Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur ‘Minta Uang’ DANA Permudah Transaksi Nontunai Lewat QR Code

1 2.467

Gaya masyarakat untuk berbelanja saat ini telah banyak berubah semenjak adanya pandemi. Kini sudah jauh lebih banyak dari mereka yang memilih untuk berbelanja dengan metode pembayaran non-tunai, hingga secara daring demi kemudahan. Serta untuk mencegah terpaparnya virus COVID-19 bila harus bertemu secara langsung atau melakukan kontak fisik.

Sebagai salah satu dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, DANA telah mencatat terjadinya peningkatan transaksi yang cukup signifikan selama pandemi COVID-19. Untuk itu, kini DANA hadirkan fitur baru, ‘Minta Uang’ untuk terus permudah transaksi non-tunai. Hal ini sejalan dengan situasi penggunaan platform DANA untuk bertransaksi daring yang naik hingga 96%.

Berdasarkan jenis aktivitas, kenaikan paling tinggi terjadi pada transaksi pembayaran kebutuhan rumah tangga (Bill Payment) & transfer uang, meningkat lebih dari 40% bila dibandingkan dengan masa sebelum pandemi. Hal tersebut buktikan bila masyarakat sudah semakin mengukuhkan rasa percaya terhadap kemudahan, keamanan, kenyamanan dan keandalan teknologi DANA. Terutama dalam penuhi kebutuhan bertransaksi masyarakat.

Baca juga: Pencairan Insentif Program Kartu Prakerja Bisa Lewat DANA, Berikut Caranya

Bagian Dari Komitmen DANA Mudahkan Transaksi Nontunai

Untuk penuhi kebutuhan masyarakat yang selalu meningkat sekaligus perluas akses transaksi nontunai, DANA kini hadirkan fitur baru yang terkait dengan metode transfer uang. Fitur baru tersebut dinamakan “Minta Uang”, memanfaatkan QR code akun bank. Fitur atau metode ini miliki keunggulan tersendiri, di mana pengguna bisa menyimpan QR code dari beberapa bank.

Vince Iswara, CEO & co-founder DANA mengatakan bila fitur Kirim Uang tercatat sebagai fitur yang paling banyak digunakan selama pandemi. “Ini menandakan semakin menguatnya kepercayaan terhadap keunggulan dan keamanan teknologi digital dalam mendukung aktivitas dan produktivitas masyarakat, sekaligus indikasi positif meningkatnya inklusi digital di bidang finansial,” jelasnya dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (28/12).

Ia menambahkan, DANA bekerja sama dengan sejumlah bank untuk hadirkan fitur permohonan pengiriman uang dengan menggunakan QR code. Fitur ini merupakan bagian dari komitmen DANA untuk terus hadirkan pengalaman bertransaksi nontunai yang mudah, praktis, aman dan nyaman.

Fitur Minta Uang bisa digunakan oleh seluruh pengguna DANA, sebagi opsi penerimaan uang dalam aplikasi dengan tujuan akun bank. Pengguna bisa simpan sampai lima QR code bank tujuan penerimaan uang. Manfaatnya sendiri beragam, bisa untuk kebutuhan transfer sehari-hari sampai mudahkan penghimpunan dana kegiataan yang bersifat keanggotaan, seperti arisan, donasi atau acara tertentu lainnya.

Cara Menggunakan Fitur Minta Uang di Aplikasi DANA

Fitur DANA Minta Uang
Tampilan fitur ‘Minta Uang’ di aplikasi DANA.

Pengguna hanya perlu mengakses halaman utama aplikasi DANA, dan menyentuh ikon ‘Request’ (Minta). Setelah itu, tambahkan rekening bank untuk membuat permohonan kirim uang. Isi data sesuai dengan rekening bank pengguna, lalu akan muncul QR code yang sesuai. Kita juga bisa tambahkan jumlah dan catatan, atau tanpa nominal sama sekali.

QR code tersebut kemudian tinggal dibagikan melalui WhatsApp, LINE atau platform media sosial lainnya. saat pengirim sudah berhasil mengirim uang, pemohon bakal mendapatkan notifikasi. Sementara di sisi penerima, mereka bisa langsung scan kode QR yang diterima tadi, atau dengan klik tautan yang dikirim. Bakal langsung masuk ke proses transfer, tanpa tulis ulang nominal maupun rekening.

Sama seperti fitur Kirim Uang, fitur Minta Uang ini juga tidak dikenakan biaya alias gratis. DANA sendiri berikan kapasitas maksimal 10 kali transfer per bulan. Untuk nominal transfer-nya sendiri, nilai minimumnya adalah Rp50 ribu. Sementara untuk transfer dengan nominal di bawah itu, bakal tetap dikenakan biaya transfer sesuai oleh yang diterapkan dari masing-masing bank.