Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bayar Taksi Bluebird Bisa Lebih Instan Lewat GoPay & QRIS

0 155

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, sebagian dari masyarakat sudah memulai untuk beraktivitas di luar rumah. Baik itu bekerja di kantor secara bergantian dalam satu minggu, atau untuk keperluan sehari-hari. Transportasi publik pun dibatasi jumlah orang yang dapat menggunakan dalam satu waktu, tujuannya agar kita masih bisa menerapkan physical distancing.

Beberapa orang lebih memilih untuk gunakan moda transportasi yang lebih privat, salah satunya adalah taksi yang memang sejak dulu dikenal cukup reliabel. Salah satunya adalah Bluebird, yang juga dapat dipesan melalui aplikasi GoPay. Kini, metode pembayarannya dibuat lebih mudah, menggunakan QRIS untuk mendorong transaksi digital tanpa kontak.

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard sendiri adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode kode QR dari Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya. Dengan begitu, satu kode QR dapat dimanfaatkan untuk beragam metode pembayaran, salah satunya termasuk GoPay.

Baca juga: Tarik Tunai Saldo GoPay Kini Bisa di Seluruh ATM BCA, Berikut Caranya!

QRIS di Armada Bluebird Permudah Pembayaran Lewat GoPay

Bluebird GoPay

Lewat metode QRIS, GoPay serta Bluebird mendukung anjuran pemerintah Indonesia untuk mendorong transaksi digital sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata mengatakan jika saat ini masyarakat sudah lebih sadar akan pentingnya meningkatkan kebersihan dan keamanan dalam beraktivitas, termasuk saat bertransaksi.

Lewat konferensi pers virtual yang diadakan Selasa ini (13/8), Budi mengatakan, “pembayaran digital lewat QRIS ini mampu menjadi pilihan utama untuk memudahkan masyarakat beraktivitas tanpa khawatir tentang risiko penyebaran Covid-19, karena tanpa adanya sentuhan fisik. Ini juga sejalan dengan inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) Gojek, yang mendorong pengguna aplikasi mengutamakan pembayaran digital lewat GoPay.”

Dengan hadirnya QRIS di lebih dari 11 ribu armada taksi Bluebird di seluruh Indonesia, kini memesan taksi Bluebird dengan GoPay tak lagi harus dari aplikasi. Pengguna GoPay dapat secara langsung menyetop atau menemukan taksi Bluebird, langsung naik dan jalan ke tempat tujuan.

Nantinya, di dalam taksi akan ada QRIS yang bisa di-scan ketika sudah tiba di tujuan. Scan dengan GoPay, bayar sesuai argo, dan selesai. Bukti pembayaran juga bakal masuk ke aplikasi Gojek, sehingga penumpang tidak perlu meminta struk fisik ke kemudi. Secara tidak langsung, cegah kontak fisik dengan pengemudi taksi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bluebird, Adrianto Djokosoetono juga mengatakan jika pandemi telah mengubah gaya hidup sebagian besar masyarakat di dunia. “Di era adaptasi kebiasaan baru ini, kami terus berinovasi untuk mendukung masyarakat menjalankan aktivitasnya, dengn mengedepankan kebersihan dan kesehatan di seluruh armada kami.”

Cegah Kontak Fisik, Bluebird Selalu Terapkan Protokol Kesehatan

virtual press conference GoPay & Bluebird

Dalam kesempatan yang sama, turut dihadiri oleh seorang public figure yang juga pengguna setia GoPay, yaitu Patricia Gouw. Baginya, GoPay telah memudahkan untuk bertransaksi mulai dari membayar tagihan, berbelanja kebutuhan serta berdonasi. Dan metode pembayaran QRIS ini dirasa akan mapir mempermudah aktivitasnya.

“Terlebih ada kegiatan yang mengharuskan saya untuk beraktivitas di luar rumah. Dengan GoPay dan Bluebird saya bisa semakin tenang bepergian, karena untuk bayar tinggal scan kode QR. Benar-benar minim sentuhan, selain bersih dan aman juga praktis dan efisien,” tambah Patricia.

Tak perlu mengkhawatirkan kondisi kebersihan armada Bluebird, karena sudah diterapkan sesuai dengan protokol kesehatan. Bluebird selalu melakukan penyemprotan cairan desinfektan di seluruh armada taksi, melakukan pengecekan tempaeratur bagi pengemudi sebelum beroperasi. Seluruh armada juga telah dilengkapi hand sanitizer, serta pengemudi wajib menggunakan masker serta dilakukan rapid test secara bergulir.