Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor: Foto Render Samsung Galaxy S21 & S21 Ultra, Punya Desain Kamera Baru

0 2.055

Mendekati penghujung tahun 2020, pabrikan elektronik asal Korea Selatan, Samsung telah merilis dua seri flagshipnya. Galaxy S20 series di awal tahun, sementara Galaxy Note20 series sudah meluncur beberapa waktu lalu di Tanah Air. Itu berarti sudah waktunya bagi rumor-rumor flagship yang bakal dirilis Samsung di tahun depan, mulai bertebaran.

Namanya sendiri masih spekulatif, apakah Samsung bakal menyebutnya dengan Galaxy S30 atau Galaxy S21. Namun beberapa orang yang bisa dibilang spesialis dalam membocorkan informasi smartphone terbaru, sepertinya lebih condong dengan penyebutan Galaxy S21 series. Foto render pertama dari dua varian flagship Samsung di 2021 pun sudah muncul di internet.

Pengunggah foto render ini adalah @onleaks, miliki track record cukup baik selama beberapa bulan belakangan. Ia juga sempat mengunggah render dari Huawei Mate 40 beberapa waktu lalu, yang hanya berbeda sedikit dengan foto pers asli yang diunggah oleh Roland Quandt dari WinFuture. Lalu bagaimana dengan desain Galaxy S21 series?

Baca juga: Hands-on Samsung Galaxy Tab A7: Tablet Multitasking Harga Rp4,9 Jutaan

Tampilan Galaxy S21 & S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 series

Beberapa foto telah diunggah oleh beliau, tunjukkan tampilan depan, samping maupun belakang dari Samsung Galaxy S21 maupun Galaxy S21 Ultra sebagai varian terbaiknya. Selain foto render, @onleaks juga mengonfirmasi bila keduanya bakal hadir lebih dulu pada bulan Januari 2021. Benar atau tidaknya, kita nantikan ya.

Dari foto dan video yang diunggah, terlihat tampilan depannya masih serupa dengan generasi sebelumnya. Perbedaan terdapat pada sudut kiri kanannya, di mana Galaxy S21 gunakan panel flat layaknya Galaxy S20 FE, sementara Galaxy S21 Ultra tetap hadir dengan sudut kaca lengkung. Masing-masing miliki layar 6,2 ini dan perkiraan 6,7 – 6,9 inci untuk varian Ultra.

Kamera Samsung Galaxy S21

Sementara desain kamera belakangnya dibuat berbeda. Kalau sebelumnya gunakan frame persegi, kali ini modulnya dibuat hingga ujung sudut bagian kiri dan atas. Sama-sama sedikit menonjol, kali ini lampu kilatnya terletak di luar modul kamera. Galaxy S21 punya setup tiga kamera sejajar vertikal, sementara Galaxy S21 Ultra miliki satu sensor tambahan.

Galaxy S21 Ultra Hadir Sedikit Lebih Tebal

Samsung Galaxy S21 Ultra

Juga diinformasikan ukuran dari masing-masing seri flagship Samsung terbaru tersebut. Galaxy S21 miliki dimensi 151,7 x 71,2 x 7,9mm (tanpa tonjolan kamera), sementara Galaxy S21 Ultra tentu lebih besar di 165,1 x 75,6 x 8,9mm (dengan tonjolan kamera 2mm). Dibandingkan dengan Galaxy S20 Ultra, ketebalannya hanya naik 0,1mm saja. Dan dari keempat sisinya, bisa ditampik rumor bila stylus S-Pen bakal hadir di varian Galaxy S series.

Selain itu, dikabarkan juga bila Samsung sedang menyiapkan beberapa prosesor Exynos ke depannya, di mana salah satunya bakal mengusung GPU dari AMD. Dikutip dari SamMobile & Ice Universe, disiapkan chipset Exynos 2100 yang diklaim tak memiliki isu efisiensi daya seperti seri pendahulunya. Tak hanya itu, masih ada Exynos 9855 dan Exynos 9925, masing-masing disiapkan untuk debut di tahun 2022 – 2023.