Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A93 Meluncur di Vietnam, Bawa Fitur AI Color Portrait

0 2.794

Hampir seluruh tipe yang ada di lini OPPO A series telah diperbarui di tahun 2020 ini, mulai dari OPPO A53, sampai OPPO A33 yang menjadi opsi layar dengan refresh rate 90Hz paling murah. Yang belum adalah penerus dari OPPO A92, rilis bulan Mei lalu dan juga sudah kami ulas.

Harusnya, penerus dari smartphone yang punya opsi warna menarik tersebut dijadwalkan akan dirilis pada 6 Oktober mendatang. Namun ternyata sudah dirilis resmi lebih dulu Vietnam. OPPO A93 hadir dengan desain yang bisa dibilang mirip seperti F17 Pro maupun Reno4 F yang bakal hadir ke Indonesia, terutama desain kamera belakangnya.

Smartphone ini dirancang tipis dan ringan layaknya OPPO F17 Pro yang sudah dirilis di India. Ketebalannya hanya 7,48mm, dengan bobot 164 gram saja. Tampilan belakangnya dilengkapi empat sensor kamera yang dibuat persegi, dengan aksen warna two tone pada bodi belakangnya.

Baca juga: OPPO A33, Smartphone dengan Layar Neo-Display 90Hz Paling Terjangkau

Spesifikasi OPPO A93

OPPO A93

Sementara di bagian depan, ada layar besar 6,43 inci dengan panel AMOLED beresolusi full HD+. Serupa dengan OPPO Reno4, terdapat dua kamera punch-hole di sisi atas kiri, dengan sensor sidik jari di dalam layar. Masing-masing kamera tersebut beresolusi 16MP (Sony IMX471) dan 2MP sebagai depth sensor. Belum mendukung high refresh rate, layar OPPO A93 dapat menyala terang hingga 800 nits.

Lalu di bagian belakang, terdapat sensor utama beresolusi 48MP f/1.7 Samsung GM1, ditemani sensor ultra wide-angle 8MP f/2.2, dan dua sensor 2MP f/2.4 yang masing-masing berfungsi sebagai depth sensor dan mono sensor. Fitur-fitur kamera yang dibawa serupa dengan seri Reno4, seperti AI Color Portrait yang bisa separasi warna objek dengan latar, serta AI Night Flare Portrait yang beri efek bokeh pada cahaya malam.

Dengan depth sensor di bagian depan dan belakang, OPPO A93 mampu hasilkan efek bokeh di kedua sisi kamera dengan kualitas tinggi, termasuk untuk objek foto lebih dari satu orang. Juga bisa dimanfaatkan untuk berikan efek bokeh pada perekaman videonya, yang bisa rekam hingga resolusi maksimum 4K.

OPPO A93 gunakan chipset yang sama seperti r, yaitu MediaTek Helio P95 octa-core dengan clockspeed mencapai 2,2GHz. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 8GB LPDDR4x serta penyimpanan internal 128GB UFS2.1. Tampilan antarmukanya gunakan ColorOS 7.2 berbasis Android 10.

Sementara kapasitas baterai 4,000 mAh pada OPPO A93 dapat diisi dengan cukup cepat hingga 18 watt. Dengan AI Night Charging, smartphone akan secara otomatis mempelajari jam tidur penggunanya, dan baru mengisi daya hingga penuh di pagi hari menjelang bangun tidur.

Harga OPPO A93 di Vietnam

OPPO A93

Smartphone ini bakal hadir dalam dua varian warna, yaitu Metallic White yang lebih mengkilap, serta Matte Black dengan permukaan doff. Hadir dalam satu varian memori saja, OPPO A93 dijual lebih dulu di Vietnam seharga VND7,490,000, atau sekitar Rp4,7 jutaan.

Harga tersebut terlampau cukup tinggi, apabila jika dibandingkan dengan harga rilis resmi OPPO A92 di Indonesia, yaitu Rp4,199 juta. Apakah smartphone ini bakal dibawa resmi, atau digantikan dengan OPPO Reno4 F, kita nantikan saja ya.