alexa

DANA Optimalkan Potensi Ekonomi Digital Wilayah Joglosemar

Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memang berperan besar dalam menentukan kondisi ekonomi Tanah Air. Untuk itu, diberlakukan beragam kegiatan yang dapat mengedukasi mereka, sekaligus berikan pemberdayaan, terutama agar lebih banyak manfaatkan teknologi digital. Salah satunya DANA, yang mendukung potensi Joglosemar.

Dompet digital yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia satu ini terus mendorong percepatan digitalisasi UMKM. Salah satunya dengan menggelar kegiatan tersebut di Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar) dan sekitarnya, jelang berlangsungnya Festival Joglosemar 2021. Bertema Artisan of Java, festival tersebut adalah bagian dari perayaan tahun kedua Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Tujuan dari gerakan tersebut adakan demi tingkatkan kompetensi industri kecil dan menengah penghasil produk-produk kreatif, serta minat masyarakat terhadap produk asli Indonesia. Lewat optimalisasi pendayagunaan teknologi digital. DANA juga menggelar Temu Komunitas UMKM #BarengDANA di Yogyakarta, agar terus kuatkan antusiasme dan komitmen pelaku UMKM daerah untuk go-digital.

Baca juga: DANA Mendukung Kesetaraan Perempuan di Bidang Teknologi

Beri Pelatihan, Rangkul UMKM Bergabung ke DANA Bisnis

Temu komunitas Bareng DANA Yogyakarta
Acara Temu Komunitas UMKM #BarengDANA di Yogyakarta.

Kegiatan bersama komunitas yang didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY tersebut hadir untuk berikan banyak peluang bagi UMKM. Vince Iswara, CEO & co-founder DANA menyebutkan bila dengan fasilitasi UMKM Joglosemar, jadikan mereka sebagai bagian ekosistem DANA Bisnis lewat teknologi yang terus berkembang.

“Fitur-fitur yang kami kembangkan memiliki kapabilitas yang mampu membantu UMKM Indonesia, termasuk yang berada di Joglosemar, untuk makin adaptif dengan dinamika era digital,” jelas Vince. Selain itu, agar UMKM makin adaptif dengan dinamika era digital, responsif terhadap perilaku konsumen dan memiliki daya saing tinggi.

DANA sendiri juga terus melanjutkan kegiatan lain untuk dukung UMKM, seperti Roadshow Siap Digital di Yogyakarta & Magelang, Masterclass Komunitas DANA Bisnis di Yogyakarta, IKM Go Digital bersama Kementerian Perindustrian di Yogyakarta & Solo, serta Pelatihan untuk UMKM Perempuan di Semarang bersama Kemenkomarves.

DANA Optimis Akan Pertumbuhan UMKM Digital di Joglosemar

Fitur Minta Uang DANA

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (20/5), Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA menyebutkan bila momentum saat ini dinilai tepat, di mana pekan lalu Indonesia baru saja peringati Hari Kebangkitan Nasional. “Semangat yang diusung selaras dengan komitmen DANA dalam terus membantu ekosistem kami, termasuk para pelaku UMKM, agar tetap tangguh dalam mengantisipasi berbagai situasi.”

Lewat acara temu komunitas, DANA ingin terus edukasi sekaligus kobarkan semangat pelaku UMKM Joglosemar untuk tetap berkomitmen mengembangkan bisnisnya bersama DANA. Di Yogyakarta sendiri, UMKM yang sudah go-digital dan bergabung ke dalam DANA Bisnis telah mencapai lebih dari 6 ribu. Sementara untuk cakupan Jawa Tengah, sudah lebih dari 30 ribu.

Pihak DANA cukup optimis dengan bertambahnya jumlah tersebut, mengingat saat ini telah ada lebih dari 400 ribu UMKM di wilayah Joglosemar. Potensi ekonomi digitalnya pun dinilai sangat besar, karena banyaknya UMKM yang bergerak di bidang pariwiswata, batik, kerajinan kriya hingga kuliner.

“DANA akan terus melakukan pendampingan dan edukasi, serta akan terus mendorong inklusi layanan keuangan non-tunai digital lewat Gernas BBI maupun Bangga Berpariwisata Indonesia. Tak lupa, kami juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada regulator atas dukungan penuhnya terhadap inovasi pembayaran,” tutup Agustina.

Tinggalkan komen