dengan harga premium, tentunya, smartphone ini tak hadir bagi kaum mending-mending.