Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

DxOMark Rilis Skor Kamera Galaxy Note20 Ultra, Kurang Membanggakan

0 861

Meski metode perhitungan dengan skor angkanya selalu menuai kontroversi, masyarakat tetap saja menggunakan acuan bagus tidaknya kualitas kamera pada smartphone lewat skor yang diterbitkan oleh DxOMark. Yah kurang lebih sama seperti menilai seberapa kencang sebuah smartphone hanya dari skor Antutu saja, meski sebenarnya ada banyak faktor lain yang berpengaruh.

Kali ini, giliran flagship Samsung Galaxy Note20 Ultra di penghujung tahun 2020 yang tela selesai uji oleh DxOMark. Kamera Galaxy Note20 Ultra menggunakan setup keseluruhan mirip S20 Ultra, dengan sedikit perbedaan di sana sini. Dengan perbedaan dan penyempurnaan yang dibawa, skornya malah setingkat di bawah Galaxy S20 Ultra.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Note20 Ultra: Penunjang Produktivitas Terbaik

Kamera Galaxy Note20 Ultra Sedikit Berbeda dari S20 Ultra

Sebelum membahas bagaimana penilaian dari DxOMark, perlu diingat kembali jika Galaxy Note20 Ultra miliki sensor utama 108MP f/1.8 yang punya dimensi sensor besar 1/1,33 inci, mendukung PDAF dan OIS. Kemudian ada sensor ultra wide-angle 12MP f/2.2 yang juga sama seperti Galaxy S20 Ultra. Perbedaan ada di sensor telefoto yang diusung, punya rentang pembesaran yang lebih pendek.

Tak sampai 100x zoom, Galaxy Note20 Ultra gunakan sensor 12MP f/3.0 dengan ekuivalen 120mm, atau setara 5x optical zoom dan mampu “dipaksa” sampai 50x digital zoom. Sama seperti sensor utamanya, sensor ini juga dilengkapi PDAF dan OIS. Diafragma lebih besar memungkinkan cahaya yang ditangkap bisa lebih banyak.

Galaxy Note20 Ultra tak memiliki sensor 3D Time of Flight (ToF) layaknya S20 Ultra, yang biasanya dimanfaatkan untuk hasil foto potret dengan separasi objek dan latar lebih halus. Namun Samsung perbaiki isu fokus dengan hadirkan laser autofocus, membuat pengalaman ambil foto jauh lebih menyenangkan, tak lagi sulit ambil fokus.

Sensor Telefoto & Separasi Bokeh Dinilai Kurang Bagus

Skor DxOMark Galaxy Note20 Ultra

Untuk skor hasil fotonya sendiri mencapai 130, yang masuk dalam kategori “very good”. DxOMark memuji sensor utamanya yang cocok di semua kondisi, hanya dengan sedikit catatan pada foto low-light yang cenderung under-exposed. White balance-nya akurat, dan sistem autofocus-nya juga cepat serta akurat. Termasuk sensor ultra-wide yang dinilai bagus.

Sementara untuk foto potret, hasilnya juga memuaskan. Hanya saja bila dibandingkan dengan S20 Ultra, milik Note20 Ultra terkadang masih terlihat ada separasi yang kurang halus di sudut tertentu, terutama pada bagian rambut. DxOMark juga menilai sensor telefotonya masih kalah, karena keterbatasan jarak serta tingginya artifacts yang ditampilkan.

Perbandingan kamera DxOMark Note20 Ultra
Perbandingan hasil foto menggunakan mode potret dari tiga smartphone flagship.

Tak hanya foto, pengujian video juga dilakukan oleh DxOMark. Meraih skor 101, mereka menilai perekaman video dari Galaxy Note20 Ultra punya stabilisasi yang baik, dengan exposure yang tepat, dynamic range lebar, serta fokus cepat. Kekurangan ada pada hasil rekam video malam hari, dimana Samsung memilih untuk memperhalus detil untuk kurangi noise.

Maka berdasarkan uji yang dilakukan oleh DxOMark, skor Galaxy Note20 Ultra berkurang akibat sensor telefoto yang tidak se-superior S20 Ultra, serta kehalusan efek bokeh saat ambil foto dalam mode potret. Tak hanya dari S20 Ultra, kamera smartphone flagship terbaru ini juga kalah dari Mi 10 Ultra, Huawei P40 Pro dan flagship lainnya.

Diprotes Oleh Pengguna Galaxy Note20 Ultra di Media Sosial

Mengutip gambar yang diunggah oleh Ice Universe, Max Weinbach, seorang penulis di Android Police (sebelumnya XDA Developers) menyampaikan ketidak setujuannya pada skor yang dirilis DxOMark. Selain itu, pengulas smartphone lainnya seperti Alex Dobie dari Android Central juga mengunggah ulang tweet perihal pemberian skor DxOMark yang kurang pas untuk dijadikan acuan bagus tidaknya kamera smartphone.

Max mengatakan bila kamera Galaxy Note20 Ultra ungguli kamera flagship dari Xiaomi, Huawei, hingga saudaranya sendiri yaitu S20 Ultra. Saya pribadi menyetujui hal ini, menggunakan kamera Note20 Ultra lebih menyenangkan tanpa ada isu fokus yang sulit untuk berbagai objek.

Kami juga telah menguji kamera Galaxy Note20 Ultra yang hasil fotonya dapat diakses di album Google photos berikut ini.

Kalau Gizmo friends sendiri bagaimana, memercayai DxOMark atau condong dari testimoni pengulas smartphone?