Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Investree Gandeng Pengadaan.com, Perluas Akses Permodalan Bagi UKM

0 94

Pandemi COVID-19 memaksa aktivitas masyarakat menjadi terbatas yang berdampak pada penurunan kegiatan bisnis terutama bagi para pelaku UKM. Untuk mendukung dari sektor teknologi keuangan, startup fintech lending Investree dengan Pengadaan.com bekerja sama untuk menyediakan akses permodalan yang lebih layak bagi UKM di Indonesia.

Kolaborasi ini diwujudkan dengan meluncurkan fitur ADW SCF (Supply Chain Financing) sebagai solusi permodalan bagi UKM-UKM yang terdaftar di Pengadaan.com. Adrian Gunadi, Co-Founder & CEO Investree,  mengatakan sudah menjadi komitmen Investree sejak awal untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UKM Indonesia dengan memberikan kemudahan permodalan.

Terlebih berdasarkan pengalaman, UKM dipercaya memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan bangkit di masa-masa sulit seperti saat ini. Bahkan kebangkitan UKM dapat memicu pemulihan perekonomian Indonesia secara menyeluruh dan cepat.

Sebagai informasi, Pengadaan.com adalah platform B2B e-commerce yang dibangun oleh ADW Consulting (PT Anggada Duta Wisesa). Ini adalah perusahaan konsultan yang berfokus pada pengembangan sistem pengadaan menggunakan manajemen rantai pasokan (supply chain management) yang strategis dan inovatif. Pengadaan.com memungkinkan adanya kolaborasi bagi B2B e-commerce yang menyediakan pelayanan yang menghubungkan buyer, vendor, dan penyedia keuangan agar saling terhubung dan berkolaborasi.

Kerja Sama Investree dan Pengadaan.com

Adrian Gunadi, CEO Investree

Menurut Adrian, selain dengan adanya bantuan dari pemerintah untuk memberikan permodalan terhadap UKM, penting bagi kami sebagai platform fintech lending untuk turut mendukung kemudahan UKM dalam mendapatkan permodalan.

“Sebagai wujud komitmen, kami berkolaborasi dengan Pengadaan.com untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi lebih dari 15 ribu vendor yang tergabung di Pengadaan.com. Kami berharap kolaborasi ini dapat berkontribusi meringankan beban UKM di masa pandemi ini,” jelas Adrian.

Sementara itu Katri Iskandar, Digital Procurement Creative Leader ADW Consulting, mengatakan dengan adanya kerja sama seperti ini dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pihak di baik bagi mitra pemberi pekerjaan maupun bagi UKM penyedia jasa/barang. “Khusus untuk UKM, kami sangat berharap kolaborasi ini dapat membantu mereka untuk bangkit dari kondisi yang sulit karena pandemi COVID-19,” ujarnya.

Baca juga: Aplikasi Dagang Youtap Diluncurkan, Dorong UMKM Go Digital

Pembiayaan Investree kepada Vendor UKM di Pengadaan.com

Investree pengadaan.comAdrian juga menjelaskan bahwa Investree menyalurkan pembiayaan kepada vendor Pengadaan.com melalui produk Invoice Financing dan Pre-Invoice Financing. Bedanya, produk Invoice Financing diajukan berdasarkan tagihan (invoice) atas pekerjaan yang sudah selesai dan sedang menunggu pembayaran oleh Payor. Sedangkan dengan produk Pre-Invoice Financing, para vendor yang sudah mendapatkan pesanan atau Surat Perintah Kerja (SPK) dari Payor dapat pula mengajukan pinjaman.

Kedua produk ini dinilai sangat cocok bagi para vendor Pengadaan.com yang membutuhkan modal besar setiap kali menyediakan produk/jasa bagi perusahaan-perusahaan besar dengan waktu pembayaran yang tidak singkat. Para vendor dapat mengajukan pinjaman melalui fitur ADW SCF yang tersedia di platform Pengadaan.com.

Ditambah lagi, kolaborasi antara Investree dan Pengadaan.com dapat memudahkan UKM dalam mengikuti proses tender pekerjaan dari perusahaan yang menjadi vendor Pengadaan.com. “UKM yang sudah tergabung dalam sistem pengadaan elektronik milik Pengadaan.com dapat mengajukan pinjaman modal ke Investree ketika sudah terpilih sebagai pemenang tender. Dengan terbukanya akses permodalan, tentunya dapat menumbuhkan keyakinan para UKM untuk menjadi peserta lelang sehingga dapat meningkatkan iklim usaha yang lebih berdaya saing dan transparan,” tutup Adrian.