Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

DJI Spark Menyambangi Indonesia dengan Harga Rp 7,999 Juta

Drone ini juga bisa dikendalikan dengan menggunakan gerakan tangan saja.

DJI Spark tampaknya ingin memenuhi impian para geek yang suka dengan fotografi sekaligus film Star Wars. Dengan drone ini, mereka seolah bisa melakukan telekinetis yang merupakan tingkat cakra the force tertinggi para Jedi.

Dengan bentuknya yang terbilang kecil, DJI Spark menjadi drone yang terbilang portable bagi kalangan sipil yang ingin mengabadikan momen-momen indah dengan pencitraan dari udara. Ketika selfie dengan tongsis terlalu mainstream, maka kelak selfie dengan perangkat ini menjadi sesuatu yang kekinian.

Tidak cuma mudah diterbangkan–bahkan bagi mereka yang belum pernah menerbangkan drone sekalipun–DJI Spark memiliki fungsi Gesture Mode yang memungkinkan dikendalikan dengan gerakan telapak tangan. Ibarat punya kekuatan telekinetis, pengguna bisa memerintahkan perangkat ini untuk terbang lebih tinggi atau rendah, ke kanan atau kiri, hinggal mengambil foto selfie hanya dengan gerakan tangan.

DJI Spark dapat terbang dengan akurat berkat bantuan sistem penglihatan (vision system) hingga ketinggian 98 kaki (30 meter) dan pelacak hambatan dari jarak hingga 16 kaki (5 meter). Hal ini dikarenakan adanya dukungan teknologi FlightAutonomy yang terdiri dari kamera utama, sistem penglihatan menghadap ke bawah (downforward-facing vision system), Sistem Sensing 3D yang menghadap ke depan (forward-facing 3D Sensing System), GPS dual-band dan GLONASS, unit pengukuran inersia berpresisi tinggi, dan 24 core komputasi yang kuat.

Ketika menggunakan DJI Spark, pengguna tidak perlu takut kehilangan kontrol atau tersasar ke lokasi yang random karena drone ini memiliki kemampuan untuk kembali ke lokasi asal secara otomatis dengan panduan sinyal GPS yang memadai. Jadi, ketika sedang menggunakan remote control, baterai terlalu lemah, dan koneksi hilang, pengguna cukup menekan tombol Return to Home (RTH) agar perangkat ini kembali ke posisi semula.

Related Posts
1 daripada 320

Selain itu, bagi pengguna yang masih awam mengenai peraturan penggunaan drone, ada punya sistem GEO DJI atau geofencing NFZ yang akan memberitahu arena mana saja yang dibatasi oleh peraturan pemerintah karena isu keamanan dan keselamatan. Dengan begitu, pengguna bisa tenang dan bertanggung jawab menggunakannya tanpa harus takut melanggar hukum.

DJI Spark ditenagai dengan baterai LiPo berkapasitas tinggi yang memungkinkannya untuk terbang selama 16 menit. Ketika diterbangkan dengan remote control, perangkat berbobot 300 gram ini juga mampu mengirim video real-time 720p dari jarak hingga 2 km.

DJI Spark

Untuk mendukung kualitas pencitraannya, DJI Spark memiliki kamera dengan sensor CMOS 1/2.3″ yang menghasilkan foto berkualitas 12 MP dan mereka video berkualitas HD 1080p. Selain itu, dengan adanya teknologi 2-axis gimbal dan UltraSmooth membuat drone ini mampu mengurangi guncangan untuk menghasilkan gambar sinematik yang indah.

“Ini adalah sebuah langkah besar di mana sebuah drone kamera bisa dikendalikan dengan gerakan tangan. Tentunya hal ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merekam gambar baik itu untuk bekerja, traveling, atau berkumpul dengan teman dan keluarga. Penggunaanya juga sangat mudah, jadi siapapun bisa menggunakannya,” ujar Kevin On, Direktur Komunikasi DJI ketika memperkenalkan perangkat ini di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

DJI Spark menyambangi Indonesia dengan menggandeng Erajaya selaku distributor ekslusif. Dibanderol seharga Rp 7,999 juta, drone ini akan tersedia di jaringan Erajaya Group seperti Erafone, Urban Republic, iBox, dan Erafone.com melalui pre-order yang digelar 18 Juni nanti. Setelah itu, pemesan akan bisa menerbangkannya mulai 5 Juli setelah dikirimkan pihak Erajaya.