Bangun Ekosistem Esport, Garena Gelar Turnamen Free Fire Berhadiah Rp2,3 Miliar

Jakarta, Gizmologi – Pengembang dan penerbit game Garena kembali menggelar rangkaian turnamen Free Fire Master League Season IV dan Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Fall, dengan total hadiah mencapai Rp2,3 miliar.

Direktur Garena Indonesia Hans Kurniadi Saleh mengatakan Gerena mendukung ekosistem Esports di Indonesia melalui penyelenggaraan berbagai turnamen esports yang bersifat inklusi sehingga talenta-talenta baru dapat bermunculan.

“Kami ingin terus mengadakan rangkaian kegiatan Esports untuk mendukung pertumbuhan ekosistem Esports di Indonesia sekaligus mencari bibit-bibit unggul yang nantinya bisa bersaing di kancah internasional dan memajukan nama Indonesia,” ujar Hans dalam konferensi pers virtual di Jakarta, pada Kamis (12/8).

Tahun ini developer dan publisher Garena kembali mengadakan Free Fire Master League Season IV dan dilanjutkan dengan Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Fall. Turnamen ini memberikan kesempatan tidak hanya bagi tim Esports profesional namun juga talenta atlet Esports baru di Indonesia untuk mengasah kemampuan bermain mereka dengan cara yang lebih kompetitif, strategis, dan bergengsi.

Pemain Aktif Harian Free Fire Tembus 100 Juta

mailservice 1“Player yang baru bermain biasanya agak segan seandainya harus bertanding dengan juara nasional, jadi kami berusaha mempersiapkan turnamen ini untuk memberi wadah bagi mereka yang ingin memulai kariernya di dunia Esports. Saat ini Esports sudah cukup bertransformasi dan memiliki prestise yang jauh lebih besar,” terang Hans.

Free Fire yang dikembangkan Garena menjadi salah satu game yang paling digemari di Indonesia dan di dunia. Hans mengatakan pemain aktif harian game ini mencapai 100 juta dan lebih dari 1 miliar orang telah mengunduhnya di Google Play Store.

Selain itu, Free Fire juga menyabet penghargaan sebagai Most Favorite Mobile Game di Selular Awards tahun 2021. Free Fire mencatat rekor tertinggi jumlah akumulatif viewers di dunia Esports pada event Free Fire World Series tahun ini, yakni lebih dari 5,4 juta penonton.

Menurut Hans, angka tersebut mengungguli event Esports lainnya, baik melalui PC maupun mobile. “Ini merupakan pencapaian tertinggi di dunia mobile game khususnya untuk genre battle royal dan Esports game lainnya.”

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Indonesia Esports Association (IESPA) Eddy Lim mengatakan sistem turnamen yang dilakukan Gerena telah membantu industri Esports Indonesia eksis sampai hari ini. Apalagi dengan melahirkan gamers pemula hingga menjadi atlet profesional sejak tahun 2018.

“Kami berharap turnamen yang diadakan Garena bisa mendatangkan gamers baru yang bisa bersaing di turnamen Esports internasional, seperti SEA Games dan Asian Games,” imbuh Eddy.

Turname Free Fire Master League Season IV

mailservice

Setelah sukses diinisiasi pertama kali di FFML season sebelumnya, kali ini sistem turnamen Free Fire Master League Season IV akan kembali menghadirkan sistem dua divisi dengan sistem promosi dan degradasi dari ajang season sebelumnya.

Tim beranggotakan pemain profesional akan dipertemukan di divisi 1, sementara talenta-talenta esports semi-pro akan bertanding di divisi 2. Tidak hanya itu, di tahun ini Garena juga memberikan kesempatan lebih untuk divisi 2 dengan lebih banyak tim yaitu 18 tim, yang sebelumnya hanya 12 tim.

Tim-tim tersebut akan memperebutkan total uang tunai sebesar 1,5 Miliar rupiah untuk Free Fire Master League Season IV Divisi 1 dan 2, serta 800 Juta rupiah nantinya di FFIM 2021 Fall.

Selain total jumlah hadiah tersebut, Garena juga terus melanjutkan dukungan sebesar 8,6 Miliar rupiah setahun sebagai insentif pembinaan bagi tim-tim esports Divisi 1 yang mengikuti rangkaian turnamen FFML di tahun 2021.

Lebih lanjut, tim pemenang FFML Season IV dari masing-masing divisi kemudian akan dipertemukan kembali di ajang FFIM 2021 Fall untuk memperebutkan tempat di kejuaraan dunia Free Fire World Series nantinya.

Tinggalkan komen