10 Manfaat Bermain Game Free Fire: Auto Boyah sampai Cuan!

Kamu sering dimarahi orang tua karena bermain Free Fire? Memang kalau sampai tidak tahu waktu, tidak baik. Tapi bagi kamu yang gemar memainkannya, ada sejumlah manfaat bermain Free Fire lho.

Tak diragukan lagi, Free Fire adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) nomor satu di dunia. Permainan battle royale menjadi salah satu yang terlaris dan terpopuler di Indonesia. Sejak diluncurkan di tahun 2018, Free Fire telah mencapai lebih dari 150 juta pemain harian di kuartal 2 tahun 2021 secara global. Game besutan Garena ini telah melesat menjadi sebuah titel esports besar melalui berbagai kejuaraan dan turnamen.

Bukan tanpa alasan, Free Fire jadi game mobile populer di Indonesia. Selain memberi keseruan permainan battle royale yang menegangkan, game ini juga ramah bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah.

Baca juga: Jangan Lewatkan! Klaim Kode Redeem FF di Garena Hari Ini

Apa Manfaat Bermain Free Fire (FF)?

FreeFire Samsung Galaxy A71Jika diteliti lebih jauh, manfaat bermain Free Fire (FF) cukup banyak, termasuk untuk anak-anak. Paling penting adalah dengan pengaturan waktu yang tepat, serta pengawasan dari orang tua. Sehingga kamu tetap bisa memainkannya dengan nyaman.

Nah, apa saja manfaat bermain Free Fire? Gizmologi mengumpulkan setidaknya ada 10 kelebihan dari game FF ini. Berikut uraiannya.

1. Mengasah Kemampuan Otak

Bermain game seperti FF tidak hanya sebagai hiburan saja, namun bisa mengasah kemampuan otak. Ya, jangan kaget jika main game Free Fire itu sangat mengasah otak. Sebab Free Fire adalah salah satu contoh dari jenis game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang semua pemainnya dituntut untuk memutar otak dalam membuat strategi. Baik untuk menyerang atau pun mempertahankan diri dari musuh supaya menang.

2. Belajar Strategi

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, manfaat bermain Free Fire adalah bisa mengasah kemampuan otak. Nah, salah satunya adalah kemampaun mengatur rencana atau strategi. Karena ini adalah hal yang sangat penting dalam bermain Free Fire. Sebuah rencana yang matang akan lebih memudahkan kita dalam bermain Free Fire.

3. Dapat Menentukan Keputusan

Saat bermain Free Fire, ada banyak pertarungan intens yang akan dihadapi oleh para pemainnya. Ketika bertarung, nantinya ada banyak momen di mana pemain mesti mengambil keputusan dalam hitungan detik. Hal tersebut bisa mengasah serta mempertajam caramu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam hidup.

4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Selain strategi, kamu juga akan ‘dipaksa’ untuk belajar mengerti bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris. Baik itu settingan game atau pun istilah-istilah dalam game-nya, kebanyakan menggunakan bahasa asing.

Para pemain Free Fire juga berasal dari berbagai negara. Tentunya, hal ini bisa menjadi keuntungan bagi pemain Free Fire dari Indonesia. Karena pemain akan belajar banyak hal, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Manfaat bermain Free Fire adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

5. Hiburan di rumah untuk hilangkan Stres

Pandemi membuat kita harus terus berada di rumah. Salah satu agar kita betah di rumah terus adalah dengan bermain Free Fire. Tentunya ini bermanfaat bagi anak-anak agar bermain tidak ke luar rumah.Free fire juga bisa kamu jadikan salah satu opsi game yang digunakan untuk mengisi waktu luang.

Dengan memainkan game FF, kamu bisa merasakan kekuatan dari setiap karakter. Saat bermain Free Fire ini, kamu memiliki objek yang bisa digunakan untuk meluapkan semua emosi yang terpendam ke dalam game. Bisa dikatakan, ini adalah ajang hiburan yang gratis dan tidak terlalu memakan banyak biaya.

6. Menambah Jaringan Pertemanan

Free Fire adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Artinya setiap saat dimainkan oleh para gamers dari berbagai tempat, baik di sekitar kita maupun dari berbagai negara. Di sinilah kesempatan untuk mendapatkan teman sebanyak-banyaknya dengan hobi yang sama. Pemain FF bisa menambah jaringan yang suatu saat nanti akan berguna.

7. Melatih Bekerja Sama dalam Tim

Melanjutkan dari menambah jaringan pertemanan, manfaat bermain Free Fire FF berikutnya adalah melatih kerja sama dalam tim. Karena sebagai game MOBA, pemain akan bekerja sama dengan pemain lain sebagai tim.

Nah supaya tim bisa berhasil menyelesaikan misi atau levelnya, dibutuhkan kerja sama. Jika terlatih seperti ini maka dalam kehidupan nyata, pemain juga jadi akan terbiasa bekerja sama di dalam tim juga.

 8. Melatih Reflek Motorik

Ini jelas ya, bermain Free Fire (FF) akan membuat tanganmu terampil dalam bergerak. Sebab kamu harus menggerakkan tangan secara cepat supaya bisa melawan musuh, menyerang, atau bahkan mundur. Jika tidak, kamu bisa kalah.

9. Jadi Sumber Penghasilan

Kok bisa manfaat bermain Free Fire menghasilkan uang? Tentu saja, saat ini sudah banyak konten kreator atau YouTuber yang bermain Free Fire, kemudian bisa memperoleh uang dari hal tersebut. Selain sebagai YouTuber atau konten kreator, kita juga menjadi streamer game FF. Juga banyak digelar berbagai kompetisi yang hadiahnya cukup menggiurkan. Hal itu membuktikan bahwa dengan Free Fire kita bisa mendapatkan uang. Tentu harus terus melatih skill bermain kamu ya.

10. Melatih mental optimis dan pantang menyerah 

Jika ingin meraih Booyah di Free Fire, kita tidak boleh cepat berputus aja. Kita perlu usaha maksimal dan sifat pantang menyerah. Gagal di match pertama, coba lagi di match berikutnya. Dari semua match yang kita mainkan, akan ada satu match yang berakhir dengan Booyah.

Dalam kehidupan keseharian, kita harus selalu punya sifat dan sikap optimis. Supaya hidup selalu semangat, dan dikelilingi hal-hal positif, Nah manfaat bermain Free Fire adalah melatih ini. Membuat anak atau pemainnya optimis untuk menang.

Tetap Mewaspadai Efek Negatif Bermain Free Fire

Free Fire booyahJadi meski sering dikonotasikan memberi efek negatif, sebenarnya banyak manfaat bermain game Free Fire. Paling penting adalah bisa mengambil manfaat tersebut dan menghindari efek negatif. Beberapa hal yang patut diwaspadai dari bermain Free Fire adalah sebagai berikut: 

  • Kecanduan karena bermain berlebihan, sehingga harus disiplin mengatur waktu
  • Mudah marah karena beberapa kali bermain kalah, sehingga harus berlatih mengontrol kesabaran
  • Kurang konsentrasi bekerja atau belajar karena terlalu memikirkan cara menang, sehingga harus bikin kesibukan lain di luar bermain game
  • Mengantuk karena terus-terusan bermain sampai begadang, maka ini harus dibatasi dengan tidak membawa ponsel ke kamar tidur
  • Memuat unsur kekerasan yang bisa membuat berfikir maupun bertindak agresif. Game ini diberi rating usia 12 tahun ke atas, sehingga anak-anak di bawah itu tidak boleh memainkannya karena masih mudah terbawa arus.
Tinggalkan komen