Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Twitter Berikan Cara Baru Membuat Utas dari Twit Lama

0 4.831

Kalau kamu merupakan pengguna media sosial Twitter aktif, pasti tidak asing dengan thread atau utas. Fitur Twitter Thread mempermudah kamu untuk mengicaukan sebuah informasi melalui twit secara bersambung, sehingga mudah dibaca dan dibagikan ke teman maupun orang lain secara ringkas.

Nah, kesulitan yang biasanya dialami adalah ketika kamu hendak mencari twit lama, yang masih relevan untuk dimasukkan ke dalam utas baru yang sedang kamu buat. Atau sekadar punya opini baru atas twit lama, sehingga kamu ingin membalasnya. Sebelumnya, ketika sedang membuat tweet, kamu bisa menggeser ke atas  dan akan ditampilkan twit terakhir yang ingin kamu sambung.

Cara Menambah Twit Lama dalam Sebuah Twitter Thread Baru

Kali ini, Twitter menambahkan sebuah tombol opsi untuk menampilkan tweet yang lebih lama lainnya, Di dalamnya akan ada list tweet lama kamu yang bisa digeser ke bawah sampai kamu menemukan tweet lama yang cocok. Tinggal pilih saja tweet yang ingin kamu sambungkan dari daftar itu.

Sayangnya, fitur tersebut tidak dilengkapi dengan pencarian menggunakan keyword, sehingga akan masih sulit jika tweet lama yang ingin kamu balas sudah berminggu-minggu atau berbulan-bulan kemudian. Untuk hal itu, kamu masih harus mencari tweet secara manual lewat kolom pencarian.

twitter thread baru

Meski begitu, setidaknya kini ada cara baru yang mudah untuk menambahkan tweet lama kamu, yang kemudian dijadikan thread agar bermanfaat. Fitur thread sendiri diluncurkan oleh Twitter sejak 2017 lalu, memungkinkan kamu untuk membuat serangkaian tweet dalam satu waktu, tak perlu kirim, reply, kirim dan reply secara manual agar tersambung. Fitur baru ini diluncurkan secara bertahap ke semua user, dan tentunya hadir baik untuk aplikasi versi Android maupun iOS.

Baca juga: Aplikasi Twitter Lite, Solusi bagi Kuota Cekak Tapi Ingin “Berkicau”

Twitter terus memberikan fitur baru agar penggunanya semakin mudah mengeluarkan opini mereka. Meski begitu, tak sedikit yang terus menantikan pihak Twitter untuk agar penggunanya dapat mengedit tweet yang sudah terkirim. Saat ini, jika kamu membuat typo atau berita misinformasi, pilihannya hanyalah menghapus kemudian membuat tweet ulang, atau membalasnya dengan memberi potongan revisi kesalahan pada tweet sebelumnya. Menurutmu, perlu nggak sih Twitter bikin fitur untuk edit tweet?